Selain Soal Lahan, Ini Alasan Investor Hengkang Ke Vietnam

  • Bagikan
Kepala BKPM

Jakarta, gesahkita.com–Soal kemudahan perolehan lahan menjadi senjata utama Vietnam dalam menarik investasi dari luar. Tapi, bukan hanya itu rahasia kesuksesan Vietnam.

Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Husen Maulana menuturkan, keunggulan Vietnam dibanding Indonesia dalam menggaet investasi ialah karena negara ini memiliki banyak kerja sama perdagangan bebas

Kepala BKPM

dengan negara maju.

Karena itu investor diuntungkan saat menjual barang ke luar negeri alias ekspor. Lantaran mereka tak perlu membayar bea masuk di negara tujuan ekspor.

“Negara Vietnam punya banyak FTA, mungkin salah satu pertimbangan kenapa mereka ke sana, karena punya banyak FTA negara maju. Ada keuntungan yang diperoleh perusahaan itu di Vietnam pastinya tarif menjual produk ekspor bisa 0{d16028d1ae91105ee2af888528e4abba9e896c46ed4da329dd7684c3747e71fa},” katanya, Kamis (5/9/2019).

Selanjutnya dia menjelaskan, dalam menentukan lokasi investasi, pemilik modal biasanya menimbang lahan, upah buruh dan produktivitas.

Baca Juga :  Cuomo Bakal Tidak Lagi Menghadapi Pemakzulan

Dikatakannya, Vietnam menawarkan kemudahan lahan karena lahan itu dikuasai negara. Investor yang butuh lahan bisa dipenuhi dengan cepat. Berbeda dengan Indonesia, untuk mendapatkan lahan proses cukup panjang.

“Pengamatan saya lahan menjadi pertimbangan utama mereka ke sana (Vietnam),” ujarnya.

Dia menilai, dari sisi upah dan produktivitas, Indonesia dan Vietnam tak jauh berbeda.

“Sudah barang tentu bagi perusahaan labor intensif tingkat upah menjadi pertimbangan utama, tapi antara Indonesia dan Vietnam sebenarnya tingkat upahnya nggak terlalu jauh. Tingkat keterampilan Indonesia dengan Vietnam kompetitif. Indonesia juga banyak tenaga kerja terampil,” ujarnya. (asj/asm)

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan