Soal Corona, Kadinkes Banyuasin Berikan Pernyataan danTips Pencegahan

Kadis Kesehatan dan dr sari Fitriyanti Askolani dan dr Paruta Ari serta staf lainnya saat pengukuhan ketua PMI Bnayuasin beberapa waktu lau ( sumber credit: sumeks co)

Banyuasin, gesahkita.com--Menyusul adanya isu virus corona yang mematikan itu, Pemerintah Banyuasin melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau warga untuk berhati-hati terhadap virus yang diianggap mematikan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin  dr. Hakim, Mkes mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah virus corona yang saat ini sedang menyerang warga Wuhan,  China.

Saat ini pihaknya telah melakukan langkah preventif dalam upaya mencegah penyebaran virus corona di Bumi Sedulang Setudung. Salah satunya dengan membuat surat edaran tentang waspada pencegahan dan penanggulangan virus corona ke setiap puskesmas maupun rumah sakit di wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Corona ini disebabkan virus, jadi kita harus bisa mencegah sedini mungkin dengan pola hidup bersih dan sehat, maka untuk menghindari virus corona masyarakat perlu melakukan berbagai upaya pencegahan dengan menerapkan PHBS, mengindari bersentuhan atau berinteraksi dengan orang yang terserang batuk, flu dan sesak, serta mengkonsumsi makanan bergizi”, tulis Kadinkes, jumat, (30/01)

 

“Virus corona ini berasal dari cina yang mirip dengan virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan ini merupakan virus aru yang menyerang saluran pernafasan manusia. Gejalanya juga sulit untuk dikenali karena mirip denga  flu pada umumnya, seperti batuk pilek, gangguan pernafasa, sakit tenggorokan, demam serta letih dan lesuh,”terangnya.

Dirinya juga mengatakan pihaknya belum menerima laporan adanya masyarakat Kabupaten Banyuasin yang postif terkena virus corona, “Alhamdulillahnya di Kabupaten Banyuasin sendiri tidak ada kasus ini”, ucapnya.

“Adapun cara pencegahan masyarakat mengimplementasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat hidup Sehat (Germas), seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), konsumsi makanan bergizi seimbang, rajin olahraga serta cukup istirahat. Masyarakat juga perlu menerapkan etika batuk, misalnya menggunakan masker, tutup mulut dan hidung dengan tisu, buang tisu ketempat sampah dan mencuci tangan dengan air mengalir juga dengan sabun”, paparnya. (indera)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini