Fakta Ilmu Perpustakaan Yang belum Banyak Orang Ketahui..

Yuandita Armelia

PALEMBANG, GESAHKITA com-

Salam kenal semua, semoga visitor di laman gesahkita.com  ini dalam keadaan baik baik saja..

Bicara soal perpustakaan gak asing kan ketelinga kita? Selain itu salah satu yang kita gak boleh lupa dan mengabaikan nya bahwa sebenarnya perpustakaan itu termasuk juga pada rana intelektualitas, sebab disitu banyak ilmu dan pengetahuan serta informasi tentunya semua itu dibuat atau dibukukan melalui proses berfikir dan riset ya tentu saja oleh para penulis dan ahli dibidangnya selalu bergelut dengan ilmu dan kompotensinya masing masing pula.

Maka sesuai judul  sebelum ngelanjut cerita soal fakta dibalik perpustakaan rasa perlu juga melihat definisi dan uraian Jurusan ilmu perpustakaan ini.

Nah kata para ahlinya dan dosen yang ngebimbing kita di kelas Jurusan Ilmu Perpustakaan itu adalah satu-satunya program studi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja professional dalam bidang pengelola perpustakaan yang menjadikan perpustakaan  sebagai objek kajiannya.

Selain itu, tujuan dari program studi Ilmu Perpustakaan itu adalah menghasilkan lulusan yang berkemampuan menganalisis fenomena bidang ilmu perpustakaan yang kreatif dan inovatif, dan berpengetahuan luas serta memahami teknologi yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Gimana keren tidak?

Belum lagi ni yah buat kamu kamu yang belum faham apa sih menariknya akan prodi ilmu perpustakaan ini? Nah dibawah ini aku mau cerita singkat aja biar kamu gak ketinggalan faham gitu..

Prodi ilmu perpustakaan bukan cuma soal buku dan perpustakaan saja loh.

Ada lagi faktanya sebagian orang mengenal perpustakaan sebagai gedung yang berisi banyak buku, berdebu dan membosankan, nah hal ini yang perlu diluruskan, lagian kejam banget sih ya buat pernyataan kayak gitu.

Nah mumpung kita kita ni yah yang istilah nya punya tanggung jawab moral akan paradigma miring terkait tempat gudang nya ilmu itu, karena kita kita ini jika enggak ada aral bakal jadi sarjana loh untuk ilmu ini, hihi jadi gak enak..

Kita lanjut ya gaes..

Jika ditanya peruntukan, perpustakaan itu punya fungsi jauh lebih luas ni ya..

Sebab mencakup arsip, dokumen, serta buku-buku dengan nomor registrasi penerbitan resmi.

Nah semua fungsi ini lah yang dipelajari oleh mahasiswa ilmu perpustakaan.!

Jadi salah dong ya jika menuduh prodi ini gak ada lebihnya, karena jelas belajar nya tidak melulu tentang perpustakaan saja bahkan mata kuliahnya sangat luas sekali seperti teknologi informasi, manajemen data, hingga pengelolaan arsip. Menarik kan?

Prodi ilmu perpustakaan cocok buat kamu yang punya karakter teliti dan kritis. Prodi ini cocok sekali buat kamu yang punya karakter tekun dan teliti.

Yang pasti saat berurusan dengan pengelolaan data pasti membutuhkan ketelitian tinggi. Mahasiswa ilmu perpustakaan juga dituntut teliti dan kritis saat mengelompokkan arsip agar lebih rapi tapi tetap mudah untuk dicari atau diakses.

Kalau sudah lulus bisa melamar kerja dimana?

Foto suasana di perpustakaan adab dan humaniora

“Kalau sudah lulus nanti kerjanya jadi tukang jaga perpustakaan ya?”

Pasti sudah jadi pertanyaan banyak orang, apalagi kalian yang baru masuk di jurusan ilmu perpustakaan pasti merasa kalian salah masuk jurusan kan?

Wawasan yang masih minim tentang ilmu perpustakaan membuat masih banyak orang meragukan peluang kerja lulusannya.

Padahal sarjana ilmu perpustakaan punya kompetensi yang baik selain jadi pustakawan, bisa menjadi staf administrasi, sekretaris dan banyak lagi, Hemm..

O ya, belum tahu juga mungkin? Bahkan gedung arsip milik negara dan museum-museum juga membutuhkan keahlian pustakawan untuk mengelola data  ya gaes..

Nah gimana nih, masih ragu dengan prodi ilmu perpustakaan?

Oleh:

Yuandita Armelia

Prodi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang.

Penyunting : Irfan

Publisher  : Leo