Waspadai Ginjal Dengan Pengamatan Urin Ini 

  • Bagikan
ilustrasi buang air kecil

Palembang, gesahkita.com– Diketahui bahwa ginjal menjadi salah satu organ vital dalam tubuh yang sangat penting. Fungsi ginjal yang membantu proses metabolisme tubuh akan menyaring racun dan limbah pada tubuh sebelum akhirnya dieksresikan menjadi urin.

Kita bisa mengetahui apakah ginjal kita bermasalah atau dalam keadaan sehat dari cara kita buang air kecil dan urin kita.

Ginjal yang sehat biasanya membuat kita akan buangair kecil 4-6 kali di siang hari dan 0-2 hari di malam hari.

Selain dilihat dari frekuensinya, ini 3 kelainan buang air kecil yang bisa menandakan ginjal kita enggak sehat. Harus lebih waspada!

Perubahan volume urin yang enggak normal

Terkadang jumlah air minum akan memperngaruhi urin kita. Kalau kita minum terlalu banyak, maka produksi urin juga akan semakin meningkat. Begitupun sebaliknya.

Tapi, kalau kita meminum air putih dalam jumlah normal namun volume urin mengalami peningkatan atau penurunan mendadak, hal ini patut diwaspadai.

Baca Juga :  Isyana Lonetasari Popo: PMI Kecamatan Ujung Tombak Tugas Kemanusiaan

Jumla volume urin normal sekitar 1500 ml. Kalau volume urin yang kita keluarkan lebih dari 3000 ml itu tandanya ginjal kita enggak normal, nih!

Hal ini berkaitan banget sama fungsi ginjal. Kalau mengalami hal ini segera periksakan diri pada dokter, ya!

ilustrasi sering ke toilet

3 typical Tanda Urin Biasanya Ngalami gangguan kesehatan

Urin berbusa

Urin yang berbusa bisa menandakan ada yang bermasalah dari proteinuria.

Proteinuria ini erat kaitannya sama kerusakan ginjal kita, nih! Kalau urin kita terlihat berbusa, segera konsultasikan sama dokter ahli, ya.

Sering nokturia (kencing pada malam hari)

Nocturia atau kencing pada malam hari adalah kebiasaan yang cukup buruk, namun sangat normal kalau terjadi pada orang tua.

Tapi, kalau nocturia terjadi di luar masalah umum seperti banyak minum air sebelum tidur, mungkin ada masalah dengan ginjal kita, nih.

Kita harus mengamati berapa banyak kita buang air kecil pada malam hari.

Baca Juga :  Mengalami Tekanan Darah Tinggi Coba Tumbuhan Alang Alang

Normalnya hanya 0-2 kali buang air kecil pada malam hari. Kalau lebih dari itu, bisa jadi ginjal kita mengalami kerusakan yang harus segera ditangani.

Itu tadi beberapa kelainan buang air kecil yang menunjukkan ginjal kita dalam kondisi masalah. Nah sarannya jangan ragu untuk periksa ke dokter. (asj/hendra &athers)

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan