9 Tips Mengingat Kosakata Baru in Learning English

  • Bagikan
9 Tips Mengingat Kosakata Baru in Learning English
9 Tips Mengingat Kosakata Baru in Learning English

Palembang, gesahkita.com–Ada pepatah lama dari guru guru kita dulu buat motivasi kita belajar selalu diungkap, ” Bisa karena biasa, lancar karena diulang”.

Dalam belajar ilmu apa pun di dumia ini untuk pembiasaan dan pengulangan sesungguh nya hal hal pokok yang terus sebaik nya dilakukan. Bak sebilah pisau jika diasah maka akan tajam. Itu lah sederhanya falsafah belajar dari guru guru kita dahulu yang bisa kita petik untuk dijadikan pedoman hingga saat ini.

Terkait judul diatas tidak lah kaku kita menterjemahkan nya pepatah tua itu, sebab mencari tips dan trick dalam menguasai pengetahuan tertentu bisa juga kita jadikan kebiasaan.

Dengan demikian otak kita kita ini tidak kaku dan kering, maka gak rugikan membasahi nya dengan mencari tau, lalu setelah dapat bisa lah kita bagi dan share dengan orang sekitar.

Dalam mengingat kosakata, setiap orang harus mencari cara terbaik untuk mereka sendiri; tapi dengan bersabar, membuat sebuah goal yang realistis, dan memberikan diri sendiri hadiah jika kamu berhasil mencapainya.

9 Tips Mengingat Kosakata Baru in Learning English
9 Tips Mengingat Kosakata Baru in Learning English

Singkat nya 9 tips dan triks dibawah ini bisa juga Kamu adopsi sebagai penambah wawasan, mungkin jika sesuai gak rugi dong kami akan mencoba nya. Simak yuk dibawah ini:

1. Menggunakan Teknik Memori

Cara yang populer untuk mengingat kosakata adalah dengan menggunakan metode mnemonic, yaitu cara singkat secara mental untuk mengingat konsep atau kata-kata yang rumit. Kamu bisa membuat asosiasi antara kata-kata ataupun dengan membuat akronim seperti contohnya: untuk mengingat daftar belanjaan saat pergi ke toko (STORE) mengingat Spaghetti, Tomatoes, Olives, Rice, Eggs. Satu masalah dari cara ini adalah kamu harus masih mengingat akronim, lagu, atau asosiasi yang digunakan. Akan tetapi dengan sedikit latihan, kamu akan menjadi lebih pintar dengan menciptakan hal-hal kreatif dan dapat menghubungkan kata yang berguna. Selain itu, semakin lama kamu memikirkan akronim atau asosiasinya, semakin mudah juga kamu mengingat kata-kata yang muncul dari asosiasi atau akronim tersebut.

Baca Juga :  English Conversation for Beginners and common Phrase

2. Menciptakan suasana lingkungan belajar

Ketika kamu pergi belajar di luar negeri, kamu akan mendengar dan membaca bahasa tersebut di mana-mana dan akan belajar lebih cepat melalui immersion. Tapi sebenarnya kamu tak perlu pergi ke luar negeri untuk meningkatkan jumlah kata-kata yang kamu ketahui – kamu dapat menciptakan inspirasi dan lingkungan belajar yang ramah dimanapun kamu berada: membeli majalah atau buku dengan bahasa baru, menonton bioskop, dan memasak (atau hanya sekedar makan) makanan lokal.

9 Tips Mengingat Kosakata Baru in Learning English
9 Tips Mengingat Kosakata Baru in Learning English

3. Menempatkan kata-kata tersebut didalam konteks

Sebuah ide yang sangat bagus untuk mempelajari kosakata baru dengan lebih cepat adalah dengan menempatkan kata-kata di dalam konteks. Daripada membuat daftar kata-kata secara acak, cobalah untuk menempatkan mereka dalam kalimat. Dengan begitu, kamu tahu bagaimana penggunaan kata-kata tersebut di duna nyata. Lalu, kamu juga bisa menciptakan kalimat-kalimat lucu, hal itu akan mempermudah kamu untuk mengingat. Tergantung juga dengan bagaimana kamu belajar, kamu bisa membuat sebuah gambar atau mencari foto yang melengkapi kalimat tersebut dan menempatkan kata-kata tersebut di posisi alaminya.

