Hari Kunjungan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan, Gelar Storytelling

BerandaEduHari Kunjungan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan, Gelar Storytelling

Published:

Orang Cerdas Membaca..!

suasana gelar strytelling

Palembang, localhost/server/gkx-Dalam rangka menggalakan budaya membaca supaya cerdas, Perpustakan Provinsi Sumatera Selatan, Gelar  mendengarkan Storytelling (bercerita) untuk anak anak tingkat PAUD dan SD, di Aula Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Selasa (24/09).

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Mislena, SE, MM melalui Kepala Seksi Layanan dan Otomasi, Noorlaili Jati, menuturkan akan tujuan digelarnya acara tahunan terkait hari kunjung perpustakaan setiap tanggal 14 September ini untuk menggalakan kegiatan gemar membaca.

“Sebenarnya untuk berkunjung ke perpustakaan itu bukan bulan September saja kan, tiap hari silahkan datang kesini”, ungkap perempuan yang akrab disapa Bu Leli ini.

anak anak sangat fokus dengan cerita dari kakak penutur cerita

Dijelaskannya terkait acara ini untuk memberi motivasi pada anak supaya gemar membaca.

“Dan jangan salah paradigma dan iritasi dulu jika bicara soal perpustakaan, lanjut nya.

“Jika bicara perpustakaan itu selalu kebayang kacamata tebal dan buku tebal tebal, jadi gak seperti itu di perpustakaan  ternyata bisa melakukan kegiatan lain”, imbuh dia.

“Disini juga banyak kegiatan, ada browsing, cari referensi literatur, bercerita atau storytelling seperti kegiatan hari ini”, lanjut dia.

Marak nya isu bahwa anak anak sekarang cendrung beralih dari gemar membaca ke gemar menonton semisal suka tongkrongi jejaring penyedia video internet dan medsos, sebagai orang yang dipercaya menukangi bagian pelayanan di perpustakaan Provinsi Sumatera selatan ini dan  sekaligus yang mengamati kecendrungan sosial seperti dia tidak juga membenarkan akan hal itu.

“Sebenarnya gak juga, kita jangan kalah dan salah lah. Ini hanya persoalan keterbatasan buku buku yang ada di sekitar anak anak itu jadi mereka cepat bosan”, kata Bu Leli.

Ekpresi Kedua Penutur cerita sangat menyatu anatra penikmat cerita dan penutur cerita

Ditanya soal para orang tua dan guru supaya anak anak ini membaca, kiat nya seperti apa? “Ya agar anak anak ini membaca, sampaikan saja dengan lemah lembut, seperti bercerita bahwa orang sukses itu bisa jadi sukses karena membaca”, jawab dia.

“Gak ada pimpinan atau pemimpin yang gak gemar membaca gitu”, tegas Bu Leli.

Soal kegemaran membaca ini diri nya juga menuturkan bahwa membaca  dianjurkan semenjak anak masih dalam kandungan. “Ya kalau dia Islam kan didengarkan dengan dengar orang ngaji atau diajak bercerita”, jelas Bu Leli.  “ jadi jangan berhenti membaca, karena mau cerdas ya harus membaca”,tegas dia. “Orang cerdas membaca”, tutup nya.

MIN 2 Model Palembang  Hadir lagi Di Perputakaan Provinsi Sumatera Selatan

anak anak MIN 2 Model dan guru Pembimbing saat pose bersama

Di tempat yang sama Aminah, SPd, guru kelas yang kebetulan sebagai pembimbing anak anak dari MIN 2 Model Palembang dalam hari kunjung perpustakaan hari ini saat dimintai keterangan terkait acara ini. Dia menuturkan ini kali yang kedua dia ajak anak anak nya dari MIN 2 Model Palembang  untuk berpartisipasi pada acara serupa. Dia ucapkan terimakasih kepada pihak perpustakaan sudah mengundang sekolah nya dan anak anak untuk  datang lagi kesini.

“Ya anak anak sangat terkesan dan senang hadir mengikuti acara hari ini”, ucap Ibu Aminah.

Diri nya juga melihat kegiatan ini sangat baik untuk memberi motivasi anak agar gemar membaca dan mengenal perpustakaan. “ Dengan membaca anak anak bisa juga mengetahui banyak hal, misal nya tentang sejarah, atau tokoh tokoh yang ada dalam cerita storytelling itu”, ucapnya.

Ditanya soal perilaku anak terhadap kegemaran membaca saat ini khusus nya yang ada di MIN 2 Model Palembang, diri nya berkeyakinan anak anak nya sangat gemar membaca. “ Ya soal kegemaran membaca ini sebenarnya tetap ada ya”, ungkapnya.

“Apa lagi kalau kita di MIN 2 Model Palembang di kelas kita gunakan visual act (alat bantu visual) yang kita biasa memakai  in fokus”, imbuhnya .

“Nah dengan bacaan bergambar seperti itu anak anak tambah semangat serta sedikit gampang mencerna uraian kita guru guru ini”, jelas Bu Guru yang diandalkan bimbing anak anak kelas 1 MIN 2 Model ini.

anak anak MIN 2 Model Palembang paling rajin datang nya duluan ya

Senada dengan Bevi Septriani Marga Putri, SPd menjelaskan acara ini sangat baik dan dia merasakan  antusias nya anak anak untuk ikut partisipasi dalam hari kunjung perpustakaan hari. Dia berharap tahun tahun akan datang juga dapat undangan lagi. Dia juga mengakui bahwa sudah ke 2 kali ini bersama anak anak hadir dan penuhi undangan pihak Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan.

“Ya terimakasih kepada pihak perpustakaan kami sudah diundang dan sangat apresiasi itu”, ungkap Bu Guru yang biasa disapa Bu Bevi. Dirinya berharap untuk tahun mendatang sebisanya ditingkat kan lagi.

 

Ditanyan soal respon anak anak setelah mengikuti acara ini, “Anak anak sangat senang dan acara nya sangat seru”, singkat Ms Bevi karena pelajaran Bahasa Inggris yang dia tukangi di MIN 2 Model Palembang.

 

Yanwar (40) salah satu orang tua siswa yang ikut temani putri nya yang merupakan utusan siswa dari MIN 2 Model Palembang saat ditanya kesan dan pesan Atira (11) menjelaskan, Putri bungsu nya sangat senang bisa lihat perpustakaan yang lebih besar lagi.

“Dia (Atira) bisa lihat teman teman lain dari sekolah lain. Apa lagi bapak bapak sama ibu ibu di perpustakaan pada ramah dan baik”, tutur Yanwar menirukan putri kesayangan nya itu.

 

Putri nya juga senang memperoleh suvenir (bingkisan) sebagai kenang kenangan. (asj)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha

Jendela Sastra