Bimtek Perencanaan Satuan Pendidikan Berbasis Data Digelar Dinas Pendidikan Oku Selatan

0 0

MUARADUA, GESAHKITA COM—-Dinas pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan menggelar kegiatan Kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan berbasis data dalam mendukung lingkungan belajar berkualitas di satuan Pendidikan Usia Dini (PAUD).

Acara berlangsung di Aula Dharma wanita Gedung Olah raga SDN03 Muaradua dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Oku Selatan ,Kepala Bidang Pembinaan Paud dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Oku selatan serta Para Kepala Paud Se K19 Kecamatan Kabupaten  Oku Selatan

Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan di isi Tri Handoyo ,S.kom,.MM dari BPMP Provinsi Sumatera Selatan ,Ibu Nina Anggraini,S.Pd dati TKN pembina Kecamatan Simpang.

Dalam paparan acara tersebut terungkap bahwa Bimbingan teknis perencanaan berbasis data dalam mendukung lingkungan belajar berkualitas di kabupaten oku selatan tahun 2022.

Dikatakan juga bahwa Perencanaan berbasis data (PBD) adalah perencanaan yang dilakukan oleh satuan pendidikan program pendidikan, lembaga pendidikan, maupun pemerintah daerah yang didasarkan pada data rapor pendidikan.

Lebih jauh dijelaskan juga, Perencanaan berbasis data bertujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan dalam hal ini perencanaan berbasis data menjadi sebuah elemen penting dalam mendukung lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD.

Lanjutnya, “Karena PBD mendukung poses berkelanjutan yang di bangun terus menerus dari kondisi sebenarnya sebuah satuan pendidikan menuju kondisi ideal dalam mengembangkan lingkungan belajar yang berkualitas di satuan paud, “kata narasumber.

Sementara itu kepal Dinas Pendikan Oku Selatan Beni Suhendro SH MM mengatakan bahwa Perencanaan program dan kegiatan pendidikan selama ini masih dipandang sebagai pemenuhan dokumen administratif yang tidak terkait dengan lingkungan belajar berkualitas di satuan pendidikan.

“Sehingga penggunanya hanya untuk keperluan keperluan tertentu dan tidak menggambarkan kondisi satuan pendidikan yang sebenarnya, “kata Kadisdik Oku Selatan itu.

Selain itu, menurutnya, PBD menampilkan dokumen perencanaan untuk menjadi acuan program di satuan pendidikan dalam pengembangan lingkungan belajar berkualitas.

Dia juga memaparkan bahwa tujuan satuan pendidikan diantaranya adalah bahwa satuan Pendidikan mengembangkan lingkungan belajar berkualitas dan satuan pendidikan mengembangkan program program berdasarkan permasalahan yang nyata menyesuaikan dengan standar nasional pendidikan dan mewujudkan tata kelola paud yang berkualitas.

Pada akhir dia berharap bahwa setelah mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini,peserta dapat  Meningkatkan pemahaman terkait dengan perencanaan berbasis data yang mendukung lingkungan belajar yang berkualitas di satuan paud.

“Mensosialisasikan perencanaan berbasis data dalam mendukung lingkungan belajar yang berkualitas melalui pengimbasan di gugus paud, “tandasnya.(ril/hen/dd)

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan