Agama  

Popo Ali: MTQ Sangat Vital Membangun Mental Spiritual Akhlak Bangsa..!

*Popo Ajak Merefleksi, Berzikir dan Tafakur Membangun Akhlak dan Peradaban

Muaradua, gesahkita.com--Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. hadir dan membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IX Kabupaten OKU Selatan Tahun 2020, Selasa (03/03/2020).

Bertempat di Masjid Agung Al Muhtadin Muaradua, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir,SP.,M.Si. Ketua DPRD OKU Selatan, Kapolres OKU Selatan, Kakan Kemenag, Para Asisten, Para Staf Ahli, Inspektur, Para Kepala OPD, Para Camat dan Undangan Lainnya.

Dalam laporan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan Taslim, S.E. selaku Ketua Panitia, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini yakni guna penyeleksian calon Khalifah Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Prabumulih pada akhir Maret Tahun 2020.

 

Peserta MTQ merupakan Kafilah terbaik urusan masing-masing Kecamatan Se Kabupaten OKU Selatan hasil dari seleksi tingkat Kecamatan dengan empat cabang yang dilombakan, yakni Cabang Tilawah Al-Qur’an (Putra Putri) yang terdiri dari Golongan Tartil,

 

Golongan Anak-anak, Golongan Remaja, Golongan Dewasa. Cabang Hifzil Qur’an (Putra Putri) 1 Juz dan Tilawah, Cabang Fahmil Qur’an Golongan Tsanawiyah/SMP atau Aliyah/SMA, dan Cabang Syahril Qur’an Golongan Tsanawiyah/SMP atau Aliyah/SMU.

Kegiatan MTQ ke IX Tingkat Kabupaten OKU Selatan ini dilaksanakan dari tanggal 03 sampai dengan 07 Maret 2020, yang dilaksanakan di Masjid Agung Al Muhtadin. Pelaksanaan sendiri dimulai pada selasa malam dan menampilkan Cabang Tilawah Qur’an Golongan Dewasa dan akan berakhir sekaligus penutupan pada hari sabtu.

 

Dalam kesempatan ini Bupati OKU Selatan melantik langsung 25 Panitia Pelaksana Kegiatan dan Dewan Hakim MTQ Ke IX Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2020, berdasarkan Surat Keputusan Bupati OKU Selatan Nomor 95/KPTS/III/2020.

saat saat pelantikan Panitia dan Juri MTQ IX dilakukan Bupati Oku Selatan

Dalam sambutannya Bupati OKU Selatan menyampaikan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an mempunyai posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mental spiritual akhlak bangsa. Al-Quran merupakan sumber pengetahuan serta mengandung nilai-nilai kehidupan yang mengajarkan tentang mana yang benar dan mana yang salah, nama yang baik dan mana yang buruk, mana yang sejati dan mana yang palsu.

“Melalui perhelatan MTQ tingkat Kabupaten OKU Selatan di Bumi Serasan Seandanan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merefleksi, berzikir dan bertafakur untuk membangun akhlak dan peradaban”, ajaknya.

Dalam kesempatan ini juga Bupati mengingatkan bahwa kegiatan ini bukan hanya seremonial kegiatan saja, namun harus ber musabaqah (berlomba) menunjukan kualitas yang terbaik, bukan hanya dalam arena MTQ tetapi juga berlomba dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi yang terbaik, akhlaknya dan implementasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam membangun masyarakat OKU Selatan yang religius.

Selanjutnya dilakukan Penyerahan Piala Bergilir secara simbolis kepada Camat Banding Agung oleh Bupati OKU Selatan.(kardimin ba)

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

hari santri nasinonal

Tinggalkan Balasan