Pembukaan Festival Band Hut OKU Selatan Ke-16, 2 Grup Lolos Penyisihan

BerandaNewsPembukaan Festival Band Hut OKU Selatan Ke-16, 2 Grup Lolos Penyisihan

Published:

Kadispar Oku Selatan Darmawan membuka festifal dengan kata sanbutan

Muaradua, localhost/server/gkx--Festival Band Hut OKU Selatan ke-16 tahun telah dimulai dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Ogan Komering Ulu Selatan, Darmawan.

Dikatakanya kegiatan berkesenian dan musik khususnya adalah baik dan positif bagi pencinta musik yang ada di Oku Selatan.

Darmawan juga menyampaikan dengan bermusik anak anak muda bisa mengalihkan dan menyalurkan bakat serta bisa menekan angkah tawuran, narkoba serta kenakalan remaja lainnya.

“Selain  rangkaian kegiatan Festival Band ini bisa menjadikan hal positif bagi kemajuan Oku Selatan khususnya bidang musik , dengan adanya kegiatan ini tumbuh bibit bibit band yang berkualitas”, ucap Darmawan.

“kedepan, tambahnya “kita terus berupaya kembangkan lagi acara festival band sebab ini yang pertama masih banyak yang harus kita benahi “.

Pihak panitia memberi jadwal Lima band yang bakal tampil tiap malamnya, yang mana akan diambil poin atau penilaian tertinggi yang akan lolos dan masuk ke babak selanjutnya.

Malam ini telah tampil band band unjuk kebolehanya, diantara nya Pangudi Luhur band,Andromeda band,kritis band,ovoli band,dan setiap penampilannya akan membawakan lagu wajib berjudul “Cinde Negeriku Oku Selatan” setelah itu satu lagu andalan.

Suasana malam yang tak biasa ini di Halaman rumah dinas Wakil Bupati OKU selatan menjadi sangat kentara. Ya tentu saja demikian adanya,  yang namanya festifal musik  selalu diramaikan dengan pemandangan  eksistensi identitas pemusik dan penyuka musik.

Disitulah kostum dan aksesoris nya menjadi daya kombinasi utuh entah itu para pemain yang memang tuntutan dalam penilaian dewan juri, aneh bagi awam sebenarnya para pendamba existensi ikut dandan atau minimal memegang atau membawa minimal satu saja ciri khas itu ketika hanya memberi dukungan atau menonton pada acara sejenis ini.

Bila diurutkan aksesoris yang melekat pada festifal seperti ini biasanya  Jeans lengkapnya jeans belel, jaket kulit, kacamata hitam (sunglasses) sepatu boot dan lain sebagainya

Lagi lagi itu lah sebuah seni dan wilayah nya adalah universalitas berlakunya interprestasi multi tafsir bidang seni itu sendiri.

Maka dengan kata lain terbentuk nya karakter bermusik atas azas seni seorang peformer dan itu menjadi gambaran yang benar benar ada dan nyata pada malam ini di ajang festifal dalam rangka HUT Kabupaten Oku Selatan ke 16 ini.

Irfan selaku wakil tim juri menuturkan pada media ini akan aspek penilaian yang menjadi indikator bagi peformer dalam festifal ini.

“Yang pasti Semua aspek penilaian akan dinilai dalam arti semua nya yang ditampilkan oleh para peserta”  ungkapnya.

“kita harap seluruh peserta maksimal harus on fire mengeluarkan seluruh skill musik yang dimiliki nya adapun Kriteria yang kita nilai  musikalitas, artikulasi, performance (penampilan) aransmen, tehknik vokal serta kostum,”jelas Irfan.

 

Malam ini disimpulkan oleh dewan juri yaitu ada  dua band yang terpilih masuk babak selanjutnya diantara Andromeda band dengan poin 1339 band yang berasal dari anak muda Oku Selatan, dilanjut posisi kedua Pangudi luhur dengan poin 1315 band ini berasal dari Sukaraja Buay Madang Kabupaten Oku timur

Terpilihnya keduanya band di katakan irfan ” kedua band ini Andromeda band dan Pangudi luhur sesuai kriteria penilaian penampilan lebih rapi, unik ada poin tambahan yaitu mereka menampilkan alat seperti gendang cukup menghibur’.

Tambahnya “kedua band tersebut juga ‘Pure’ (dibaca,pi-ur=murni)) saat tampil dengan variasi music yang berbeda arensmen dan teknik saat membawakan setiap lagu yang mereka bawakan.

Saat dikonfirmasi seusai manggung selaku vocalis Franciska “bangga lolos, motivasi kami di babak selanjutnya untuk lebih baik lagi’

Ditanya jika tampilannya sudah maksimal dengan membawakan lagu Hanya ingin kau tau milik Band Republik. Franciska menuturkan bahwa sudah menjadi kebiasaan dan fakemnya bermusik itu adalah menghibur, “Iya mas setiap penampilan kita harus maksimal yang jelas bermain musik tujuannya menghibur jadi harus bisa memberikan hiburan bagi penonton”,  sambil tersenyum ia katakan. (Hendra)

Berita Terbaru

hari kesaktian pancasila peringatan kesaktian pancasila selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha

Jendela Sastra