Cara menjaga kesehatan organ intim wanita

  • Bagikan
ilustrasi jaga organ intim (credited 123rf)

GESAHKITA com – Organ yang satu ini bagi sebagian orang kadang menganggap hal tabu untuk dibicarakan, namun jika dibiarkan akan berakibat repot.

Vagina organ intim yang sangat penting bagi wanita. Maka dari itu kesehatan vagina harus dijaga oleh setiap wanita.

Memelihara kesehatan vagina dapat menghindarkan Anda dari infeksi, jamur dan juga bakteri penyebab bau yang tidak sedap pada vagina anda. Berikut 5 tips  terhimpun mengenai Tips Menjaga Kesehatan organ intim perempuan.

1. Jangan dicuci dengan sabun

Anda mungkin  menggunakan sabun untuk mencuci organ intim anda karena anda merasa tidak percaya diri dengan bau vagina Anda. Padahal didalam sabun terkandung bahan kimia yang dapat merusak stabilitas pH vagina. Karenanya, lebih baik anda mencucinya dengan air bersih saja atau air daun sirih.

2. Jangan menggunakan parfum

Mungkin anda berfikir bahwa parfum dapat meningkatkan keharuman vagina anda. Akan tetapi pada realitanya parfum mengandung alkohol yang dapat juga mempengaruhi keseimbangan pH di area kewanitaan anda.

3. Tetaplah higienis saat menstruasi

Baca Juga :  8 Penyakit Ini Rentan di Musim Kemarau

Darah kotor yang keluar tatkala menstruasi dapat membawa bakteri dan kuman yang berbahaya bagi vagina anda. Gantilah pembalut per 3-4 jam untuk menjaga agar vagina anda tetap bersih dan higienis

4. Gunakan celana dalam katun

Pada dasarnya, vagina terletak di daerah yang tersembunyi, terhimpit, dan rentan sekali terjadi kelembaban seperti yang sering terjadi di ketiak kita.

Ketika lembab, vagina anda akan memiliki peluang besar untuk diserang jamur yang menyebabkan vagina anda menjadi bau. Karenanya, pakailah celana dalam katun yang mudah menyerap keringat dan menjaga vagina anda dari kelembaban.

5. Pakailah pakaian yang longgar

Senada dengan mengenakan celana dalam katun, memakai pakaian longgar juga merupakan antisipasi vagina anda dari kelembaban.

Pakaian yang ketat akan menyebabkan vagina menjadi lembap. Akibatnya jamur dan bakteri pun akan mudah tumbuh. Selain itu pakaian ketat juga akan menyebabkan infeksi dan ruam.

Baca Juga :  Jenis Penyakit Akibat Kabut Asap, Sesak Nafas Salah Satu Nya

Demikianlah Tips menjaga kesehatan organ intim wanita yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua.(RED)

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan