Udara Sejuk dan Panorama Perkebunan Teh Dempo Daya Tarik Wisata Alami

  • Bagikan
Udara Sejuk dan Panorama Perkebunan Teh Dempo Daya Tarik Wisata Alami

Pagaralam, gesahkita.com—Perkebunan Teh Gunung dempo  merupakan destinasi wisata yang sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dari berbagai daerah terutama asal Sumatera Selatan maupun provinsi tetangga yang bikin kamu terperangah ketika datang kesini.

Terletak tak jauh dari pusat kota Pagaralam, yang berjarak sekitar 300 km dari pusat ibu kota Palembang, Membutuhkan 8 jam perjalanan darat di Kota Palembang.

Gunung Dempo punya panorama keindahan alam yang sangat  mempesona.

Gunung dempo titik tertinggi 3’173 diatas permukaan laut dengan titik Koordinat 4°02′S 103°08′E / 4.03°S 103.13°E.

Secara  geografis Bukit Barisan, salah satu pegunungan aktif Letak Sumatra Indonesia maka sesuai dengan namanya pula Pagaralam merupakan suatu kota yang di Keliling pagar benteng bukit dikenal dengan Bukit Barisan yang membentang diantara sepanjang pegunungan.

Udara Sejuk dan Panorama Perkebunan Teh Dempo Daya Tarik Wisata Alami 1
Udara Sejuk dan Panorama Perkebunan Teh Dempo Daya Tarik Wisata Alami

Dempo katogori gunung berapi kerucut (Stratovolcano)

Panorama Hamparan perkebunan pohon teh begitu luas diperkirakan hampir ribuan hektar keindahan itu dapat kita lihat dari kaki gunung dempo pada titik 1820 diatas permukaan laut yaitu ada pada awal puncak (tugu rimau).

Baca Juga :  PHRI Motor 'SGS' Bangkitkan Ekonomi Dibawah Protokol Kesehatan

Sampai pada titik itu mata kita sudah terasa dimanjakan hamparan hijau alami dan aroma udara sejuk perkebunan teh seluas mata memandang sangat memukau dan membawa suasana alam yang berbeda ditambah penghangat tenggorokan suguhan kurang lengkap jika kenikmatan seduhan teh asli yang sangat nikmat perkaya suasana pagi mentari masih malu menampakan wajahnya.

Nun di bawah sana mata kita akan dibuat terperangah akan pemandangan keindahan kota Pagaralam dengan bangunan atap genting berjejer tak ada sedikit pun gangguan yang mengusik ketenangan jiwa ketika menyaksikan peradapan dan sejarah manusia di Kota Admistratif ini memiliki kekayaan luar biasa tersohor seluruh nusantara bahkan dunia.

Sepasang muda mudi asal Kota Manna Propinsi Bengkulu yang saat ini sedang berlibur di wisata alam perkebunan teh Gunung Dempo mengungkapkan, “kami berdua sengaja di hari libur ini datang ketempat ini, iya karena udaranya sejuk serta pemandangan nya sangat indah puas rasanya bisa menikmati keindahan alam perkebunan teh.”tutur Angga Kepala Gesakita.com, Minggu, (12/12)

Baca Juga :  Liat Yuk, Wisata Air Banyuwangi Raih UNWTO Award

Kebun Teh Pagaralam (gunung dempo) sendiri berada pada ketinggian sekitar 1.520 meter di atas permukaan laut. Kebun teh ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VII. PTPN VII merupakan perusahaan BUMN yang unit kerjanya terfokus pada agribisnis dan perkebunan. Selain teh, perusahaan BUMN ini juga mengelola perkebunan lain seperti tebu, karet, dan kelapa sawit.

Menurut data yang dilansir website PTPN VII, Kebun Teh Pagaralam memiliki luas puluhan ribu hektare. Volume penjualannya mencapai ribuan ton per tahun, yang trendnya selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Setengah hasil Kebun Teh Pagaralam digunakan untuk kebutuhan dalam negeri, sebagian lagi diekspor ke luar negeri. Selain terkenal dengan kopi robusta, Pagaralam juga salah satu penghasil teh unggulan di Indonesia

Selain itu, pagar alam di kenal dengan kopi nya di area kawasan ini juga dapat kita jumpai penjual oleh-oleh khas Pagaralam, seperti kopi, teh, hingga figura senjata Kuduk.

Baca Juga :  Abad 19, Batu Bara Sahwalunto Andalan Kolonial Kini Kota Wisata Tambang Berbudaya

Mengunjungi Kebun Teh Pagaralam merupakan salah satu aktivitas liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Selain bisa melihat pemandangan yang indah, suasana di kawasan ini juga sangat hening dan udaranya masih sangat sejuk..(Hendra)

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan