News  

Sat Binmas Oku Selatan Siap Terima Laporan Saber Pungli

pose bareng Satbinmas Polres dengan MTS Oku selatan Usai sosialisasi saber pungli
pose bareng Satbinmas Polres dengan MTS Oku selatan Usai sosialisasi saber pungli

Muaradua, gesahkita.com–Guna mensosialisasikan kegiatan Sapu Bersih Pungutan Liar ( Saber Pungli )Polres OKU Selatan melalui Sat Binmas melakukan kegiatan Sosialisasi di MTs Negeri 1 OKU Selatan. Tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut guna memberikan gambaran tentang dasar hukum yang masuk dalam ranah Satgas Saber Pungli. Senin (24/02/2020).

 

Bripka Edy Yusman selaku Kanit Polmas Oku Selatan saat ditemui mengatakan bahwa Pungli atau Pungutan Liar menjadi suatu perkara yang menjadi perhatian pemerintah Republik Indonesia yang menargetkan tidak lagi ada kegiatan Pungli di berbagai sektor kehidupan masyarakat, selain meresahkan masyarakat juga dapat mengganggu stabilitas ekonomi baik di tingkat bawah ataupun atas nantinya.

 

Kegiatan tersebut sebagai bentuk pencegahan, pemberantasan pungutan liar (pungli) yang di atur dalam Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2016 dan memberikan himbauan tentang pelayanan publik dalam UU No. 25 Tahun 2009.

 

“Petugas melalui Sat Binmas memberikan himbauan kepada guru dan staf tata usaha untuk tidak melakukan pungli dan penyalahgunaan wewenang jabatan yang dapat meresahkan masyarakat” Ujar Edy.

 

“Kami menghimbau dan mengingatkan kepada guru dan staf tata usaha agar tidak melakukan kesalahan yang menjurus pungutan liar dikarenakan hal tersebut sangat meresahkan masyarakat, yang dimana pungutan tersebut ilegal jika ada pungli di madrasah ini akan kami tindak. Apabila ada menemukan penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang jabatan, agar segera melapor anggota Sat Binmas OKU Selatan” himbaunya.

 

Sat Binmas Oku Selatan tidak menampik jika pungutan liar tersebut terdapat di banyak tempat/sektor juga termasuk di sekolah/madrasah Banyak yang terjadi seperti itu, pungutannya bermacam-macam nominal tidak menentu, bagi masyarakat yang mengalami pungli segera melapor ke pihak yang berwajib.

 

Sementara itu Kepala MTs N 1 OKU Selatan, Yusuf Yahya Rosidin S.Pd menyambut baik kegiatan sosialisasi saber pungli hari ini.” Pungutan liar itu tindakan yang dilarang oleh pemerintah dengan ketentuan undang-undang, pungli tersebut menjadi cikal bakal tindak pidana korupsi jadi untuk guru, staf tata usaha juga termasuk semuanya untuk tidak melakukan pungli jika kedepannya ada yang melakukan hal tersebut silahkan tindak dengan tegas, kegiatan sosialisasi ini juga mengedukasikan kepada siswa madrasah tentang pungutan liar”. Pungkas Yusuf. (henafri/tim)

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

hari santri nasinonal

Tinggalkan Balasan