Warga dan Pemdes Desa Talang Ipuh Bahu Membahu Tangkal Penyebaran Covid 19

  • Bagikan

BANYUASIN, GESAHKITA com-Tim relawan Covid 19 Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, semakin memperketat pintu masuk di jalan utama Desa Talang Ipuh, guna memutus rantai penyebaran Virus Covid 19.

Media ini melihat, Selasa (26/05) sejumlah masyarakat Desa Talang Ipuh yang tergabung dalam petugas relawan desa siaga covid-19 aktif memonitor dan mendata orang dari luar Desa Talang Ipuh yang akan memasuki pintu masuk Desa Talang Ipuh.

kendaraan orang dari luar Desa Talang Ipuh yang melintas di berhentikan oleh tieam relawan desa siaga Covid – 19 dan ditanya dari mana dan mua kemana. Kemudian di data, dicek suhu badannya, disuruh cuci tangan serta kendaraannya di semprot dengan cairan disinfektan.

“Semua yang dilakukan oleh tim relawan desa siaga Covud – 19 jangan sampai ada orang potensi terdampak corona tiba-tiba masuk ke Desa Talang Ipuh. Bukan untuk menghambat, tetapi menjaga masyarakat desa dari corona,” kata Kades Talang Ipuh Ardina.

Baca Juga :  Mahasiswa Jatim Beri Khofifah Rapor Merah Dalam Pemberlakuan PSBB

Petugas pos jaga, ia menjelaskan, harus mendata warga yang keluar dan masuk Desa Talang Ipuh, termasuk tamu dan perantau yang kembali ke desa, serta memasukkan mereka dalam daftar orang dalam pantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) berdasarkan kondisi mereka.

Kades Ardina mengatakan mereka (para relawan, red) harus menyampaikan data tersebut kepada tim kesehatan di tingkat Kabupaten. “Warga desa sendiri juga harus didata. Siapa, kemana perginya. Mereka harus diperiksa dengan alat-alat yang disiapkan,” dia menyampaikan.

Tak ingin warga terpapar Kades pun mengambil langkah tegas, Warga Desa Talang Ipuh yang bekerja atau belajar di daerah terdampak Covid -19 saat pulang ke kampung juga harus menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

”Jadi bagi para perantau yang pulang kampung kami imbau untuk menjalani karantina mandiri di rumah,”jngkapnya

Sementara itu, Ketua BPD Desa Talang Ipuh Eta Ismanto mengemukakan, aktivitas bersama dengan tim relawan di Posko desa Siaga Covid – 19 yakni melakukan pengawasan bagi warga pendatang maupun yang akan melakukan perjalanan ke daerah lain.

Baca Juga :  Ronaldo Devinci Talesa: Orang Tua Kontrol Anak Supaya Tidak Terjerumus

Ia pun menerangkan akan rangkaian aktivitas pihak nya lakukan di check point desa ini mulai dari dilakukannya scan Suhu Tubuh bagi setiap pendatang dan mencatat kondisi kesehatan, mengimbau warga menggunakan masker, cuci tangan dan juga penyemprotan disinfektan setiap kendaraan yang masuk di Desa Talang Ipuh,” Eta membeber kan.

Senada dengan Hanna Juliani, AM.Keb selaku Bidan Desa Talang Ipuh yang juga tim relawan desa siaga Covid – 19 menyebutkan, saat ini ada empat orang warga Desa Talang Ipuh yang ODP (Orang Dalam Pantauan).” Ke empat orang tersebut yakni AS, J, F dan C,” kata dia.

Dijelaskan Henni, ke empat orang ini kontak langsung dengan N warga dari Desa Sri Kembang Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.”Dari informasi N ini rumahnya berdekatan dengan warga Desa Sri Kembang yang beberapa hari yang lalu telah meninggal dunia yang di makamkan secara protokol. Dan N ini main ke tempat bapaknya yang tinggal di Talang Ipuh, tutur dia.

Baca Juga :  Sektor Pertanian, Kehutanan Dan Perikanan Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Selatan

Lebih lanjut Henni mengungkapkan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan, ke empat orang ini harus isolasi mandiri di rumah dan di pantau dalam 14 hari.

“Sejauh ini mereka belum menunjukan gejala. Andai kata nanti mereka menunjukan gejala kita akan menghubugi Gugus tugas percepatan penanganan Covid – 19 Kabupaten,” tandasnya.(indera)

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan