Walhi Sumsel Beri Refleksi Kemerdekaan RI 75 Tahun

  • Whatsapp
Direktur Walhi Sumsel, M Khoirul Sobri

PALEMBANG, GESAHKITA com–Refleksi hari kemerdekaan dapat dilihat dari kondisi lingkungan hidup hari ini. Usia kemerdekaan Indonesia sudah 75 tahun, namun sayangnya definisi kemerdekaan masih tergambar dengan model penjajahan baru.

Setiap tahun konflik agraria di berbagai sektor terus terjadi. Perampasan ruang lewat usaha perkebunan skala besar, pertambangan, infrastruktur, perampasan tanah pesisir dan pulau-pulau kecil yang secara jelas menggusur ruang hidup rakyat diikuti dengan adanya kekerasan juga kriminalisasi terhadap rakyat yang mempertahankan hak nya.

Bacaan Lainnya

Kerusakan lingkungan hidup menjadi dampak buruk yang harus ditanggung generasi yang akan datang. Hal tersebut akan diperparah jika disahkan rancangan Omnibus Law oleh Pemerintah.

Pemerintah harus percaya bahwa pengelolaaan sumber daya alam yang dikelola rakyat mampu mengedepankan kepentingan lingkungan hidup, bahkan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Perjuangan masih panjang, hidup rakyat yang merdeka! Hidup petani yang merdeka! Hidup pelajar yang merdeka! Hidup perempuan yang merdeka! Hidup buruh yang merdeka!

Sumber Walhi Sumsel

Laporan Goik

Pos terkait

pempek palembang, jual pempek palembang