SMPN 1 Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan Menerima Adiwiyata Tingkat Nasional

BerandaNewsSMPN 1 Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan Menerima Adiwiyata Tingkat Nasional

Published:

Menteri LHK Siti Nurbaya kiri dan Kepsek SMPN Buay Pemaca

Muaradua, localhost/server/gkx–Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri. Penerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2019 sebanyak 330 sekolah dan penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri sebanyak 101 sekolah. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Jumat (13-12-2019).

Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI terhadap sekolah-sekolah yang dinilai telah berhasil mendidik siswa menjadi individu yang sadar dan memahami serta bertanggung jawab terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.penghargaan ini kali pertama diselenggarakan pada tahun 2006

Berdasarkan keterangan menteri LHK, pada tahun 2019 sudah 1.372 sekolah yang diusulkan dinas LHK untuk mendapatkan penghargaan ini. Sekolah tersebut terdiri dari 1.196 sekolah negeri dan 176 sekolah swasta yang berasal dari 256 kota/kabupaten di 32 provinsi.

Sekolah Adiwiyata telah memberikan kontribusi berupa pengurangan timbunan sampah sampai pengelolaan sampah dengan 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle,diketahui Kedepan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI berharap terciptanya “youth  green leaders” pemimpin masa depan yang ramah lingkungan.

Pada Tahun 2018 di Provinsi Sumatera Selatan  ada 5 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan pada tahun 2019 ada 7 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dimana salah satunya berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Salah satu penerima penghargaan Adiwiyata Nasional tersebut yakni SMPN 1 Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan. Sekolah yang terletak di salah satu kabupaten di ujung Pulau Sumatera ini berhasil terpilih menjadi yang terbaik setelah berkompetisi dengan sekolah lainnya di Sumsel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan, Umar Safari, S.Sos saat dihubungi via telephone pada Jum’at (13-12-2019) menerangkan bahwa tahun 2019 pemerintah Kabupaten OKU Selatan mengusulkan dua sekolah untuk bersaing dengan sekolah dari kabupaten lain di Provinsi Sumatera Selatan.

Kedua sekolah tersebut yakni MTsN 1 Muaradua dan SMPN 1 Buay Pemaca. Pemilihan sekolah tersebut dikarenakan keduanya telah terpilih sebagai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi yang menjadi syarat untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.

“Jika tidak menang di tingkat  provinsi maka tidak bisa diajukan ke tingkat nasional. Kita patut bangga, SMPN 1 Buay Pemaca berhasil menang di tingkat nasional sekaligus menjadi sekolah pertama di OKU Selatan  yang mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional.” Ujar Kadis DLH OKU Selatan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan, Zulfakar Dani, S.Pd.,M.M menuturkan

“kami ucapkan selamat dan sukses dan terimakasih untuk Kepsek dan Jajaran SMPN 1 Buay Pemaca atas dianugerahkan penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional, dan terimakasih juga untuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan atas sinerginya untuk mendapatkan penghargaan tersebut.”

” Semoga akan menjadi motivasi sekolah sekolah yang lainnya di OKU Selatan, kami berharap pendidikan di Kabupaten OKU Selatan akan lebih baik lagi di segala Bidang.”

“Ke depan kita dorong sekolah- sekolah yang telah mendapat anugerah Adiwiyata Nasional untuk  menjadi Adiwiyata Mandiri.”tutur Zulfakar.(kardimin Ba)

Berita Terbaru

selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha

Jendela Sastra