Penyebar Foto Calon Bupati Musi Rawas, Dilaporkan Ke Polda Sumsel

146
tim kuasa Hukum Hj Ratna Machmud

LUBUKLINGGAU, GESAHKITA COM—Sebelumnya diberitakan akan murkanya kerabat calon Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud mendapati Bocor Foto dari CCTV RSMH Palembang, buntut dari situ Tim Kuasa hukum calon Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud, mendatangi Mapolda SUMSEL pada Kamis (29/10/2020).

Kedatangan mereka ini guna melaporkan oknum yang menyebarkan foto calon Bupati Musi Rawas yang tengah dirawat di RSMH Palembang.

“ Informasi yang kami terima bahwa terduga pelaku ini melibatkan internal karyawan di RS Mohammad Husein Palembang,” ujar Gusmani SH. MHum.

Menurutnya oknum tersebut tidak boleh mendistribusikan foto itu ke pihak lain, atau menyebarkan luaskan, sesuai UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Dijelaskannya dalam pasal tersebut, setiap orang berhak atas rahasia kondisi kesehatan pribadinya yang telah dikemukakan kepada penyelenggara pelayanan kesehatan.

“ Apalagi foto pasien yang sedang diruang perawatan, terlebih beliau adalah salah seorang calon bupati, tentu punya privasi terkait kondisi kesehatannya,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, menyebar foto klien kami yang sedang dalam proses perawatan dan pemulihan adalah salah satu bentuk tindak pidana,” tegas Gurmani.(Ril/herman)