Wisata Jogja Gratis dan Kece

  • Bagikan
Wisata Jogja Gratis dan Kece
Wisata Jogja Gratis dan Kece

JOGJA, GESAHKITA COM–Siapa sih yang tidak ingin liburan ke Yogyakarta? Mereka yang paham betul akan keistimewaan Jogja, pasti ingin terus dan terus kembali ke Jogja.

Banyak hal yang menjadikan Jogja istimewa. Mulai dari kuliner, spot wisata alam, hingga peninggalan sejarah yang tersebar di seantero kota membuat Jogja begitu dirindukan oleh banyak orang yang sudah pernah berkunjung. Belum lagi penduduk lokalnya yang ramah dan biaya hidup yang terbilang murah. Bayangkan saja, dengan 5,000 IDR, kamu sudah bisa makan dengan kenyang! Pas bagi kamu yang tidak membawa banyak uang saat liburan, kan?

Nah, ada kabar gembira lain bagi penggemar liburan dengan budget minim. Kamu bisa liburan dan mengunjungi beragam destinasi wisata di Jogja yang gratis, alias tanpa harus mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk, namun tetap mendapatkan kesan yang istimewa, lho! Mulai dari wisata alam, spot Instagenik hingga peninggalan sejarah yang ikonik bisa kamu kunjungi secara gratis.

Ingin tahu di mana saja destinasi wisata di Jogja yang gratis tapi tidak murahan? Simak daftarnya di sini, ya!

Main sandboarding di padang pasir – Gumuk Pasir Parangkusumo (credited wikimedia)
Main sandboarding di padang pasir – Gumuk Pasir Parangkusumo (credited wikimedia)
  1. Main sandboarding di padang pasir – Gumuk Pasir Parangkusumo

Ternyata di Jogja, tepatnya di kabupaten Bantul, ada padang gurun lho! Destinasi wisata di Jogja yang gratis ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo dan berada di dekat pantai Parangtritis.

Banyak hal bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menyaksikan sunset hingga bermain selancar pasir alias sandboarding. Penasaran sensasinya seperti apa, datang langsung ke sana, deh!

  1. Goa eksotis di pinggiran Laut Selatan – Goa Langse

Kalau ingin memandangi panorama laut dan sunset, Goa Langse adalah destinasi wisata di Jogja yang gratis dan pas untuk dituju. Bukan hanya karena lokasinya yang eksotis, di pinggiran tebing, tapi juga karena nuansanya yang mistis.

  1. Tirai air yang mengesankan – Curug Luweng Sampang
Baca Juga :  Ini Tarip Begasi Maskapai Nasional Baru

Tidak bisa dipungkiri, air terjun Luweng Sampang menyuguhkan panorama yang istimewa. Dengan tekstur bebatuan yang tidak biasa, ditambah cucuran air dari aliran sungai yang ada, Luweng Sampang seperti ingin menampilkan tirai air yang menutupi bebatuan. Viewnya cakep abis!

Air terjun tersembunyi dan berundak yang mengesankan – Air Terjun Kedung Kandang
Air terjun tersembunyi dan berundak yang mengesankan – Air Terjun Kedung Kandang
  1. Air terjun tersembunyi dan berundak yang mengesankan – Air Terjun Kedung Kandang

Letaknya memang tersembunyi dari keramaian, namun keindahannya tersohor di kalangan penikmat wisata Jogja. Air terjun Kedung Kandang juga termasuk destinasi wisata di Jogja yang gratis paling ngehits dalam beberapa bulan terakhir. Tidak ingin ketinggalan dengan yang lain, kan?

  1. Keindahan di dasar jurang – Curug Pulosari

Desa wisata Krebet tidak hanya menyimpan kearifan lokal, tapi juga memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Curug Pulosari, yang terletak di dasar jurang Pulosari, yang hanya muncul dan menampilkan panorama yang indah saat musim hujan, kala debit air sedang tinggi-tingginya.

  1. Cara asyik menikmati panorama malam kota Jogja – Bukit Bintang Hargodumilah

Ingin menikmati pemandangan kota Jogja di waktu malam? Langsung saja menuju Bukit Bintang Hargodumilah. Tidak saja disajikan dengan gemerlap lampu kota, kamu juga bisa menikmati santap malam yang mengenyangkan, tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Makan asyik dengan pemandangan romantis tanpa biaya besar? Kurang apa lagi coba!

  1. Jalan-jalan di downtown-nya Jogja – Malioboro

Di manakah pusat kota Jogja? Bisa dikatakan, daerah mulai dari Tugu Jogja hingga titik nol di perempatan Gedung Agung bisa disebut sebagai pusat kota Jogja. Di sini, mulai dari makanan murah, camilan khas dan minuman ikonik hingga souvenir unik bisa kamu temui. Malioboro juga menjadi kawasan untuk menikmati kesenian jalanan berkualitas secara gratis.

  1. Karya khas bangsa Maya? – Batu Giring
Baca Juga :  Indonesian Work Permit Regulations

Apakah bangsa Maya pernah ke Indonesia? Jika belum, mengapa ada hasil karya yang menyerupai bentuk kesenian dan budaya bangsa Maya di Gunung Kidul?

Di destinasi wisata di Jogja yang gratis ini, kamu akan disuguhi panorama yang unik sekaligus eksotik dari sepetak tanah bekas penambangan batu. Untuk kamu yang ingin berfoto, spot ini asyik banget, lho!

  1. Spot asyik menikmati Merapi – Bukit Klangon

Tertarik untuk melihat rekahan di sisi selatan Gunung Merapi? Jika iya, alternatif gratis selain Kaliadem untuk menikmatinya ada di Bukit Klangon, Cangkringan. Di sini, kamu bisa leluasa memerhatikan tekstur dan lanskap Merapi, sekaligus melihat sisa letusan hebat pada 2012 silam. Spotnya Instagenik banget, lho!

  1. Taman Instagenik di tengah hutan pinus – Pinus Pengger
Taman Instagenik di tengah hutan pinus – Pinus Pengger
Taman Instagenik di tengah hutan pinus – Pinus Pengger

Selain Puncak Becici dan hutan pinus Mangunan, hutan pinus Pengger di kawasan Dlingo, Bantul juga menjadi destinasi wisata di Jogja yang gratis dan menarik, yang ngehits di kalangan traveller zaman now. Maklum saja, banyak spot menarik sebagai modal berfoto dengan pose dan pemandangan yang unik dan menarik. Jika berkesempatan menilik tempat wisata di Jogja, sempatkan untuk bermain di sini, ya!

  1. Menikmati air terjun tertinggi di Jogja – Air Terjun Sidoharjo

Meskipun Jogja memiliki belasan air terjun, air terjun Sidoharjo merupakan air terjun yang paling tinggi. Meski belum banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Jogja yang gratis ini, eksotismenya tidak terbantahkan.

Dengan ketinggian sekitar 75 meter serta debit air yang cukup deras, keindahan air terjun Sidoharjo semakin terpancar. Nuansa natural pada alam sekitarnya menjadi nilai tambah tersendiri untuk menikmati spot ini.

  1. Berburu senja yang syahdu – Bukit Parang Endog
Baca Juga :  Rahasia Usaha Pempek Cek Ani, 10 Tahun Menanjak, Tak Goyah Oleh Covid 19 dan Omzet Menjanjikan

Bukit Parang Endog menawarkan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan Ratu Boko dan Bukit Bintang bagi kamu pemburu sunset. Dari titik ini, kamu bisa menyaksikan awan kemerahan di ufuk barat, birunya laut dan angin yang menghembus dari samudera dengan liar, serta mendengar deru ombak Laut Selatan yang aduhai.

  1. Pantai dengan satu pohon yang unik – Pantai Pok Tunggal

Tidak ada pantai lain di Jogja yang memliki Pohon Duras tepat di pinggirannya. Warga lokal juga menjaga pohon tersebut supaya tetap hidup dan tumbuh. Pantai Pok Tunggal memiliki keistimewaan khas pantai di Gunung Kidul, berpasir putih dengan garis pantai yang panjang dengan ombak khas Laut Selatan.

  1. Spot komunal yang seru – Alun-alun kidul

Ingin sekadar bersantai sembari makan cemilan kacang goreng, jagung bakar atau wedang ronde, sembari melihat hiruk pikuk warga berlalu lalang dengan nuansa yang asyik? Alun-alun Kidul adalah destinasi wisata di Jogja yang gratis dan harus dituju. Biasanya terdapat sejumlah permainan rakyat yang digelar dan jika beruntung kamu bisa melihat gajah dari kraton Jogja diajak berjalan-jalan keliling alun-alun.

  1. Berpose di landmark ikonik kota – Tugu Jogja

Tidak perlu membayar, namun harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto dengan Tugu Jogja yang ikonik itu. Suasana malam di lokasi ini juga cukup asyik dengan sejumlah kafe dan angkringan tersebar di sejumlah titik. Untuk yang ini tidak gratis, ya!

Sudah tahu destinasi wisata di Jogja yang gratis untuk tiket masuknya, sekarang tinggal kamu yang liburan dan membagi pengalaman dan foto di akun Instagram mu.

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan