Ungkap Potensi dan Pembangunan Daerah  Dodi Canangkan, “Satu Desa Satu Jurnalis Satu Youtuber”

  • Bagikan
pose bersama peserta pelatihan jurnalis desa di kecamatan bayung lincir, Muba

Jurnalis-Youtuber Desa di Muba Siap Publikasi Kemajuan Daerah

SEKAYU, GESAHKITA COM— Sebanyak 21 peserta jurnalis desa yang berasal dari perwakilan desa di Kecamatan Bayung Lencir, mengikuti pelatihan jurnalistik dan youtuber di Kantor Kecamatan Bayung Lencir, Kamis (5/11/20).

Hal tersebut dilaksanakan sebagai implementasi program yang dicanangkan yaitu Program Satu Jurnalis Satu Youtuber Satu Desa yang di inisiasi oleh Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, bahkan menjadi pilot project dalam membangun Desa se Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bertahap mulai dilaksanakan.

Dikatakan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, progam satu jurnalis satu desa ini sebagai wadah bagi putra-putri terbaik desa dalam menyampaikan informasi mengenai desa dan promosi desa. “Karena kebutuhan  mengenai informasi dewasa kini sangat tinggi pada era globalisasi yang ditutut keterbukaan informasi publik saat ini, “ kata Dodi.

Baca Juga :  Jaga Karakter Peradaban Yang “Borderless” Lahir AYSI Dengan “9 Khidmad”

Ditambahkannya, melalui pelatihan jurnalis desa ini  Pemkab Muba ingin mengajak putri-putri terbaik di desa untuk turut membangun Kabupaten Muba dengan kerja nyata.

“Salah satunya dengan memberikan informasi positif yang ada pada desa masing-masing lewat pemberitaan yang sesuai etika jurnalistik,”kata Bupati Muba Dodi Reza Alex.

Selain itu, Dodi juga melihat, selama ini desa mempunyai banyak pemberitaan positif dalam mendukung program pembanguann pemerintah, selain itu banyak desa-desa di Muba memiliki potensi seperti wisata serta adat dan tradisi. “Oleh karena itu, saya mengajak putra-putri desa untuk bergabung menjadi jurnalis desa dalam membangun desa,” imbuhnya.

Bupati Muba ini pun berharap, jurnalis desa setelah mengikuti pelatihan dapat memberikan sajian informasi berita positif melalui website desa dan sosial media saat ini.

“Saya apresiasi Kecamatan Bayung Lencir yang menjadi Pilot Project dilaksanakan jurnalis desa, kedepan kecamatan yang lain harus mengikuti jejak serupa,”tandasnya.

Baca Juga :  Universitas Bina Darma memenangkan Hibah Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Tahun 2021

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Herryandi Sinulingga AP menjelaskan bahwa Program 1 jurnalis dan 1 youtuber 1 desa adalah program yang wajib kita jalankan sebagaimana tuntutan di era keterbukaan  informasi publik saat ini.

“Dan kami mengucapkan terimakasih kepada Camat Bayung Lencir yang telah menjalankan program baik ini dan kita juga berharap para peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan ini khususnya di kecamatan Bayung Lencir dapat memanfaatkan serta mengaplikasikannya serta pemerintah desa bisa memfasilitasi mereka mereka ini untuk mengaktifkan website desa dan mengaktifkan soaial media  baik IG facebook dan sosmed lainnya sebagai wadah informasi dan komunikasi Pemerintahan desa khususnya menyajikan potensi serta informasi postif tentang desa masing-masing,” ungkap Sinulingga.

Sementara itu, Camat Bayung Lencir, M Imron SSos MSi, menambahkan pelatihan jurnalis desa yang dilakukan ini merupkan inisiasi Bupati Muba. Pemateri sendiri disampaikan langsung oleh Wartawan Senior yang bertugas di Kabupaten Muba, praktisi media dari Sumsel, dan Youtuber asal Palembang.

Baca Juga :  Perpusdes Bukit Jaya Muba Juara Nasional, Pinta Dodi Jaga Minat Baca Anak

“Saya harapkan teman-teman yang hadir disini  dapat mengaktifkan kembali website dan medsos desa, jadi 21 desa ini ada semua jurnalis desa. Setelah pelatihan ini diharapkan bisa terus diaplikasikan di desanya masing-masing. Mari kita bangun desa dengan berita,” tandasnya.(bayu)

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan