Tentang Gotong Royong, Sifat Penolong Sosok Ketua RT 37 Perum Purnawira Asri Sukajadi

  • Bagikan
Pak Yanto, Babinsa Sukajadi dan Ketua RW
Pak Yanto, Babinsa Sukajadi dan Ketua RW 14 Sukajadi

Banyuasin, gesahkita.com--Gotong royong merupakan istilah dipakai masyarakat Indonesia ketika bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari kata gotong yang berarti “bekerja” dan royong yang berarti “bersama”.  Bersama dengan musyawarah, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, serta kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar filsafat Indonesia.

Budaya ini tumbuh semenjak zaman nenek moyang leluhur bangsa Indonesia seluruh nusantara. Pada Zaman sekarang, kebiasaan ini masih tetap tumbuh dan berkembang bukan hanya di pedesaan di perkotaan juga tetap dipertahankan baik itu dalam diri individu maupun perkelompok masyarakat, sebab dasar keinginanan itu yaitu sebenarnya sifat penolong dalam diri individu  yang sudah tertanam ke pada pribadi pribadi manusia yang melekat semanjak lahir.

Ketua RT.037, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, Adki Ariyanto Nasop (62) tampak tak pernah lelah menghidupkan kembali budaya leluhurnya itu dilingkungan Perumahan Griya Purnawira Asri Sukajadi.

Ada ada saja ide kreatif Bapak 2 anak ini yang bikin warganya terenyuh untuk ikut melibatkan diri ke kegiatan yang ia motori di kampung perumahan itu. Mulai bersih bersih lapangan Bola Valley, samping tempat Ibadah, pengecatan tanda jalan dan pembatas jalan dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Menyibak Proses Digitalisasi Koleksi Perpustakaan Unsri Indralaya

“ Ya Pak RT baru satu tahun pansiun dan menjabat ketua RT juga baru satu tahun”,  ujar Silok salah satu warga nya Pak Yanto, sapaan akrab Ketua RT nya itu yang sempat ditanyai gesahkita.com, Rabu, (03/03) lalu.

Menurut Silok warga pada senang dengan Pak Yanto yang sangat perduli dengan warga nya, selain memang dia suka menolong jika ada hal berhubungan dengan fasilitas warga Pak RT juga selalu mendahului warganya.

 

“Terkadang, sambung Silok, “Tanpa pengumuman tau tau warga sudah ramai”, bebernya. “Jadi terkadang tidak enak sendiri melihat Pak RT gotong royong sendiri”, ungkapnya.

Silok Warga Rt 37 Peeum Griya Purnawira Asri Sukajadi

Pak Yanto mungkin berjodoh untuk menempati Perumahan Purnawira Asri itu secara namanya sebuah perumahan sederhana di kelurahan Sukajadi rata rata keluarga purnawirawan akan tetapi Pensiunan Polisi berpangkat Sersan Satu (Sertu) ini masih tetap memiliki ruang untuk berbakti kepada masyarakat.

Baca Juga :  Herman Deru Sundul Bupati Wali Kota Tuk Perhatikan Guru

Pria kelahiran Desa Pedamaran ini ternyata terlahir dari seorang Nasop, yang dijelaskan Silok merupakan anggota Polisi juga turun sifat baiknya itu ke Pak Yanto.

 

“Ya menurut sebagian warga yang dulu mengenal dan bersahabat dengan Pak Nasop alhamrhum juga anggota Polisi yang dikenal banyak kalangan pada masa nya”, jelas Silok. “Pak Nasop kala itu, banyak yang segan karena suka menolong ketika sanak handai taulan datang meminta bantuan, maka ia selalu bantu”, ujar nya.

Silok Warga Rt 37 sujadi

Selepas Asyar hingga menjelang Magrib, Kamis,  kemarin, (04/03) hadir bersama warga  Babinsa Sukajadi Hermansyah beserta Ketua RW.014 John pada kegiatan warga RT 037 melakukan pengecatan Pembatas jalan utama, Perumahan Griya Purnawira Asri Sukajadi, suasan terasa begitu akrab.

 

Selaku Ketua RW John Heri merasa bangga memilik tim nya yaitu Pak RT Yanto yang bagi nya menjadi inspirasi semua. “Secara kekuasaan saya lebih luas bawahan warga saya”, canda John.

Baca Juga :  SMP Muhammadyah Teluk Kijing Laksanakan Gerakan Pramuka 2019

 

“Karena piawainya dalam ambil hati warga, sambung John, “saya minta maaf menyerah”, ucapnya.

Dari awal Pak RT Yanto tak banyak bicara dan menolak memberi keterangan dan tetap saja memolesi markah jalan itu dengan kuas yang masih melekat di tangan kanan nya. Ungkapan canda Pak RW John itu membuat dia tersudut untuk menimpali canda sahabat sekaligus atasan nya itu dalam struktur organisasi tata prana pemerintah tingakt paling dasar ini, seraya berujar, “ Inti nya itu kesadaran saja, jika warga mau ikut ya Alhamdullillah”, timpal nya.

 

“Sebagai warga negara yang baik, saya berniat membangkitkan sifat penolong ini kepada warga”, Ungkap Pak Yanto. “ Saya sudah pansiun jadi ini lah ladang amal saya sebagai ketua RT yang melayani warga”, pungkasnya. (apri)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan