Kebanggaan dan Harga Diri Bedanya Dimana?

BerandaBusinessKebanggaan dan Harga Diri Bedanya Dimana?

Published:

JAKARTA, GESAHKITA COM—Sepekan mengamati perkembangn Sosial baik berinteraksi langsung dengan sejawat mendengar keluh kesah atau ‘gesah gesah kecil’ tanpa disadari muncul tema menarik yang lazim menjadi bahan obrolan bahwa tema ringan bernilai ‘Harga Diri” (Self Esteem) dan juga Suatu Kebanggaan diri (Pride) juga masih memenuhi sebagai motif dasar berkembang di tengah pribadi pribadi yang kita temui saban hari.

Kedua tema tersebut sebenarnya makanan teman teman sejawat ketika semasa di kampus dalam diskusi analisa sastra tentang ketokohan dalam wacana cerita baik itu, dalam bentuk syair, drama, cerita pendek, novel bahkan sehabis nonton bioskop seusai kuliah membikin ramai selain hal hal lain yang bisa dibahas bareng teman.

Kedua tema tersebut beda beda tipis, cuman jika salah arti akan sulit mengkomunikasikan nya maka mungkin saja pembaca atau remaja milenial yang sedang mencari sebagai pengetahuan dasar saja maka ide merangkum dalam artikel mungkin saja berguna dan singkatnya simak di bawah ini.

Kebanggaan (Pride) dan harga diri (Self Esteem) adalah dua sifat yang sering saling berhubungan. Kebanggaan dapat didefinisikan sebagai kesenangan atau kepuasan yang diambil dalam pencapaian, kepemilikan, atau asosiasi.

Sementara Harga diri adalah kepercayaan dan kepuasan pada diri sendiri. Inilah perbedaan utama antara kebanggaan dan harga diri. Namun kedua konsep ini seringkali saling terkait karena seseorang akan selalu bangga dengan dirinya sendiri dan prestasinya jika ia memiliki harga diri yang tinggi.

Apa itu Kebanggaan?

Kebanggaan adalah kesenangan atau kepuasan yang timbul sebagai hasil dari prestasi seseorang, prestasi dari rekan dekat atau kualitas atau sifat yang dikagumi oleh orang lain. Kami merasa bangga ketika kami telah mencapai sesuatu yang hebat atau ketika seseorang yang dekat dengan kami telah mencapai kesuksesan. Kebanggaan juga bisa merujuk pada harga diri dan keinginan Anda untuk dihormati oleh orang lain. Ini adalah perasaan manusia yang sangat alami.

Namun, emosi ini dapat dilihat baik secara negatif maupun positif. Jika seorang individu merasa sangat tinggi dan bangga dengan suatu pencapaian dan merasa bahwa dia lebih unggul dari orang lain, kesombongan bekerja secara negatif. Ketika ini terjadi, individu tertentu mungkin tidak ingin berbicara dan bergaul dengan orang lain tetapi mungkin lebih suka menyendiri. Ketika kebanggaan diambil sebagai sifat positif, itu bertindak sebagai faktor motivasi. Jika seseorang bangga dengan penampilannya, dia mungkin selalu berusaha untuk meningkatkannya. Ketika seseorang benar-benar merasa bangga dengan keterampilan dan prestasinya, ini selalu mengarah pada kepercayaan diri juga. Seseorang bisa bangga dengan prestasi atau kesuksesan orang lain juga. Dengan demikian, kebanggaan dapat membuka jalan menuju kesuksesan.

Perbedaan Antara Kebanggaan dan Harga Diri

Apa itu Harga Diri?

Harga diri dapat didefinisikan sebagai kepercayaan pada kemampuan atau nilai diri sendiri. Dengan kata lain, itu adalah cara seseorang melihat dirinya sendiri dan betapa berharganya dia merasa. Ini terdiri dari keyakinan seseorang tentang diri sendiri dan sikap terhadap diri sendiri. Dalam psikologi , istilah harga diri digunakan untuk menggambarkan apakah orang menyukai dirinya sendiri atau tidak. Orang dengan harga diri tinggi berpikir bahwa mereka baik dalam hal-hal dan berharga sedangkan orang dengan harga diri rendah berpikir bahwa mereka buruk dan tidak berharga. Keadaan emosional yang berbeda seperti kebanggaan, rasa malu, putus asa, kemenangan semuanya terhubung dengan harga diri. Kadang-kadang juga terkait dengan kondisi seperti depresi , intimidasi , dan berbagai gangguan.

Psikolog biasanya menganggap harga diri sebagai ciri kepribadian yang bertahan lama, meskipun variasi jangka pendek dapat diamati dalam pandangan seseorang. Pengalaman dalam hidup seseorang dianggap sebagai sumber utama harga diri; dengan demikian, seseorang dapat memiliki harga diri yang tinggi atau rendah berdasarkan apa yang telah dia alami dalam hidup. Misalnya, seorang anak yang tumbuh di latar belakang pelecehan dan kekerasan mungkin memiliki masalah dengan harga diri yang rendah sedangkan seorang anak yang dibesarkan di rumah yang aman dan penuh kasih mungkin memiliki harga diri yang tinggi.

Kata Kunci perbedaan antara Kebanggaan dan Harga Diri

Kebanggaan vs Harga Diri

Kebanggaan adalah kesenangan atau kepuasan yang diambil dalam pencapaian, kepemilikan, atau asosiasi. Self Esteem (Harga diri)  adalah keyakinan akan nilai atau kemampuan diri sendiri.

Kualitas Negatif

Kesombongan yang berlebihan dianggap sebagai kesombongan atau kesombongan. Harga diri yang rendah dapat menimbulkan emosi seperti putus asa dan malu serta menimbulkan rasa malu.

Diri dan Orang Lain

Kebanggaan bisa dirasakan tentang orang lain.    Harga diri adalah bagaimana Anda memandang diri sendiri.

Hubungan antara Kebanggaan dan Harga Diri

Bangga dengan pencapaian Anda dapat membantu Anda membangun harga diri yang tinggi.  Jika Anda memiliki harga diri yang tinggi, Anda akan bangga dengan diri sendiri dan prestasi Anda.

Ringkasan – Kebanggaan vs Harga Diri

Kebanggaan dan harga diri adalah dua sifat yang sering kita kaitkan satu sama lain. Harga diri adalah cara kita melihat diri kita sendiri dan betapa berharganya kita menemukan diri kita sendiri. Kebanggaan adalah kesenangan dan kepuasan yang diperoleh dalam suatu pencapaian, kepemilikan, atau asosiasi. Inilah perbedaan antara kebanggaan dan harga diri.(**)

Team

Berita Terbaru

selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha

Jendela Sastra