Tingkatkan Soliditas Organisasi dan Pemahaman Hukum Ketenagakerjaan, DPN Serikat Pekerja PT. PLN Indonesia Lakukan Konsolidasi di Bali

  • Bagikan
Eko Sumantri, I Putu widana dan H. Yopie Bharata SH Pose Bareng Usai Pelantikan dan konsolidasi Hari Pertama Di kantor PT. PLN Unit Induk Distribusi Denpasar Bali, Dihadiri seluruh Pengurus dan Anggota Serikat

Palembang, gesahkita.com—Dewan Pimpinan Nasional (DPN)-Serikat Pekerja PT. PLN (Persero) Indonesia terus melakukan Konsolidasi Organisasi di daerah seluruh Indonesia. Pada Desember 2019 ini diadakan Konsolidasi Organisasi dan Sosialisasi Hukum di Provinsi Bali.

Konsolidasi Pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) dan Dewan Pengurus Wilayah Bali Periode 2019-2023 ini berlangsung selama 3 hari yaitu mulai tanggal 3 sampai dengan 5 Desember 2019.

Eko Sumantri, Selaku Ketua Dewan Pimpinan Nasional Serikat Pekerja PT. PLN Indonesia mengatakan akan pentingnya kegiatan Konsolidasi ini dan mengaku hal ini juga dibutuhkan dalam rangka penguatan organisasi yang bertujuan mewujudkan soliditas di tubuh Serikat Pekerja PT.PLN (Persero) Indonesia.

“Dengan adanya pelantikan pengurus ini, diharapkan para pengurus dapat bekerja secara maksimal untuk memajukan Serikat Pekerja PT. PLN Indonesia’, Ucapnya, Selasa, (03/12) lalu.

Acara Konsolidasi berlangsung cukup padat dengan agenda, Pelantikan Pengurus, Sosialisasi Hukum, Pembahasan Perjanjian Kerja Bersama, Tanya Jawab dan Ramah Tama.

Baca Juga :  Polsek Pangkalan Balai dan Polres Banyuasin Intensifkan Patroli

 

Pelantikan Pengurus sendiri berlangsung pada 3 Desember 2019 yaitu melantik I Putu Widana selaku  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Serikat Pekerja PT. PLN (Persero) Indonesia wilayah Provinsi Bali untuk masa Bhakti 2019-2023 yang dilakukan oleh Eko Sumantri selaku Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Serikat Pekerja PT. PLN (Persero) Indonesia.

Acara Konsolidasi dan sosialisasi hukum disertai Pelantikan pengurus ini, Kemudian secara estafet juga melakukan pelantikan Dewan Pimpinan Serikat Pekerja PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Timur dan pelantikan Dewan Pimpinan Serikat Pekerja PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Utara untuk masa bhakti 2019-2023.

Terkait Sosialisasi Hukum, Tim Hukum Serikat Pekerja PT. PLN (Persero) Indonesia, H Yopie Bharata, SH dan Irfan Situmorang, SH mengatakan bahwa pentingnya bagi seluruh anggota Serikat Pekerja PT. PLN (Persero) Indonesia untuk mengerti dan memahami akan hak hak dan kewajiban pekerja itu sendiri.

Baca Juga :  Debat Publik Pilkada Oku Selatan, Pasangan PAS Sebut “Oku Selatan Bersinar, Ekonomi Meningkat Infrastruktur Pembangunan Manusia”

Dijelaskan H Yopie Bharata, dengan adanya sosialisasi hukum ini para peserta yang notabene anggota Serikat Pekerja PT.PLN (Persero) Indonesia akan mengetahui bagaimana penyelesaian perselisihan hak dan kewajiban karyawan terhadap perusahaan serta perusahaan terhadap karyawan, kemudian perselisihan kepentingan, pemutusan hubungan kerja (PHK), perselisihan antara serikat pekerja dalam satu perusahaan dan terakhir perselisihan hak hak dan kewajiban serikat pekerja.

“Tujuan Sosialisasi hukum ini, diharapakan adanya peningkatan pemahaman hukum bagi pengurus dan anggota Serikat Pekerja PT. PLN (Persero) Indonesia wilayah Provinsi Bali”, ujarnya.

Ditanya soal materi Sosialisasi Hukum yang ia sampaikan pada kepengurusan Serikat Pekerja PT. PLN (Persero)Indonesia DPW Bali ini, H Yopie Bharata, SH menuturkan hal yang lazim yang mengatur soal Perburuan dan ketenagakerjaan antara lain, 1. Undang undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, 2. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, dan 3. Undang Undang Republik Indonesia Nomkor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja.

Baca Juga :  Meski Rintik Hujan, Tak Surut Niat Polda Sumsel Tuk Saling Berbagi

Hal senada disampaikan Eko Sumantri terkait Agenda Konsolidasi Organisasi dan Sosialisasi Hukum terhadap anggota dan kepengurusan Serikat  Pekerja PT. PLN (Persero) Indonesia ini telah ditetapkan dalam satu tahun kedepan.

“Jadi ini kita telah tetapkan satu tahun kedepan, dan tidak hanya di Bali saja melainkan akan melebar ke wilayah lain seluruh Indonesia”, katanya.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan Konsolidasi Organisasi dan Sosialisasi Hukum seperti Sumatera Utara, Kalimantan dan Sulawesi”, tandasnya.(ril/asj)

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan