Tips Agar Tetap Konsisten Dalam Ibadah Bulan Ramadhan

  • Bagikan
masjid agung Palembang air mancur
masjid agung Palembang air mancur

Bulan Penuh berkah ya bulan suci Ramadan yang  memang paling ditunggu oleh umat Islam, karena diyakini menjadi bulan yang penuh rahmat dan berkah. Pada bulan ini umat Islam berlomba-lomba melakukan semua ibadah atau amalan wajib maupun sunnah, karena diyakini mendapatkan pahala berlipat ganda.

Namun, bagaimana menjaga konsistensi dalam beribadah selama Ramadandan setelah Ramadan usai.

Aam Amirudin, salah satu ustad kenamaan Bandung, menyebut yang paling sulit dalam beribadah adalah menjaga kekonsistenan diri dalam melaksanakan seluruh amalan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Lalu, bagaimana caranya agar kita tetap konsisten untuk terus melakukan amalan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT?

  1. Lakukan dengan Pemahaman

Hal pertama yang harus dilakukan menjaga konsistensi amalan ibadah adalah, dengan melakukan pemahaman terlebih dahulu bukan sekadar doktrin. Seperti melakukan kajian atau literasi terhadap ajaran islam.

“Cara itulah yang membuat orang konsisten, karena memahami terlebih dahulu,” tuturnya di Bandung, belum lama ini.

Baca Juga :  Seluk Beluk Tentang Kartu Keluarga (KK), Ini Tata Cara Nya

Hal ini sebagaimana dalam Q.S Al-Alaq ayat (1) yang dalam ayat pertamanya memerintahkan manusia untuk membaca dan memahami. Berikut terjemahaannya;

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan”.

masjid agung Palembang
  1. Lakukan dengan Cinta

Selain itu, lakukanlah dengan cinta dan energi, karena biasanya dengan didasari cinta kepada Allah SWT hal yang sulit menjadi mudah.

“Sehingga, jika kita ingin istiqomah dalam amalan ibadah maka lakukanlah dengan cinta,” katanya.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 165 yang menjelaskan mengenai orang beriman yang mencintai Allah SWT.

“Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah, dan jika seandainya orang-orang yang berbuar zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal)”.

  1. Lakukan Secara Bertahap
Baca Juga :  Sekolah Merupakan Rumah Kedua Bagi Anak..!

Lalu, lakukanlah secara bertahap amalan ibadah tersebut agar tidak terasa berat, karena segala sesuatu itu harus dengan proses tidak bisa sekaligus dalam satu waktu.

“Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam Q.S Al-Insyiqaq yang mengajarkan manusia untuk melakukan amalan ibadah secara bertahap,” katanya Aam Amirudin.

aktifitas baitul makmur
  1. Lakukan Secara Mujahadah atau Sungguh-Sungguh

Kemudian, lakukanlah secara mujahadah atau sungguh-sungguh karena Allah SWT.

  1. Bersabar

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah bersabar dan saat mengerjakannya harus diniatkan hanya untuk Allah SWT.

  1. Lakukan Secara Berjamaah

Aam Amirudin menambahkan, cara lain yang bisa dilakukan agar ibadah bisa konsisten dilakukan yakni, melakukan amalan ibadah dengan berjamaah atau bersama-sama akan lebih baik dibandingkan sendiri.

“Untuk itu, carilah teman atau lingkungan yang memiliki tujuan yang sama,”tambahnya.

  1. Mohon Doa

Hal terakhir yang harus dilakukan agar konsisten dalam melakukan amalan ibadah adalah memohon kepada Allah SWT agar tidak dipalingkan dari iman dan ketaqwaan kepada-Nya.

Baca Juga :  Bulan Penuh Berkah Rasulullah Paling Darmawan

“Untuk itu, bulan Ramadan ini jadikanlah momentum  kita dalam mengevaluasi dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT”.

 

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan