hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Masker Dobel Diyakini Lebih Efektif Lindungi Penularan Covid 19, Juru Bicara Bilang Begini..!

JAKARTA, GESAHKITA COM–Banyak yang menyangka agar lebih efektif  terlindungi dari virus Corona COVID-19, menggunakan masker dobel diyakini sebagai langkah perlindungan yang efektif dari risiko penularan.

Sebagai fakta masker dobel tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena bisa mengganggu fungsi dari masker itu sendiri.  Prof Wiku Adisasmito selaku  Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memberi komomentar akan hal tersebut, masker medis tidak boleh digunakan secara dobel.

Sebab, menggunakan masker medis sekaligus dua tidak akan meningkatkan kemampuan filtrasi dari masker. Terutama, jika hidung dan mulut kamu tidak tertutup masker dengan baik.

“Jangan gabungkan 2 masker medis secara bersamaan sebab masker medis tidak dirancang untuk bisa digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan kemampuan filtrasi dan kesesuaian masker,” ujarnya dalam konferensi pers di akun YouTube BNPB Indonesia, Kamis (18/2/2021).

Selain menggunakan masker medis, jenis masker KN95 juga tidak disarankan lho untuk digunakan secara dobel. Baik itu dengan jenis masker yang sama atau berbeda sebagai lapisan pertama atau kedua.

Wiku menambahkan, untuk meningkatkan fungsi filtrasi masker, masker medis bisa digunakan dobel dengan masker kain. Hal ini disebutkan telah terbukti dalam penelitian.

“Kombinasi masker ganda memberikan perlindungan jauh lebih baik bagi pemakainya dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja, atau masker medis saja,” terangnya.

Selain itu, Wiku menegaskan, yang terpenting, untuk setiap orang wajib menggunakan masker untuk melindungi diri dan orang lain dari risiko penularan COVID-19.(red/Dt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *