Peran BPDAS dalam mencapai misi lingkungan hidup yang berkelanjutan

BerandaNewsPeran BPDAS dalam mencapai misi lingkungan hidup yang berkelanjutan

Published:

Peran BPDAS dalam mencapai misi lingkungan hidup yang berkelanjutan

PALEMBANG, GESAHKITA COM—Balai pengelolaan DAS lebih dikenal dengan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan. Padahal, rehabilitasi hutan dan lahan merupakan bagian dari kerangka umum pengelolaan DAS.

Secara deskriptif, Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) diartikan sebagai upaya manusia dalam mengatur hubungan timbal balik antara sumber daya alam dengan manusia di dalam DAS dan segala aktivitasnya, agar terwujud kelestarian dan keserasian ekosistem serta meningkatnya kemanfaatan sumberdaya alam bagi manusia secara berkelanjutan.

Dalam konteks pembangunan nasional, pengelolaan DAS mendukung agenda pembangunan yaitu membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim.

Foto Doc Peran BPDAS dalam mencapai misi lingkungan hidup yang berkelanjutan
Foto Doc Peran BPDAS dalam mencapai misi lingkungan hidup yang berkelanjutan

Agenda ini diarahkan dalam 3 proram prioritas yaitu peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan ketahanan bencana dan iklim, dan pembangunan rendah karbon.

Gambaran posisi kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan dibandingkan dengan program lainnya dalam pengelolaan DAS dapat dilihat dari pembagian dukungan aspek pengelolaan DAS dalam ketiga program prioritas tersebut.

Program prioritas ini saling mendukung dan mengisi satu dan lainnya, meliputi: peningkatan kesadaran para pihak terhadap lingkungan hidup, perlindungan sektor pesisir dan kelautan, perlindungan ketahanan air pada wilayah beresiko iklim, rehabilitasi hutan dan lahan, pengurangan laju deforestasi, serta inventarisasi dan rehabilitasi ekosistem pesisir dan kelautan.

Di wilayah kerja BPDASHL Musi, kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan masih menjadi primadona mengingat luasnya sasaran lahan kritis yang menjadi target nasional. Tercatat dari data Kementerian LHK luasan Lahan Kritis untuk wilayah Sumatera Selatan yaitu 733,756 hektar (SK. 306/MENLHK/PDASHL/DAS.0/7/2018). Namun, kegiatan lain yang tak kalah penting juga terus digulirkan untuk meraih misi mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Foto Doc Peran BPDAS dalam mencapai misi lingkungan hidup yang berkelanjutan
Foto Doc Peran BPDAS dalam mencapai misi lingkungan hidup yang berkelanjutan

Dengan terus menjalin sinergi dengan para pihak, sejalan dengan roadmap pemenuhan target capaian program prioritas nasional, kegiatan lain yang telah dilakukan diantaranya ialah pembangunan Kampung Ramah Air Hujan, partisipasi dalam upaya rehabilitasi eksosistem pesisir dan kelautan, partisipasi dalam penyelamatan ekosistem perairan darat meliputi danau dan mata air, serta berbagai upaya peningkatan kesadaran dan kapasitas para pihak dalam pengelolaan lingkungan.

Kesadaran akan pentingnya sinergi dalam kegiatan pembangunan, mendasari BPDASHL Musi untuk mengedepankan proses partisipatif dalam setiap proses perencanaan yang dilakukan dalam kerangka pengelolaan DAS. Proses ini diharapkan mampu mengoptimalkan peran dan kapasitasmasing-masing pihak dalam pencapaian tujuan.(ril/end)

Berita Terbaru

hari kesaktian pancasila peringatan kesaktian pancasila selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha selamat hari raya idul adha

Jendela Sastra