hut ri ke-78, 17 agustus 2023, hari kemerdekaan, banner 17 agustus selamat tahun baru islam, tahun baru islam 2023, banner tahun baru islam selamat hari raya, idul fitri 2023, idul fitri 1444h banyuasin bangkit,gerakan bersama masyarakat

UBD Telah Mewujudkan Program RPL Pada Program Pasca sarjana Prodi MM Dan Prodi Magister Teknik Informatika 

UBD Telah Mewujudkan Program RPL Pada Program Pasca sarjana Prodi MM Dan Prodi Magister Teknik Informatika 

PALEMBANG, GESAHKITA COM—-Koordinator Pengelola Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Universitas Bina Darma (UBD) Dr. Bangkit Seandi Taroreh, M.Pd  menjelaskan bahwa program RPL sangat penting karena merupakan amanat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Serta disebutnya juga akan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menjelaskan Perguruan Tinggi memberikan kesempatan seluasnya terhadap metode pembelajaran mahasiswa menuju kompetensi unggul

Hal tersebut juga menyusul terkait program RPL ini bahwa UBD juga telah mewujudkan juga pada 2 program  Pascasarjana nya  yakni pada Program Studi Magister Manajemen dan Program Studi Magister Teknik Informatika.

Menurut dia pihaknya (UBD) telah dilaksanakan penyelesaian dokumen penyelenggaraan RPL untuk Pascasarjana Universitas Bina Darma pada 14 Juli 2023 di Ruang Pascasarjana Universitas Bina Darma.

“Dalam menyusun dokumen penyelenggaraan RPL kami berpedoman pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 162/E/KPT/2022 tentang Petunjuk Teknis RPL pada Perguruan Tinggi yang Menyelenggarakan Pendidikan Akademik,” kata Dr. Bangkit Seandi Taroreh, M.Pd.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator Pengelola RPL Dr. Bangkit Seandi Taroreh, M.Pd., Direktur Akademik Dr. Martinus, M.M., Wakil Rektor Bidang Akademik M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D., Direktur Pascasarjana UBD Prof. Hj. Isnawijayani, M.Si., Ph.D., Ketua Program Studi Magister Manajemen (S2) Dr. Sulaiman Helmi, S.E., M.M., dan Ketua Program Studi Teknik Informatika (S2) Zaid Amin, M.Kom., Ph.D

Dijelaskan juga bahwa tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk mendukung implementasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 41 tahun 2021 tentang RPL.

“Kelebihan program RPL dari kelas reguler adalah menjadikan pengalaman kerja minimal 2 tahun untuk mendapatkan pengakuan capaian pembelajaran, hal ini akan mengurangi waktu studi,”ungkap dia.

RPL merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal dan pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Untuk diketahui pada program Pascasarjana Universitas Bina Darma baru 2 program studi yang memiliki sertifikat kelayakan menyelenggarakan RPL yaitu prodi Magister Manajemen (MM) dengan Nomor Penyelenggara 02101961101202311971 dan Magister Teknik Informatika (MTI) dengan Nomor Penyelenggara 02101955101202311975.

Source ubd official sites

Tinggalkan Balasan