Dengan Batik Corak Jumputan ‘Gambo’, Apriza Maju Pada Pesona Batik Nusantara

  • Bagikan
dengan corak batik jumputan gambi gesahkita

Sekayu, gesahkita.com-Belum banyak dikenal orang Produk unggulan kain khas Kabupaten Musi Banyuasin ‘Gambo’ (Getah Gambir) yang akan ditampilkan dalam ajang bergengsi Pesona Batik Nusantara Internasional 2020.

Sebagai salah satu penghasil getah gambir atau orang Sekayu sebut getah gambo kini Pemkab Muba sedang menggiatkan jenis tanaman ini yang dimana jika keseharian biasanya digunakan nenek nenek atau ibu ibu buat campuran ‘Nginang’ yakni dikenal sebagai kegemaran lama diyakini sebagai penjaga kesehatan dan penjaga aroma mulut dan ‘odor’ aroma tubuh.

Ada juga yang meyakini dengan ‘Nginang’ maka gigi menjadi tetap utuh hingga usia diatas 70 tahun.

Daerah Sekayu semenjak dahulu dikenal sebagai salah satu daerah penghasil Gambir di Sumsel dan sebagian masyarakat tetap mempertahankan untuk tetap menanam gambir dan mengelolah nya sendiri, lalu dipasarkan hingga seluruh nusantara.

Dan berkembang zaman berkembang teknologi ternyata getah gambir itu sangat baik dikembangkan sebagai zat pewarnah pakaian dan bahan pembuat corak pakaian. Keunggulan produk kain dengan memakai gambo ini antara lain, kecerahan warna, kelembutan permukaan jika disentuh, tahan lama sehingga menghasilkan kwalitas yang pantas untuk ditonjolkan ke ajang ajang bergengsi dunia.

Baca Juga :  Gubernur Herman Deru Meletakan Batu Pertama Pembangunan RSUD lbnu Sutowo.

Uraian diatas mungkin bisa membuat Anda akan lebih terkagum lagi jika kita melihat sosok Pemuda asal Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang bernama lengkap Muhammad Apriza akan mewakili Kabupaten Muba pada event Pesona Batik Nusantara.

Dijelaskanya, Selain negara Indonesia akan diikuti juga oleh peserta dari negara Singapura dan Malaysia, dan akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 6 – 8 Maret 2020.

Dikatakan Apriza, bahwa dirinya terpilih mewakili Kabupaten Muba pada ajang Pesona Batik Nusantara Internasional 2020 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata Indonesia, dengan membawakan batik corak jumputan Gambo asli Muba.

“Untuk masyarakat seluruh Indonesia terkhusus Kabupaten Muba, saya mohon dukungnya untuk saya di malam grand final Pesona Batik Nusantara Internasional 2020,”ucapnya.

Lanjutnya, “adapun cara memberi dukungannya yaitu melalui SMS dengan cara, Ketik LSS (spasi) C#APRIZA kirim ke 99386, hanya 2000/sms dan SMS ditutup tanggal 8 maret 2020. Ingat 1 sms dari kalian sangat berarti untuk saya,”pungkasnya.(apri/arjeli)

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan