Gak Ada Yang Ditutup Tutupi, Resep Cuko Pempek Bunda Ratu, Blak Blakan Dibuka Dibawah ini… !!!

  • Bagikan

PALEMBANG, GESAHKITA COM–Bagi ‘wong Kito’ ungkapan lama, “Becuko Dak Becuko Tengah Duo”, maksud nya Makan Pempek mau sama cuko nya apa nggak harga nya tetap sama tetap Rp 150 rupiah per buah nya.

Memang ada harga pempek segitu? Jawab nya iya,  tapi itu puluhan tahun silam sekitar tahun 80 an menuju tahun 90 an. Kendati itu, bincang kita kali tidak menyoal harga pempek dalam konteks tersebut. Ini lebih ke kwalitas cuko yang selalu menemani pempek disaat kita menikmati makanan Khas Palembang satu ini.

Cuko selalu identik dengan kental dan encer atau sedang sedang saja. Faktanya, banyak penyuka pempek membuat patokan bahwa yang enak itu ya cuko nya yang kental. Tapi itu selera saja sebenarnya. Karena secara tampilannya saja tanpa harus mencicipi kental atau encer bisa diliat.

Sebab itu, ketika disajikan secara terpisah di dalam botol,  kita bisa menuangkan ke dalam mangkuk sesuka hati. Nah pada saat cuko dituang ke dalam mangkok kentara sekali gerakan liquid encer atau kental nya itu, laju jatuh nya itu kental apa encer ke media mangkok kita itu.

Baca Juga :  Eksotisme Wisata di Kupang Patut Kamu Nikmati

Selain itu ketika dirasa pun ada ada saja yang menjadi ciri khas rasa. Selain  aromah, juga jika kita ingat ingat masing masing bumbu racikan bahan pembuat cuko ini sebenarnya saling berpadu,  entah itu yang menonjol aromah bawang putih kah, aromah cabai rawit atau pun aromah gula merah berpadu dengan asam jawa? Serta macam lagi tergantung ciri khas cuko mau dibuat seperti apa.

Bicara rasa, rasa asam jawa dan asin racikan apik dengan sangat bersesuaian kombinasi pedas plus sedikit manis khas gula merah. Pas diujung lidah pedas nya tidak terlalu menyengat ke langit langit mulut kita sehingga menggugah kita saat menikmati ingin rasa nya kita menghirup lagi dan lagi enggan rasa nya berhenti.

Gak Ada Yang Ditutup – Tutupi,  Resep Cuko Pempek Bunda Ratu blak – blakan Dibuka Dibawah ini… !!!

Lebih jauh menyoal cuko ini, tim kuliner kita sudah dapat referensi dari juru racik cuko Pempek Bunda Ratu yang beralamat di KM 5 Palembang  dengan membagi tips serta cara membuat Cuko Khas Pempek Palembang Enak Cucok dengan selera Anda sekalian.

Baca Juga :  Konser Tembang 'Sungsangku Bersih' Dapat Sambutan Seiring Gelorah Wisata Masyarakat Sungsang

Dengan ihklas juga dibagi ke kita semua bagaiamana cara membuat nya hingga bahan bahan apa saja beserta takaran dan ukuran serta jumlah yang harus kita siapkan.

Pertama tama yang harus disiapkan :

A). 3 ons cabai rawit, B). 2 ons bawang putih, C). 80 gram garam, D).50 grm gula pasir, F). 5 sendok makan gula Jawa,  dan G). 3 kg gula merah,

bahan bahan harus disiapkan dalam membuat Cuko Khas Pempek Bunda Ratu

Tahapan Tahapan:

1). Blender cabai rawit bersama bawang putih, dan tambahakan air secukup nya, blender hingga halus, tuangkan ke dalam wadah, tambahkan garam, tambahkan gula, tambahkan asam jawa, aduk semua bahan hingga rata.

2).Diamkan semalaman dalam freezer atau kulkas, hal itu disebut istilah nya diperem dengan tujuan agar masing masig rasa menyatu.

3). Didihkan 3 Liter air dan masukan gula merah.

4). Masukan bahan yang sudah diblender (yang disimpan Dalam Freezer semalaman itu) ke dalam panci yang sedang didihkan tersebut, tunggu beberapa saat hingga benar benar merata air plus bahan tersebut.

Baca Juga :  Tips to Prepare Before Triping Abroad

5) Kemudian, Cuko Pempek Kental Enak Ala Bunda Ratu Siap Disajikan.

aduk hingga rata

Nah bagaimana sudah jelas kan? Sekedar informasi Pempek Khas Palembang Pempek Bunda Ratu ini berlokasi di Jalan Letnan Murod No. 948 Talang Ratu KM 5 Palembang (Talang Ratu). Bisa menghubungi WhatsApp di 0821 1111 2005 atau DM Instagram @pempek.bundaratu. Semoga bermanfaat salam.(*)

Teks : GESAHKITA Kuliner

Editor : Arjeli Sy Jr

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan