Cara Alami Jaga Sirkulasi Darah Anda Tetap Sehat

BerandaLifestylekesehatanCara Alami Jaga Sirkulasi Darah Anda Tetap Sehat

Published:

JAKARTA, GESAHKITA COM—Ingin super sehat? Kemudian membuat darah Anda mengalir secara alami. Sirkulasi yang tepat memberikan nutrisi dan oksigen ke semua organ dan jaringan, membuatnya berfungsi dengan baik, dan membantu pembuangan limbah dari jaringan. Tapi jika sirkulasi mati, masalah bisa menyusul.

“Sirkulasi darah yang buruk dapat mengakibatkan perbaikan jaringan yang kurang optimal, karena penurunan ketersediaan nutrisi dan oksigen,” kata Kate Denniston, ND, seorang dokter naturopati berlisensi di klinik Kesehatan Integratif Los Angeles kutip gesahkita com dari laman wellnadhealth com.

“Dalam kasus terburuk, ini dapat mengakibatkan kerusakan sel saraf, pembuluh darah, kulit, dan organ lainnya.” Dengan kata lain, sirkulasi darah sangat penting.

Berbagai hal dapat mempengaruhi sirkulasi darah: kesehatan pembuluh darah, tekanan darah, fungsi tiroid, hidrasi, kesehatan jantung, olahraga, dan kekentalan darah. (Lebih lanjut tentang ini sebentar lagi.)

Dr. Denniston mencatat bahwa tanda-tanda sirkulasi darah yang buruk dapat mencakup nyeri kaki setelah berjalan, tangan dan kaki dingin, ujung jari putih, varises, penyembuhan luka yang lambat, mati rasa, kesemutan, bibir biru, dan kelelahan . Jika Anda mengalami salah satu dari tanda dan gejala ini, teruslah membaca tips yang disetujui dokter tentang cara meningkatkan sirkulasi darah secara alami.

(credited Shutterstock)
(credited Shutterstock)

Cara melancarkan peredaran darah secara alami

Pahami alasannya

Sebelum membuat perubahan gaya hidup apa pun untuk meningkatkan sirkulasi darah secara alami, penting untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasari aliran darah yang lambat. Sistem peredaran darah, yang mengontrol fungsi aliran darah, memiliki tiga komponen utama: arteri, vena, dan sistem limfatik. “Jika salah satu dari komponen ini mengalami gangguan, akibatnya sirkulasi darah menjadi buruk,” kata Alissa Brotman O’Neill, DO, ahli bedah vaskular bersertifikat ganda di Vein Specialist Centers. Langkah pertama adalah membedakan mana yang terpengaruh, yang berarti Anda harus mengunjungi dokter perawatan primer Anda untuk menentukan tindakan terbaik.

Gerakkan tubuhmu

Cara tercepat untuk meningkatkan sirkulasi darah adalah (kejutan!) dengan berolahraga . Anda akan mendapatkan darah yang bergerak segera, ditambah Anda akan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam jangka panjang. “Olahraga memungkinkan katup vena untuk memompa darah ke atas kembali ke jantung dan menjaga sirkulasi tetap berjalan,” kata Dr. Denniston. “Ini juga mendorong pertumbuhan pembentukan pembuluh darah baru ketika pembuluh darah saat ini memiliki penyumbatan dari pembentukan plak.” Latihannya juga tidak harus intens. Bahkan hanya berjalan-jalan akan membantu.

(credited Agefotostock)
(credited Agefotostock)

Makan produk berwarna-warni

Makanan yang penuh warna dapat membantu sirkulasi, berkat flavonoid—sekelompok fitonutrien yang bertanggung jawab untuk memberi warna cerah pada tanaman. Lebih khusus lagi, cobalah makan anthocyanin, kelompok flavonoid yang kaya antioksidan yang membantu melindungi lapisan pembuluh darah. “Makan makanan kaya flavonoid seperti buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah memperkuat integritas dinding pembuluh darah dan meredakan peradangan yang dapat membahayakan lapisan pembuluh darah,” kata Dr. Denniston.

Lebih lanjut, dia menambahkan, “makanan seperti biji delima dan bit meningkatkan senyawa dalam darah yang disebut oksida nitrat, yang melebarkan pembuluh darah untuk memungkinkan lebih banyak aliran darah,” kata Dr. Denniston. “Nitric oxide dalam makanan ini juga membantu menjaga dinding pembuluh darah tetap sehat dan halus.” Isi Instacart Anda dengan makanan seperti beri, kubis ungu, dan ubi jalar ungu.

Kenakan stoking kompresi

Jika salah satu gejala dari sirkulasi darah yang buruk adalah varises, Dr. Brotman O’Neill merekomendasikan untuk memakai stoking kompresi. Namun, jika Anda tidak melihat peningkatan dengan memakainya, konsultasikan dengan dokter Anda.

Terus bergerak

Semakin Anda berdiri, semakin sedikit darah yang mengalir. “ Berdiri untuk waktu yang lama menyebabkan pengumpulan darah di kaki bagian bawah, yang menambah tekanan pada pembuluh darah kaki dan membahayakan integritas strukturalnya,” kata Dr. Denniston. “Berjalan memungkinkan katup vena untuk memompa darah ke atas kembali ke jantung dan menjaga sirkulasi tetap berjalan.” Begitu juga dengan duduk terlalu lama. Cobalah melakukan beberapa latihan kaki agar darah kembali mengalir.

Pertimbangkan herbal dan suplemen

Herbal dan rempah-rempah telah digunakan selama ratusan tahun untuk meningkatkan aliran darah, tetapi pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya. Dr Denniston merekomendasikan herbal seperti pegagan, ginkgo biloba, dan abu berduri serta rempah-rempah seperti jahe, cabai rawit, dan rosemary yang dapat digunakan dalam makanan atau teh. Khusus untuk varises, dia menyarankan herbal seperti kastanye kuda dan sapu daging.

Jika Anda ingin melengkapi diet Anda, Dr. Denniston merekomendasikan cabai rawit dan ginkgo biloba—keduanya stimulan peredaran darah.

“Cabai rawit membantu merangsang aliran darah dan ginkgo biloba meningkatkan sirkulasi dengan melebarkan pembuluh darah, memungkinkan lebih banyak darah mengalir melaluinya,” kata Dr. Denniston.

Satu lagi untuk dipikirkan? Hawthorn berry, karena membantu menormalkan tekanan darah dan fungsi jantung, mencegah pembentukan plak di arteri, dan meningkatkan integritas pembuluh darah.

Tahu kapan waktunya ke dokter

Meskipun ada cara untuk meningkatkan sirkulasi darah secara alami, tanda-tanda sudah waktunya ke dokter termasuk varises yang menyakitkan, edema (alias bengkak), nyeri kaki saat berjalan, dan luka kaki. Sakit dada? Bawa dirimu ke UGD, stat. Brotman O’Neill mengatakan penyakit pembuluh darah yang tidak diobati dapat datang dengan efek samping yang serius seperti serangan jantung, stroke, dan iskemia tungkai (atau penyumbatan parah pada arteri). Jadi mengalirkan darah itu, teman-teman. Tubuh Anda akan berterima kasih.(ind/ari)

 

 

Berita Terbaru

selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha

Jendela Sastra