BPD Bersama Pemdes Sukaraja Gelar Musdes, Sejumlah Indikator Disebut Maksimalkan Kinerja

  • Whatsapp
Suasana Musdes Sukaraja Banyuasin

BANYUASIN, GESAHKITA COMBadan Permusyawaratan Desa (BPD) Sukaraja bersama Pemerintah Desa (Pemdes). Menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2021. Yang bertempat di kantor desa Suka raja kecamatan Suak Tapeh kabupaten Banyuasin. Kamis (24/09/2020)

Dalam kegiatan musdes RKP-Desa tersebut didasarkan oleh Peraturan menteri desa (Permendes) PDTT Nomor 16 Tahun 2019. Tentang Musyawarah Desa.

Bacaan Lainnya

Tujuan dari kegiatan musdes tersebut adalah agar penyusunan dan perencanaan desa yang lebih baik dalam menentukan pokok-pokok kebijakan untuk pembangunan di tahun anggaran 2021 yang akan datang. Dalam Kegiatan musdes diawali dengan pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Tahun 2020-2025. Dan menjadi gagasan, usulan dusun yang tertuang dalam RPJM, ini menjadi acuan penyusunan RKP-Desa Sukaraja Tahun 2021

Beni Feterson selaku Ketua BPD menyampaikan kepihak Pemdes Sukaraja, supaya usulan atau aspirasi di prioritaskan agar untuk kemajuan bersama untuk desa sukaraja. Saya juga menghimbau agar warga masyarakat selalu menjaga kondusifitas agar tercipta keamanan dan tetap hati-hati menjaga diri agar terhindar dari virus carona (Covid-19) karena virus ini belum berakhir sampai saat ini.

“Jaga keamanan untuk kebersamaan, menjelang Pilkades nanti, agar tercipta demokrasi yang sejuk dan aman. Sehingga nantinya akan lahir pemimpin yang baik dan benar-benar amanah.” Ucap dia.

Sementara, Solimin Kades Sukaraja,.Menyampaikan laporan realisasi RKP-Desa Tahun 2019 dan prioritas pembangunan, yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2021.

Ia mengatakan bahwasanya, di tengah pandemi Covid-19 ini pembangunan yang tadinya telah direncanakan terpaksa harus ditunda karena dampak virus tersebut dana dialihkan untuk penanggulangan dan penanganan Covid -19.

Kades Solimin melanjutkan perkataannya, berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes), Pemerintah Desa diwajibkan dan harus menggelar Rapat Kordinasi tentang pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2021.

“Saya bersama Pemdes berusaha keras untuk merealisasikan rencana dan program kerja demi kemajuan Desa Sukaraja dan kesejahteraan warga, usulan-usulan di prioritas dan segera di realisasikan, namun sejauh ini kalau tidak ada kendalan Covid-19,” ungkap dia.

Pada dasarnya Rapat kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2021 mulai disusun oleh Pemerintah Desa di bulan Juli lalu tahun 2020. Namun dampak dari kondisi sekarang yang ada permasalahan pandemi Covid-19, maka RKP Desa untuk tahun 2021 baru bisa di gelar hari ini di bulan September 2020 oleh Pemerintah Desa Sukaraja, Untuk Penetapan RKP Desa paling lambat akhir bulan September 2020, karena RKP Desa menjadi dasar penetapan APBDes.

Kata Kades Solimin, ada Indikator penyusunan RKP Desa yang berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 Tahun 2014. Meliputi penyusunan perencanaan pembangunan desa melalui musyawarah desa, pembentukan tim penyusun RKP Desa. Pencermatan Pagu Indikatif Desa dan Penyelarasan Program atau Kegiatan Masuk ke Desa, Pencermatan Ulang RPJMDes dan penyususnan rancangan RKPDes. Dan penyusunan RKPDes melalui Musyawarah Desa dan dan penetapan RKPDes.

Indikator tersebut merupakan hal-hal yang bisa membuat perencanaan kerja pemerintah Desa bisa maksimal,” ucapnya.

Kades Solimin mengungkapkan, bahwa RKP-Des harus sesuai dengan visi-misi pemdes yang tertuang dalam RPJM. “Saya mengingatkan pembangunan di desa harus memenuhi prinsip-prinsip yang beristilah ‘POAC’ yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Controlling,” tukasnya.(indera).

Pos terkait

pempek palembang, jual pempek palembang

Tinggalkan Balasan