hut kopri, bappeda litbang oku selatan hut ri ke-78, 17 agustus 2023, hari kemerdekaan, banner 17 agustus selamat tahun baru islam, tahun baru islam 2023, banner tahun baru islam selamat hari raya, idul fitri 2023, idul fitri 1444h banyuasin bangkit,gerakan bersama masyarakat
News  

Wujudkan Kebangkitan Petani Ternak, Camat Suak Tapeh Gelar Pelatihan Peternakan Sapi

Banyuasin, localhost/server/gkx–Upaya Kabupaten Banyuasin dalam membangkitkan ekonomi masyarakat terus digalakan kali ini di Kecamatan Suak Tapeh, Desa Lubuk Lancang digelar Pelatihan Agrobisnis, Kamis, (09/01/20), di Kantor Pemdes Desa Lubuk Lancang.

Kepala Desa (Kades) Desa Lubuk Lancang yang juga selaku ketua Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Suak Tapeh Rusdi Tamrin mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan agar warga Kecamatan Suak Tapeh, tidak hanya harus bergantung pada komoditas utama karet saja.

Rusdi lebih lanjut menyampaikan khususnya masyarakat yang bergantung pada pertanian untuk organisir kelompok masyarakat ke dalam wadah organisasi kecil yang biasa disebut kelompok tani.

“Nah melalui kelompok tani itu, lanjutnya “kita dapat mengusulkan, kelompok tani untuk juga siap untuk mengelolah terutama ternak sapi”, katanya.

“Ini bisa dilakukan supaya warga bisa mendapatkan bantuan sapi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin. Terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat selain dari komoditas utama seperti karet dan sawit dan sawah,”jelas nya.

Sementara itu, Camat Suak Tapeh Sashadiman mengatakan hibah sapi dari Pemkab Banyuasin akan diberikan, jika masyarakat yang mau berkelompok (serikat) membuat kelompok tani dan membuat kandang yang berstandar.

“nanti diusulkan mendapatkan bantuan hibah sapi, dengan syarat mempersiapkan kelompok tani dengan anggota maksimal 20 orang dan kandang sapi sebagai persiapan sarana dan pra sarana nya.

“setelah itu mengajukan proposal ke disbunnak dan konsultasi. Bagi desa yang belum mengusulkan, lahan yang harus dipersiapkan, minimal 1 hektare harus disiapkan,” tegas nya.

Dia berharap dengan adanya pelatihan dan bantuan ini, perekonomian warga masyarakat bisa meningkat.

Camat Suak Tapeh juga mengimbau tetap waspada berbagai penyakit di musim pancaroba ini.

“Musim peralihan dari panas ke musim penghujan ini banyak penyakit yg disebarkan oleh nyamuk, lalat dan lain sebagainya. Diharapakan masyarakat menjaga kebersihan dan kesehatan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga Camat Suak Tapeh, membuka kegiatan replika pelatihan agrobisnis Perternakan Sapi.

Risma, Tenaga Ahli Kesehatan dari Kabupaten Banyuasin mengatakan, setiap desa bisa mengusulkan berbagai kegiatan, baik kesehatan dan ekonomi produktif.

“Diusulkan dalam bentuk proposal maupun musyawarah desa, terutama dalam penggunaan Dana Desa, agar lebih cepat terealisasi apa yang kita rencanakan,” katanya.(INDERA IRAWAN)

Tinggalkan Balasan