Menakar Tokoh Sentral di Sumsel Dalam “The Last Fight” Musda Golkar

Pengamat dan ketua Lembaga Kajian Sosial Politik Sumsel, Bagindo Togar BB

Palembang, gesahkita.com–Sebagai salah satu pilar dan instrumen dalam proses demokrasi, partai politik masih dianggap elite dan berkelas sebab masih dianggap sebagai salah satu mesin politik yang mampu meraup suara dalam Pemilu dan menentukan kebijakan.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda). Dimana agenda tersebut direncanakan berlangsung pada awal Maret mendatang.

Pengamat politik Sumsel , Bagindo Togar BB menilai, tiga trah insider Partai Golkar tengah berupaya menjadi tokoh sentral di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) , dan satu yakni Herman Deru/ Gubernur Sumsel juga akan coba menjalin hubungan khusus dengan tokoh tokoh Golkar diatas, yang memiliki kemiripan kepentingan politik dan chemistry politik.

“Paling tidak hingga menjelang tahun 2024. Pertarungan politik internal Partai Golkar di Sumsel, pasti akan sangat menarik, karena dikomandoi oleh tiga tokoh paling senior didaerah ini, dan musda kali ini menjadi ” arena last fight ” bagi ke 3 tokoh gaek tersebut, alias now or loose”, katanya.

Disisi lain menurutnya, hampir semua unsur kekuatan dimiliki oleh ketiga elite itu, mulai dari modal politik, sosial, network, empirikal juga finansial relatif sama kekuatannya.

Artinya kembali kepada kecerdasan strategi pemenangan dan kemampuan meyakinkan peserta musda serta peran elite DPP Partai Golkar.

“Akan tetapi, yang perlu ” diwaspadai ” para kader maupun elite partai berlambang pohon beringin ini adalah, infiltrasi kekekuatan politik lain diluar Partai Golkar, yang mencoba mereduksi pengaruh, pengalaman juga kapabilitas partai ini dalam pengelolaan pemerintahan di daerah”.

Tentu saja atensi, trust dan legitimasi publik/ simpatisan tentu saja perlu perhatian seksama dari para kader atau elite partai yang sering berjaya dalam kontestasi politik diwilayah Sumatera Selatan ini,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini