Singkat Saja 7 Arti Kemerdekaan Indonesia

  • Bagikan
Exif_JPEG_420

Palembang, gesahkita.com–Peringatan 17 Agustus 2019H ari kemerdekaan Indonesia tadi pagi hingga sore ini sedang diperingati. Seperti pada umumnya, euforia masyarakat meayakan kemerdekaan terbilang tinggial-hal semacam perlombaan, memasang bendera hingga yang paling sakral adalah upacara bendera.

Panitia HUT RI 74 Pemuda dan anak saat usai Pertandingan footsal perum GCS Bukit Baru Palembang

Namun di balik semua kegiatan tersebut ada baiknya kamu lebih memahami arti sebuah kemerdekaan bangsa Indonesia itu sendiri. Tidak hanya ikut merayakan, makna penting dari kemerdekaan Indonesia di bawah ini pastinya harus kamu resapi.

1. Merdeka bukan berarti akhir dari sebuah perjuangan

Sejarah panjang para pejuang kemerdekaan yang membebaskan Indonesia dari cengkraman penjajah tentu bukanlah sebuah hal yang dianggap remeh. Keringat, tenaga hingga nyawa dipertaruhkan demi yang namanya sebuah kemerdekaan. Namun perlu kamu ketahui kita sebagai generasi saat ini tentu tidak bisa duduk santai menikmati hasil dari para pejuang.

Justru kita mengemban tugas yang lebih berat yaitu mempertahankan dan mengembangkan hasil yang diperoleh oleh para pejuang. Tentu perlu kamu renungi hal apa saja yang telah kamu berikan bagi negara Indonesia tercinta ini.

Baca Juga :  Mengukur Keberanian Paslon Kepala Daerah dari Jalur Independen

2. Menjadi pengingat bahwa sebuah perjuangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan berhasil

Tarik tambang sudah jadi budaya lomba maknakan simbol kerjasama tetap dipertahankan

Makna kemerdekaan Indonesia tentu tidak hanya sekadar kalimat kosong tanpa arti. Di dalamnya terdapat sejarah panjang penuh perjuangan tanpa henti. Dari sini kita sebagai masyarakat Indonesia pastinya diperingatkan bahwa sebuah perjuangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Momen pemersatu bangsa

Momen kemerdekaan menjadi salah satu momen yang membuat seluruh masyarakat Indonesia bersatu. Dari ujung Timur hingga Barat Indonesia semua dengan lantang mengucapkan “Aku Indonesia!”. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah salah satu momen terbaik untuk menghilangkan perselisihan dan membangun persatuan satu sama lain.

4. Pentingnya rasa saling menghormati dan menghargai

Makna sejati kemerdekaan Indonesia salah satunya adalah adanya rasa saling menghormati dan menghargai. Baik itu terhadap sesama masyarakat Indonesia ataupun dunia. Dan yang utama yaitu para pahlawan yang sangat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia

Baca Juga :  Meski Teknis Perpustakaan Penting, Segilintir Quota CPNS 2019

5. kemerdekaan indonesia adalah bukti bahwa masyarakat indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata

Sederhana di depan rumah Warga Sang Merah Putih Berkibar

mungkin hal ini sering dilupakan oleh masyarakat indonesia. kita terlalu sibuk dengan adu opini dan hal-hal yang sering membuat masyarakat kita sendiri merasa lebih rendah darioleh masyarakat Indonesia. Kita terlalu sibuk dengan adu opini dan hal-hal yang sering membuat masyarakat kita sendiri merasa lebih rendah dari masyarakat negara lain. Tapi tahukah kamu, kemerdekaan Indonesia adalah sebuah bukti bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang hebat.

Terlepas dari berbagai permasalahan yang melanda bangsa ini. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus yakin bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

6. Waktu di mana kita semua membuang ego masing-masing

Walaupun sederhana, membuang ego adalah salah satu sifat yang bisa dibilang sangat sulit dilakukan. Di momen kemerdekaan Indonesia ini hal yang bernama ego pribadi harus dibuang jauh-jauh. Kita berdiri di tanah yang sama tanah Indonesia. Kita hidup di alam yang subur, alam Indonesia. Lantas mengapa sebuah ego pribadi masih kita biarkan tumbuh?

Baca Juga :  PETAPA

7. Titik di mana perjuangan akan lebih berat kedepannya

Kenyataan ini perlu kamu resapi. Kata siapa perjuangan kita saat ini telah berakhir dalam proses mencapai kemerdekaan. Walaupun kemerdekaan dari penjajah sudah kita raih. Kemerdekaan yang sebenarnya telah menanti kita kedepannya.

Kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang luhur dan berlandaskan Pancasila tentu bukan tugas yang mudah di era globalisasi saat ini.

Namun percayalah hal tersebut dapat dilalui dengan mudah bahkan bisa dicapai jika semua masyarakat Indonesia bersatu tanpa saling menjatuhkan. Serta menumbuhkan masyarakat kreatif dan produktif tanpa adanya sifat provokatif.

Di momen kemerdekaan ini alangkah lebih baik kita tidak hanya sekadar merayakan. Tapi cobalah resapi makna sebenarnya dari sebuah kemerdekaan itu sendiri. Siapa kita? Indonesia!

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan