Kok Bisa.! Trending di Google, Oku Selatan Bertahan Zona Hijau

  • Bagikan

MUARADUA, GESAHKITA.com- Sempat bertahan menjadi trending di google berita status zona hijau Oku Selatan yang digelar oleh gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten OKU Selatan

Hal itu merupakan press release terkait perkembangan Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan, Jumat (22/05)

Detailnya dilaporkan juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten OKU Selatan, Marlfis Abadi, SKM.,M.M untuk jumlah ODP di Kabupaten OKU Selatan per tanggal 22 Mei 2020 berjumlah 206 Orang, selesai pemantauan 202, dan 4 masih dalam pemantauan. Sedangkan untuk PDP di Kabupaten OKU Selatan berjumlah 6 orang, dan 6 selesai pengawasan. PDP terakhir selesai pengawasan inisial CA 28 Tahun warga Sukarame Kecamatan BPRRT dengan hasil negatif.

Dia juga menjelaskan terkait warga Desa Pagar Dewa Kecamatan Warkuk Ranau Selatan yang merupakan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Ahmad Yani Metro Lampung.

Jubir menjelaskan riwayat pengobatan pasien berinisial RH, yakni berobat ke RS Liwa pada 24-28 April 2020 dan masuk ICU sampai tanggal 05 Mei. Melihat tidak ada perubahan maka pasien RH dirujuk ke RS Mardi Waluyo Lampung pada 5 Mei sampai 8 Mei.

Baca Juga :  Baru Diumumkan Wartawan Ramai Daftar Kuliah S2 ke Bina Darma

“Pasien RH masih belum membaik,” sambungnya, ” dan dirujuk lagi ke RS Ahmad Yani Metro pada 8 Mei sampai 13 Mei 2020, dan pada 13 Mei pasien RH Meninggal Dunia. Berdasarkan hasil Tes Swab Pasien RH ini positif Covid-19,” terangnya.

“Tak ingin ada hal yang tak diinginkan, misalnya terjadi penularan, ” terang dia, ” Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten OKU Selatan bersama Dinas Kesehatan, dan atas koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa, kemarin bergerak langsung ke Kecamatan Warkuk Ranau Selatan,” bebernya.

Dengan melakukan Tracking, tambah nya, ” pihak covid 19 langsung door to door kepada keluarga yang kontak langsung dengan pasien RH,”sambung nya.

Maka Setelah memastikan data akurat, terdapat 20 orang yang memang benar-benar kontak langsung. Hari ini (jumat/22/05/2020) 20 orang tersebut langsung diambil sampel untuk tes Swab dan selama 14 hari dilakukan isolasi mandiri yang dipantau langsung oleh Tim Kesehatan Puskesmas kecamatan dibantu warga, dan Pemerintah Desa serta Kecamatan.

Tim Covid-19 Kabupaten OKU Selatan, melalui Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten OKU Selatan telah menghimbau kepada Camat, Kepala Desa dan 4 Puskesmas di wilayah Ranau Raya untuk mengedukasi warga agar tidak berobat ke area Lampung Barat dan Sekitarnya.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Kapolres Banyuasin Pimpin Apel Operasi Patuh Musi 2020

“Dan diupayakan agar berobat ke RSUD Muaradua, hal ini dilakukan mengingat kondisi di wilayah tersebut rawan penyebaran Covid-19.”

Jubir juga menjelaskan terkait 3 warga Ogan Ilir yang berada di Desa Gedung Lepihan, Tim Kesehatan Gugus Tugas telah melakukan Rapid Tes dengan hasil Negatif, dan saat ini telah dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari, dan dibantu warga dan Pemerintah Desa setempat untuk memantaunya.

Menyoal isu 3 warga dari OI merupakan pasien yang melarikan diri, hal ini tidaklah benar.m,” tegas Marlis.

Sekretaris Gugus Tugas OKU Selatan sendiri telah berkoordinasi dengan Kepala BPBD OI untuk memastikan apakah warga ini merupakan bagian dari 17 pasien dikarantina di Wisma Atlet.

“Ternyata, ” berdasarkan hasil koordinasi, warga tersebut bukan berstatus pasien yang sedang dikarantina,” urainya.

Sampai saat informasi ini diturunkan Kabupaten OKU Selatan masih dalam Zona Hijau. Kendati demikian ( Zona Hijau,) Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten OKU Selatan semaksimal mungkin terus melakukan pemeriksaan dan penyaringan di chek point perbatasan dengan sangat ketat,” jelasnya.

Baca Juga :  Danlantamal IV Dikunjungi Dirkeswat Kemhan, Pada Masa Pandemi Disebut Penting Perhatikan 3 M

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten OKU Selatan terus menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten OKU Selatan untuk selalu waspada dengan selalu memakai masker.

“Selain memakai masker, masyarakat juga dihimbau untuk tetap jaga jarak, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, tetap di rumah, makan makanan sehat dan olahraga agar imunitas tubuh kuat,” imbau nya.

Ia oun berharap, kepada seluruh masyarakat Kabupaten OKU Selatan mari bersama-sama mengikuti himbahan dan peraturan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, agar OKU Selatan ini selalu Zona Hijau. Tentunya dalam hal ini Pemerintah

Kabupaten OKU Selatan secara maksimal dan komitmen selalu melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan.

Press Release yang digelar di Guest House Pemkab OKU Selatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris Gugus Tugas Dony Agusta, SKM.,M.M. turut hadir Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Covid-19 OKU Selatan Marlis Abadi, SKM.,M.M. Kepala Dinas Kesehatan dr. Mery Astuti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Firman Bastari, S.STP.,M.Si. dan Para Rekan Media di Kabupaten OKU Selatan. (Henafri)

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan