selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan
Edu  

Kisah Tentang Harga Diri

JAKARTA, GESAHKITA COM—Anda tidak dapat menyentuhnya, tetapi itu memengaruhi perasaan Anda. Anda tidak dapat melihatnya, tetapi itu mungkin ada ketika Anda melihat diri Anda di cermin. Anda tidak dapat mendengarnya, tetapi itu ada ketika Anda berbicara tentang diri sendiri atau ketika Anda memikirkan diri sendiri. 

Apa hal penting tapi misterius ini? Itu harga diri Anda! Apa itu Harga Diri?

Harga diri dapat memainkan peran besar dalam perasaan Anda tentang diri sendiri dan juga seberapa besar Anda menikmati sesuatu atau mengkhawatirkan sesuatu.

Untuk memahami harga diri, ada baiknya jika istilah tersebut dipecah menjadi dua kata. Mari kita pertama kita lihat kata esteem atau harga  yang berarti bahwa seseorang atau sesuatu yang penting, khusus, atau berharga. Misalnya, jika Anda sangat mengagumi ayah teman Anda karena dia menjadi sukarelawan di pemadam kebakaran, itu berarti Anda sangat menghormatinya. Dan trofi khusus untuk pemain paling berharga dalam sebuah tim sering disebut trofi terhormat. Ini berarti piala itu melambangkan pencapaian penting.

Dan diri berarti, baiklah, dirimu sendiri! Jadi, gabungkan kedua kata itu dan lebih mudah untuk melihat apa itu harga diri. Ini seberapa besar Anda menghargai diri sendiri dan seberapa penting Anda menganggap diri Anda. Begitulah cara Anda melihat diri sendiri dan bagaimana perasaan Anda tentang hal-hal yang dapat Anda lakukan.

Harga diri bukan tentang menyombongkan diri, ini tentang mengetahui apa yang Anda kuasai dan tidak Anda kuasai. Banyak dari kita berpikir tentang seberapa besar kita menyukai orang lain atau sesuatu, tetapi tidak terlalu memikirkan apakah kita menyukai diri kita sendiri.

Ini bukan tentang berpikir Anda sempurna, karena tidak ada orang yang sempurna. Bahkan jika Anda berpikir beberapa anak lain pandai dalam segala hal, Anda dapat yakin bahwa mereka memiliki hal-hal yang mereka kuasai dan hal-hal yang sulit bagi mereka.

Hal yang paling penting untuk diketahui tentang harga diri adalah bahwa itu berarti melihat diri Anda secara positif yang realistis, yang berarti bahwa itu adalah kebenaran. Jadi, jika Anda tahu bahwa Anda sangat pandai bermain piano tetapi tidak bisa menggambar dengan baik, Anda masih bisa memiliki harga diri yang tinggi!

Mengapa Harga Diri Itu Penting

Harga diri tidak seperti sepasang sepatu kets keren yang benar-benar Anda inginkan tetapi bisa menunggu sampai ulang tahun Anda berikutnya untuk mendapatkannya. Semua anak memiliki harga diri, dan memiliki harga diri yang sehat atau positif sangat penting. Ini dapat membantu Anda mengangkat kepala dan merasa bangga pada diri sendiri dan apa yang dapat Anda lakukan, bahkan ketika segala sesuatunya tampaknya tidak berjalan dengan baik.

Harga diri memberi Anda keberanian untuk mencoba hal-hal baru dan kekuatan untuk percaya pada diri sendiri. Ini memungkinkan Anda menghargai diri sendiri, bahkan ketika Anda membuat kesalahan. Dan ketika Anda menghormati diri sendiri, orang dewasa dan anak-anak lain biasanya juga menghormati Anda.

Memiliki harga diri yang positif juga dapat membantu Anda belajar membuat pilihan yang sehat tentang pikiran dan tubuh Anda. Jika Anda merasa penting, kemungkinan kecil Anda akan mengikuti orang banyak jika teman Anda melakukan sesuatu yang salah atau berbahaya. Jika Anda memiliki harga diri yang positif, Anda tahu bahwa Anda cukup pintar untuk membuat keputusan sendiri. Anda menghargai keselamatan Anda, perasaan Anda, kesehatan Anda — seluruh diri Anda! Harga diri yang positif membantu Anda mengetahui bahwa setiap bagian dari diri Anda layak untuk dirawat dan dilindungi.(**)

Team

 

Leave a Reply