Danramil 430-04/Talang Kelapa Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional

  • Whatsapp
Suasana peringatan hari santri di di pondok pesantren innayatullah Desa Gaseng Kecamatan Talang Kelapa, tampak Danramil 430-04/Talang Kelapa Kapt Inf Panca Agung menghadiri acara tsb bersama sama dengan unsur Muspida Banyuasin dan Muspicam Talang Kelapa

BANYUASIN, GESAHKITA COM—Danramil 430-04/Talang Kelapa Kapt Inf Panca Agung menghadiri  peringatan hari Santri Nasional  bertempat di  pondok pesantren innayatullah Desa Gaseng Kecamatan Talang  Kelapa, Kamis,  (22/10/ 2020) pagi.

Turut hadir pada  perinhgatan Hari santri nasional itu Wakil Bupati BA H. Slamet Soemantono, SH, Asisten 1 setda kab banyuasin, kepala kantor kemenag banyuasin,  Danramil Talang Kelapa Kapt Inf Panca , Camat Talang kelapa Arifin Nasution, para kepala OPD Pemkab Banyuasin,  Pemimpin Pondok Pesatren Innayatullah dan para ustad dan ustaza.

Bacaan Lainnya

Acara ini pun diawali dengan secara Khitmat pengibaran bendera merah putih setelah itu mengheningkan cipta. Kemudian juga diisi dengan kata  sambutan panitia juga sambutan dari kementerian agama RI dalam hal ini dibacakan oleh  Wabup Banyuasin, H. Slamet Soemantono, SH Pada akhirnya juga acara tersebut diakhiri dengan Doa.

Dalam pengamatan media ini acara tersebut tetap mematuhi protocol kesehatan, sebab panitia dalam hal ini menyediakan tempat cuci tangan, ditempatkan petugas mengecek suhu tubuh tamu yang datang, memberlakukan wajib masker serta susunan kursi yang berjarak.

Dalam amanatnya  menteri agama Republik Indonesia, Fachrul Razi yang dibacakan oleh Wabup Banyuasin, H. Slamet Soemantono, SH mengatakan  serta ajakn untuk mensyukuri bahwa  hari Santri Nasional diperingati tiap tanggal 22 Oktober hal itu melalui keputusan Presiden Nomor No 22 TAHUN 2015 Tentang Hari santri.

Disampaikan Menteri agama juga dalam pidato nya itu, Hari Santri memiliki Undang Undang Nomor 18 TH 2018. Menurut nya, Undang Undang ini memeiliki afirmasi, rekognisi dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan pendidikan, fungsi Dakwah dan fungsi pemberdayaan Masyarakat.

Masih kata Menteri Agama, Fachrul Razi dalam mandatnya itu, disebutnya agar UU Pesantren tersebut lebih implementatif (mudah diterapkan), Kementerian agama memiliki mandate untuk mempersiapkan regulasi turunan termasuk tentang pendanaan penyelenggara pesantren.

Pada bagian lain dalam pidato menteri agama yang dibacakan Pakde Selamet ini juga menyebut tema yang diusung  yakni, “SANTRI SEHAT INDONESIA KUAT”.

Dengan mengusung tema ini bahwa Menteri Agama dalam hal ini berkeyakinan bahwa santri memiliki kekhasan yaitu dengan entitas yang tak diragukan para Santri akan mampu keluar dari keadaan yang menjadi fakta dunia akan pandemic covid 19 ini.

Akhirnya Menteri Agama mengucapakan  selamat dan mucapan terimakasih kepada seluruh santri di Indonesia pada hari santri Nasional 2020 ini.

“Terimakasih  kepada Seluruh Santri Indonesia atas peran dan kontribusi kepada Umat, Bangsa dan Negara,” tutup  Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam mandat yang dibacakan Wakil Bupati Banyuasin,  H. Slamet Soemantono SH.(indera)

 

Pos terkait

pempek palembang, jual pempek palembang

Tinggalkan Balasan