Sarap Kejepit, ini Penyebabnya

  • Bagikan
saraf kejepit gesahkita com

PALEMBANG, GESAHKITA COM–Seseorang biasanya pernah mengalami nyeri langsung tiba-tiba pada punggung dan pinggang ketika tiba-tiba mengangkat beban yang berat. Banyak pula nyeri yang tidak diketahui apa penyebabnya. Keluhan ini secara umum disebut Low Back Pain (LBP). Boleh jadi hal itu ternyata karena tulang belakang bermasalah yang mengakibatkan nyeri pada punggung dan pinggang.

Pakar Nyeri dan Tulang Belakang dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, menjelaskan Low Back Pain bisa mencakup segala nyeri secara luas. Salah satunya adalah saraf kejepit.

“Low back pain macam-macam, segala sakit di pinggang. Bisa karena sendi, karena otot, bisa karena tulang bergeser, infeksi, sampai saraf kejepit,” jelasnya.

Menurutnya banyak usia muda saat ini sudah mulai mengeluhkan gejala nyeri pada pinggang dan punggung. Sebab banyak orang menganggap remeh atau membiarkan rasa nyeri tersebut.

“Banyak orang muda kena karena lifestyle. HNP atau saraf kejepit ada yang sudah kena 30-40 tahun. Makanya kalau ada nyeri pinggang atau punggung cepat-cepat konsultasi. Yang jadi masalah sudah nyeri dibiarin,” jelasnya.

Baca Juga :  Ternyata 6 Bumbu Dapur Ini Baik Buat Lancarkan Peredaran Darah

Maka dr. Mahdian meminta masyarakat mengetahui penyebab saraf kejepit khususnya, dan Low Back Pain pada umumnya. Apa saja?

Usia atau Penuaan

Penyakit yang muncul akibat usia. Suatu saat semua orang bisa berpotensi kena penyakit saraf kejepit rata-rata di usia 41-60 tahun.

Penggunaan Otot

Penggunaan otot punggung tak ekonomis. Serung angkat beban terlalu berat sedangkan jarang olahraga. Beda dengan petani yang selalu rutin bekerja berat dengan mengandalkan otot.

saraf kejepit gesahkita com

Alas Tidur dan Duduk

Alas tidur yang bukan datar atau melengkung seringkali menyebabkan nyeri pinggang saat bangun tidur. Begitu pula duduk terlalu lama atau alas duduk yang tidak tepar.

Kurang Olahraga

Posisi yang salah bisa menyebabkan nyeri, salah satunya diperparah karena kurang olahraga. Olahraga yang paling baik adalah dengan berenang.

Obesitas

Kegemukan juga bisa membuat nyeri punggung atau pinggang. Sebab lemak menumpuk membuat struktur tubuh menjadi terganggu akibat lemak.

Baca Juga :  Cara Alami Jaga Sirkulasi Darah Anda Tetap Sehat
banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan