Jenis Tanaman Sayur Cocok Ditanam di Musim hujan

  • Whatsapp
Daun Bawang Dalam Polybag

PALEMBANG, GESAHKITA COM–Bagi kamu yang sudah memulai bertanaman dengan halaman sempit atau di media tanam di pekarangan rumah pastinya sangat hapal betul bagaimana memelihara tanaman yang tumbuh di atas pot atau polybag yang diisi media tanam sekam, sedikit tanah plus arang dan lain sebagainya bisa dinamai kompos. Ada lagi yang menggunakan media tanam berupa air saja  yang biasa di sebut Hidroponik.

Apapu media nya saat kita menanam, kita terkadang jarang memperhatikan tanaman itu cocok nya di musim panas atau di musim penghujan. Tidak ada yang salah sebenarnya tanpa memperhatikan itu, terkadang saja jika diperhatikan dengan seksama masing masing tanaman itu memiliki kelemahan dan kelebihan dalam beradaptasi.

Bacaan Lainnya

Guna membantu adaptasi serta tanaman itu tidak lelah beradaptasi berhadapan pada musim tertentu entah itu panas atau hujan, maka dibawah ini kita rangkum tanaman sayuran yang akan cocok di musim hujan. Kenapa harus sayuran? Karena selain bisa jadi hiasan halaman rumah Anda dan juga sebagai sumber sayur kebutuhan Anda sehari hari.

  1. Daun bawang

Daun bawang tumbuh optimal dengan curah hujan berkisar 1.500-2.000 mm/tahun sehingga cocok ditanam saat musim hujan. Suhu tumbuh tanaman bawang 18-25 derajat celsius dengan tingkat keasaman tanah pH 6.5-7.5.

Daun bawang dapat ditanam di pekarangan rumah ataupun di dalam polybag dengan media tanam tanah, kompos, dan arang 2:1:1.

  1. Sayur bayam

Bercocok tanam sayur bayam juga dapat dilakukan di musim hujan. Pekarangan rumah pun dapat dimanfaatkan sebagai tempat tumbuhnya. Sebelum menanam bayam, buatlah bedengan dengan tanah yang gembur.

Bagi kamu yang ingin bercocok tanam di pekarangan rumah, bedengan bisa dibuat dengan cara menumpuk bata berkeliling membentuk persegi (seperti membuat kolam), kemudian isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang (1 : 1), dan pastikan kondisinya gembur. Atau bisa pula di pot atau polybag berdiameter 30 cm.

  1. Sawi putih

Sama seperti selada, sawi putih juga baik ditanam di akhir musim hujan karena sawi putih tidak boleh diberi air yang berlebihan.

Saat awal tanam sawi membutuhkan air yang banyak. Namun untuk fase selanjutnya, sawi akan cepat membusuk jika diberi banyak air, sehingga akhir musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menanam lada putih.

Suhu yang tepat untuk tanaman sawi putih sekitar 19-20 derajat celcius dengan kelembapan udara 80{d16028d1ae91105ee2af888528e4abba9e896c46ed4da329dd7684c3747e71fa}.

  1. Sayur kangkung

Sayur kangkung merupakan sayur yang digemari banyak orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadikannya masakan yang enak, mulai dari direbus saja hingga ditumis.

Sayur kangkung sangat tepat ditanam di musim hujan karena setelah penanaman, sayur kangkung membutuhkan banyak air, sehingga tidak perlu lagi melakukan pengairan atau penyiraman seperti saat menanam di musim kemarau.

Untuk media tanamnya juga tidak sulit, kangkung dapat di tanam di halaman rumah atau dapat juga di tanam dalam polybag.

Saat ingin memasak sayur ini, kamu dapat dengan mudah memanennya dari pekarangan rumahmu.

  1. Sayur genjer

Sayur genjer cocok di tanam di tanah berair seperti sawah atau rawa. Sayur ini memiliki rasa yang enak saat ditumis atau pun sebagai sayur pelengkap pecel.

Untuk bercocok tanamsayuran ini, cukup cari bibit genjer yang tumbuh liar di alam. Anakan genjer dapat ditanam di lahan sawah dengan jarak 20-30 cm dan berikan pengairan yang cukup.

Karena cocok di lahan yang basah, genjer juga cocok ditanam di musim hujan. Kamu tidak perlu khawatir air irigasi surut akibat kemarau.

  1. Sayur bayam

Bercocok tanam sayur bayam juga dapat dilakukan di musim hujan. Pekarangan rumah pun dapat dimanfaatkan sebagai tempat tumbuhnya. Sebelum menanam bayam, buatlah bedengan dengan tanah yang gembur.

Bagi kamu yang ingin bercocok tanam di pekarangan rumah, bedengan bisa dibuat dengan cara menumpuk bata berkeliling membentuk persegi (seperti membuat kolam), kemudian isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang (1 : 1), dan pastikan kondisinya gembur. Atau bisa pula di pot atau polybag berdiameter 30 cm.

  1. Selada

Selada biasanya dikonsumsi sebagai pelengkap pada berbagai masakan seperti pada burger atau yang paling sering dijumpai sebagai lalapan pada pecel ayam atau pecel lele. Selada tumbuh baik di dataran tinggi, suhu 15-20 derajat celcius, pH tanah antara 5-6.5.

Selada sebenarnya mudah busuk jika diberi banyak air. Sehingga untuk penanaman waktu yang baik adalah di akhir musim hujan.

8. Seledri

Seledri tidak membutuhkan banyak air dan rentan busuk jika terkena hujan. Untuk mengatasi hal ini, waktu yang tepat menanam seledri yaitu di akhir musim hujan dan ditanam di polybag.

Saat masuk musim kemarau, akar tanaman seledri telah tumbuh kuat dan tidak gampang tercabut.

Sebegitu saja jenis tanaman yang bisa kita sampaikan kali ini yang cocok ditanam di musim hujan beserta sedikit uraian nya. Semoga bermanfaat dan mau coba? Jangan nunggu lama lama.!(*)

*Tim GESAH Tananam

Pos terkait

ucapan selamat pelantikan bupati okus dari isyanaucapan selamat pelantikan bupati okus dari eva ucapan selamat pelantikan bupati okus dari natalionucapan selamat pelantikan bupati okus dari rahmatucapan selamat pelantikan bupati okus dari firdaus ucapan selamat pelantikan bupati okus dari linkuli ucapan selamat pelantikan bupati okus pelantikan bupati okus selamat hari press nasional pempek palembang, jual pempek palembang

Tinggalkan Balasan