‘World Clean Up Day’, Suarakan Sampah Warga Sungsang Banyuasin II

BerandaSumselBanyuasin‘World Clean Up Day’, Suarakan Sampah Warga Sungsang Banyuasin II

Published:

“AKSI CLEAN UP DAY DAN PILAH SAMPAH DARI RUMAH”

BANYUASIN, GESAHKITA COM-World Clean Up Day  Indonesia (WCDI) merupakan aksi bersih-bersih serentak yang dilaksankaan pada satu hari di seluruh Dunia, yang pertama kali di selenggarakan di tahun 2018.

Indonesia merupakan salah satu negara yang terlibat dalam WCD dan menorehkan sejarah dengan menjadi pemimpin Cleanup terbesar di dunia selama 2 tahun berturut-turut yaitu 2018-2019.

Pada tahun 2020, Cleanup Day yang akan dilaksanakan serempak di tanggal 19 September 2020 turut diikuti oleh berbagai relawan di penjuru tanah air dengan aksi pemilahan sampah di mulai dari rumah hingga pembersihan serempak. Dilaksanakan sejak tanggal 12-19 September 2020 oleh berbagai relawan di penjuru dunia.

Hal tersebut diungkap Salinan selaku Camat Banyuasin II kepada Media ini yang menurutnya, warga Sungsang juga selalu monitor agenda tersebut bahkan juga sudah membuat beberapa agenda tersendiri secara domestik dan parsial serta masif bagaimana persoalan sampah di wilayah Sungsang sempat menjadi momok, Kamis, (17/09)

“Alhamdullilah kita warga di Sungsang yang telah berkomitmen untuk andil serta berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan pengelolaan sampah,” Kata Camat Salinan. “ Terkait WCD terbut, terang dia, “kita pun akan turut memeriahkan kegiatan ini dengan serangkaian aksi, “ ucapnya.

Memilah, Menabung dan Membersihkan  Sampah Di sekitar Rumah Kita

Dijelaskannya, aksi bersama ini akan melibatkan partisipasi masyarakat dari seluruh desa di kawasan Sungsang, yaitu Desa Marga Sungsang, Sungsang I, Sungsang II, Sungsang III dan Sungsang IV serta Desa – Desa lainnya dalam Kecamatan Banyuasin II.

Ada pun tujuannya, kata Salinan, bergerakan bersama memilah sampah organik dan an-organik dari rumah dan menjaring nasabah Bank Sampah Sungsang Bersih untuk menabung sampah.

“Warga menjadi sangat akrab dengan sampah, bahkan menjadi kebiasaan bahwa sampah memang menjadi momolk, akan tetapi disini samopah bisa menjadi ladang investasi keluarga,” bebernya.

Betapa tidak, selain memang kampanye dan edukasi sampah pihaknya juga sudah membuat wacana bahwa kegiatan ini juga diharapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh sekolah di Sungsang dan sekolah di Kecamatan Banyuasin II, untuk menabung sampah di Sekolah.

Rangakain kegiatan Terkait World Clean Up Day

Lebih lanjut dijelaskan Camat Banyuasin II ini, bahwa agenda untuk para warganya, yakni memilah sampah dari rumah yaitu sampah organik dan an-organik, dimulai sejak 17-19 September 2020.

“Jadi para warga kita ajak menabung Sampah non-organik  berupa sampah plastic yang sudah di pilah, Botol Plastik, Gelas Plastik dan lain sebagainya ke Bank Sampah Sungsang Bersih. Pada tangal 18-19 September 2020,” katanya saat ditanya seperti apa Bank Sampah yang dimasud serta cara penerapannya ke warga.

“setiap sampah yang disetor di bank, ia melanjutkan,” sampah tersebut akan dicatat dalam buku tabungan bank sampah dan setiap kelipatan 5 kg sampah plastik akan diberikan satu kupon yang akan diikutkan dalam pengundian dengan hadiah utama SEPEDA MOTOR pada bulan Desember 2020,” papar dia.

“Pada rangkaian selanjutnya, sambungnya,” yaitu dengan membersihkan Sampah di sekitar rumah kita masing masing, seraya menyebut, bahwa hal ini dilakukan serempak oleh masing-masing Lorong atau RT di setiap desa di tanggal 19 September 2020,” ia menambahkan.

Aksi bersama ini akan diselenggarakan serempak di  Desa Marga Sungsang, Sungsang I, Sungsang II, Sungsang III dan Sungsang IV untuk menyatakan komitmen ‘WARGA SUNGSANG’ turut melestarikan lingkungan dengan mengelola sampahnya dari rumah dan sebagai dukungan bagi Sungsang menjadi DESA WISATA yang BERSIH, AMAN DAN BERBUDAYA.

Berikut Diumumkan Aksi Bersama CLEAN UP DAY akan diselenggarakan:

Hari/Tanggal : Sabtu, 19 September 2020

Lokasi : Kecamatan – Dermaga Sungsang

Waktu : Pkl. 07:00-11:00 WIB

Diharapkan seluruh peserta/relawan berpakaian santai membawa alat kebersihan berupa karung, sapu, sarung tangan dan memakai masker.

POSKO INFORMASI DAN MENABUNG SAMPAH AKAN DISEDIAKAN DI KANTOR KECAMATAN BANYUASIN II SELAMA JAM KERJA PK. 09:00 – 17:00 WIB MULAI TGL 18-19 SEPTEMBER 2020.

KONTAK PERSON : ARPAN TAUSIN, S.Sos. 085382729639, HAMKA, 08982120731

Laporan Goik

 

Berita Terbaru

selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha

Jendela Sastra