China, Brunei berjanji untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral, kerja sama

BerandaWorldAsiaChina, Brunei berjanji untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral, kerja sama

Published:

PHNOMPENH, GESAHKITA COM—Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu di sini Jumat dengan Menteri Luar Negeri Kedua Brunei Haji Erywan di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri tentang kerjasama Asia Timur.

Memperhatikan bahwa hubungan China-Brunei telah mempertahankan momentum pembangunan yang stabil, Wang mengatakan kedua negara selalu menghormati, memahami dan mendukung satu sama lain terlepas dari kondisi nasional dan sistem sosial mereka yang berbeda, dan kedua negara harus lebih mempromosikan perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

Wang mengatakan China siap mendukung Brunei untuk memastikan stabilitas sosial, mengembangkan ekonominya, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memainkan peran unik dan penting dalam urusan internasional dan regional. China akan mendorong perusahaan-perusahaannya untuk berinvestasi di Brunei untuk membantu negara itu meningkatkan kapasitas pembangunan mandiri dan mencapai pembangunan yang terdiversifikasi.

Sementara itu, Erywan mengatakan Brunei menghargai hubungannya dengan China dan berharap untuk memperdalam kerja sama praktis bilateral. Brunei berkomitmen pada prinsip satu-China, yang juga memiliki tingkat konsensus yang tinggi di antara negara-negara ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ).

Sebuah pernyataan bersama oleh para menteri luar negeri ASEAN dikeluarkan, dengan jelas menegaskan kembali prinsip satu-China, katanya.

Selama pembicaraan mereka, kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang masalah maritim dan berjanji untuk memajukan konsultasi tentang Kode Etik di Laut Cina Selatan.

China akan tetap berkomitmen untuk konsultasi yang setara dengan Brunei dan menangani masalah maritim dengan benar untuk hasil yang saling menguntungkan, kata Wang.

(Ilham)

Berita Terbaru

selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha

Jendela Sastra