Meski Berpredikat Khusus, Perpustakaan BanK Indonesia Puaskan Pemustaka

Tritin Eva Wulandari

Palembang, gesahkita.com--Perpustakaan ialah mencangkup sebuah ruangan, bagian dari gedung atau bangunan atau gedung itu sendiri yang berisikan buku-buku koleksi, yang diatur dan  disusun sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dicari saat dibutuhkan atau digunakan apabila sewaktu- waktu di perlukan oleh pembaca.

 

Berdasarkan Undang-undang No 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan bahwa perpustakaan memiliki definisi sebagai “Institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak atau karya rekam, secara professional dengan system yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka”.

 

Sedangkan menurut Sulistyo Basuki mengatakan bahwa perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

Situasi Ruang Baca Perpustakan UIN Raden Fatah Palembang

Perpustakan terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  1. Perpustakaan Nasional (National Library)
  2. Perpustakaan Umum (Public Library)
  3. Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)
  4. Perpustakaan Sekolah (School Library)
  5. Perpustakaan Khusus (Special Library)

 

Dari beberapa jenis perpustakaan di atas mempunyai tugas dan tujuan masing-masing di mana di antaranya adalah perpustakaan khusus. Berdasarkan SNP 006:2011 bahwa standar perpustakaan khusus yaitu harus menyediakan jenis layanan sekurang-kurangnya meliputi layanan baca di tempat, sirkulasi, refrensi, penelusuran informasi, dan bimbingan pemustaka.

Sedangkan tujuan perpustakaan khusus didirikan untuk mendukung visi dan misi lembaga induknya. Lembaga tersebut bisa berupa lembaga khusus dan bisa berfungsi sebagai pusat informasi khusus terutama berhubungan dengan penelitian dan pengembangan.

Biasanya perpustakaan ini berada dibawah badan, institusi, lembaga atau organisasi bisnis, industry, pemerintah dan pendidikan. Fungsi dari perpustakaan khusus yaitu sebagai perpustakaan rujukan, pusat deposit, dan pusat sumber belajar masyarakat dilingkungan lembaga induk itu sendiri. Seperti halnya perpustakaan Bank Indonesia.

Perpustakaan Bank Indonesia Cabang Sumatera Selatan adalah salah satu Perpustakaan Khusus yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 510 Palembang. Agar dapat memberikan layanan yang berkualitas, Perpustakaan Bank Indonesia selalu senantiasa berusaha menyediakan berbagai fasilitas dan layanan informasi yang dibutuhkan pemustaka sehingga kebutuhan informasi para penguna perpustakaan dapat terpenuhi. Perpustakaan Bank Indonesia buka setiap jam kerja senin sampai Jumat dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB.

Selain menyediakan fasilitas dan layanan informasi, perpustakaan juga berkewajiban untuk mengelolah informasi tersebut agar dapat ditemukan kembali dengan mudah dan dimanfaatkan oleh pengguna perpustakaan yang membutuhkan informasi.

Maka untuk mengetahui kwalitas layanan di Perpustakaan Bank Indonesia ini, penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pendapat pemustaka yang datang ke perpustakaan Bank Indonesia cabang sumatera selatan  terhadap kualitas layanan yang di sediakan disini.

Dengan menggunakan metode yang digunakan metode kuantitatif deskriftif . populasi dalam penelitian ini yaitu 112 pemustaka dan di lihat dari 5 indikator yaitu:

  1. Tangibles atau bukti fisik
  2. Reliability atau keandalan
  3. Responsiveness atau ketanggapan
  4. Assurance atau jaminan dan kepastian
  5. Empathy

Dan dari kelima indikator tersebut pemustaka yang datang ke perpustakaan Bank  Indonesia mereka menyatakan puas dengan layanan yang diberikan dan yang disediakan oleh perpustakaan.(*)

Penulis : Tritin Eva Wulandari                         (Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab DanHumaniora Uin Raden Fatah Palembang)

 

 

 


Info Covid-19 Propinsi Sumatera Selatan


TOTAL POSITIF

736

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

102

ORANG

Positif

TOTAL MENINGGAL

25

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU melalui API Kawal Corona Baca disini untuk pasang di Wordpress

Leave a Reply

Please Login to comment