4. Belajar dari situasi kehidupan nyata

Berbicara tentang konteks: bioskop, pertunjukan TV, buku, podcasts atau lagu-lagu juga merupakan sumber yang bagus untuk menemukan kata-kata paling umum. Selain itu, mereka juga membantu kamu mengingat kosakata karena mereka selalu diasosiasikan dengan adegan, orang, atau acara di kehidupan nyata. Jadi, kamu bisa membaca buku atau menonton bioskop dalam bahasa asing (dengan subtitles) dan mencari tau apa maksud kata-kata tersebut. Apabila kamu melihat atau mendengar sebuah frase atau kalimat yang tidak kamu mengerti, catat kalimat tersebut, cari maksudnya dan mulailah mengingatnya.

Baca Juga :  ‘Slang’ Words and When to Use Them

5. Membawa pembelajaran ke level yang lebih tinggi

Apabila kamu mau membawa pembelajaran bahasa asing ke level selanjutnya, berikan ruangan yang cukup untuk membuat peta pikiran dengan mengasosiasi kata-kata, sinonim atau antonim. Apabila kamu ingin mendapatkan yang terbaik dari proses belajarmu, usahakan untuk tidak menterjemahkan kata tersebut ke bahasa asal, melainkan jelaskan dan gambarkan dengan bahasa yang sedang kamu pelajari.

6. Mencari sarana yang paling tepat untuk dirimu

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda, jadi apabila kamu tak tahu apa yang terbaik untukmu, coba menggunakan berbagai macam cara – atau dengan beragam kombinasi – yang memungkinkan: kartu flash, aplikasi, daftar, games, atau post-it, adalah contoh cara yang bagus untuk mengingat kosakata. Hal yang sama juga berlaku untuk menemukan waktu yang tepat: ada orang yang ingin menyisihkan waktu tertentu, ada orang yang mempelajari secara spontan. Apapun cara yang kamu pilih, pastikan untuk terus dijalani. Ingatlah kata orang bijak: latihan membuat sempurna.

7. Membuatnya interaktif

Sama seperti halnya kamu harus mencari alat yang tepat untukmu, penting juga untuk membuat pengalaman belajar mencakup informasi sebanyak-banyaknya. Jangan hanya sekedar membaca kata-kata dari kartu atau daftar. Dengarkan juga bagaimana mereka diucapkan. Ucapkan kata-kata tersebut dengan lantang dari diri sendiri dan tulis atau ketik kata-kata tersebut. Akan lebih baik apabila kamu memperbanyak pengalaman dengan kata-kata sebagai pengalaman ke semua indra. Kenapa tidak memakan es krim sambil mempelajari apa nama rasa es krim tersebut dalam bahasa yang sedang kamu pelajari?

Baca Juga :  Indonesian Dirty Words and The Meaning

8. Fokus pada kata-kata yang berguna

Apabila kamu ingin memperluas kosakatamu karena kamu ingin pergi bekerja di perusahaan permasaran di luar negeri, mungkin kamu tak perlu membaca novel Shakespeare atau fokus pada kata-kata yang berhubungan dengan Abad Pertengahan. Kata-kata yang lebih praktis, populer, dan berhubungan dengan karir, hobi, dan kehidupan sehari-hari akan jauh lebih mudah untuk dipelajari dan juga akan lebih sering digunakan. Hal ini bisa dibuat seperti sebuah permainan: kamu bisa memberikan hadiah kepada dirimu sendiri setiap kali kamu menggunakan sebuah kata spesifik di dalam percakapan kehidupan nyata.

9. Ulangi dan ulangi terus untuk

beberapa kali

Ingat untuk tak hanya sekedar mengulangi kata-kata yang sedang dipelajari, tetapi juga “kata-kata lama” yang kamu kira sudah kamu tahu dan hafal. Kamu tak perlu mencari kembali kata-kata yang sudah kamu tulis sesering kamu mempelajari kosa-kata baru, tapi dengan semakin sering kamu menggunakan kata-kata tersebut, semakin mudah bagimu untuk mengingat dan menggunakannya kembali.

Ya begitu saja uraian nya, relatif sajakan panjang dan pendek nya, yang penting tugas kami bisa berbagi. Jika itu berguna itu lah tujuan kami. Jika biasa biasa aja, ya teruskan pencarian tips dan triks yang lain yang mungkin bersesuaian dengan kamu. Salam.

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan