Pentingnya Perpustakaan Online di Tengah Pandemi Covid 19

Rizki Andini, Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, UIN Raden Fatah Palembang

PALEMBANG , GESAHKITA com — Saat ini, yang mana Negara kita Indonesia sedang mengalami yang namanya krisis kesehatan yang pada akhirnya menganggu segala aspek kegiatan bukan hanya dari segi ekonomi, sosial, pendidikan dan juga perpustakaan.

banner 17 agustus, Dirgahayu Republik Indonesia, Indonesia Merdeka

Karena sejak wabah virus ini menyebar di seluruh wilayah bagian Indonesia segala bentuk kegiatan dihentikan sementara termasuk dalam proses pembelajaran, dimulai dari diliburkannya sekolah dan juga kegiatan perkuliahan yang berubah menjadi secara online atau daring.

Karena dampak inilah akhirnya perpustakaan civitas akademika memiliki peran penting untuk dapat dan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh setiap pencari informasi baik untuk memenuhi tugas kuliah ataupun tugas akhir mahasiswa yang mana untuk pembuatan tugas tersebut mahasiswa memerlukan berbagai macam referensi untuk membantu menyelesaikan tugas yang ada.

rizki andini, shabat rizki andini, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, Humaniora UIN Raden Fatah Palembang

Meskipun perpustakaan jenis dan di mana pun itu, mungkin saat ini tidak lagi membuka pintunya untuk memberikan layanan, khususnya peminjaman dan pengembalian koleksi. Untuk perpustakaan perguruan tinggi, sedikit beruntung, karena beberapa koleksi perpustakaan dapat diakses secara via online, seperti ebooks dan ejournals.

Baca Juga :  Tips To Learn Faster, Deeper and Better

Yang mana koleksi-koleksi yang ada padamu perpustakaan dapat diakses dan dibaca ataupun diunduh dengan mudah kapan pun dan dimana pun sehingga meskipun terjadi pandemi covid 19 seperti saat ini tidak akan menganggu kerja dari perpustakaan untuk dapat membantu segala kebutuhan informasi mahasiswa nya maupun pencari infomasi lainnya.

Tapi bagaimana dengan perpustakaan-perpustakaan yang ada di sekolah. Tutupnya sekolah maka tutup pula perpustakaannya. Semakin lengkaplah penderitaan selama physical distancing yang dialami oleh guru-guru di sekolah. Terkhusus bagi para guru yang tidak dapat memanfaatkan media teknologi informasi saat ini.

So guys, mahasiswa lebih sedikit beruntung karena adanya layanan perpustakaan online untuk menunjang informasi yang kita butuhkan di era pandemi covid 19 ini.(*)

Oleh : Riski Andini (Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang);

banner idul adha dprd okus
banner idul adha, akbp zulkarnain
banner idul adha, akbp danny
banner idul adha, ronaldo, davinci