hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Camat Banyuasin II, Salinan Bicara, “Sungsang Bersih”

UPAYA MENUJU SUNGSANG BERSIH DARI SAMPAH TERUS DILAKUKAN

BANYUASIN, GESAHKITA.COM–Dalam upaya mendukung mewujudkan Banyuasin Bangkit  Adil Makmur dan Sejahtera semua lini masyarakat sangat menyambut baik bahkan ikut memikirkan dan bekerja keras untuk itu.

Sebuah kerja keras itu memang selain menuai prestasi tentu juga akan berbuah apresiasi, misal nya saja sekelompok masyarakat pesisir bagian Kabupten yang kini usia 18 tahun itu khusus nya di kecamatan Banyuasin II dalam pantauan media ini, bagi mereka meletakan komitmen untuk menciptakan Sungsang Bersih.

Silahkan tengok sendiri,  mulai dari sekelompok masyarakata paling kecil yakni dari organisasi rumah tangga hingga Pemerintah Desa di Sungsang semenjak awal  dicetuskannya Sungsang Bersih sudah 2 tahun berlangsung bukan tanpa alasan jika pemerintahan Banyuasin yang dinahkodai Bupati dan Wakil Banyuasin H Askolani dan H Slamet menyematkan sebagai Desa wisata khusus nya di desa Muara Sungsang, Marga Sungsang dan Sungsang  I, II, III dan Sungsang IV.

Dan penghargaan itu bukan hadiah semata bagi Bupati Banyuasin H. Askolani, SH, MH, pada saat pembukaan Festival Kapal Nelayan hias Sungsang Tahun  Desember 2020 yang lalu untuk memberikan itu.

Karena disisi lain Bupati ingin Desa tersebut terus dikembangkan sebagaimana yang diharapkan serta akan menjadi percontohan bagi desa desa lain di seluruh wilayah Kabupaten Banyuasin.

Karena H Askolani menilai, “Pertama Sungsang Harus AMAN, Kedua BERSIH, ketiga TERTIB dan itu adalah modal utama, “kata Bupati dalam sambutanya baru baru ini.

Kendati itu, jauh jauh hari sebenarnya dari masyarakat sendiri  sudah memulai itu, walaupun demikian para pemerintah setempat tidak juga lengah untuk membiarkan program di masyarakat berjalan dengan sendiri nya dan  membiarkan begitu saja oleh sebab itu para kepala desa hingga Camat nya pun bekerja keras siang malam menjaga kepercayaaan sang Bupati dan masyarakat.

penampungan Sampah dan tong tong sampah

Salinan selaku Camat Banyuasin II kepada media ini menyampaikan rasa syukur nya atas beberapa capaian yang selama ini  dirinya perjuangkan sudah mulai menampakan sedikit hasil.

Meski begitu, Dia pun tak begitu jumawah akan hasil tersebut sebab bagi dia tetap masih banyak dan cukup panjang Pekerjaaan Rumah (PR) untuk membangun wilayah nya sampai benar benar sesuai dengan apa yang dirinya dan para kepala desa serta masyarakat di Kecamatan Banyuasin II impikan.

“ Secara pribadi kami menyadari itu mas akan banyak kekurangan, namun sejujur nya berkat masukan dari teman media, para aktivis lingkungan, budayawan, pelaku usaha dan lain sebagai nya, mereka itu setiap saat seperti nya memompa semangat untuk selalu berbuat, “ kata Salinan, Jumat, (08/01/2021).

Salinan pun mengucapkan banyak terimakasih atas semua itu. Bagi dia masukan sangat diperlukan apa lagi jika ingin hasil yang lebih baik.

Pada kesempatan itu juga ia menyampaikan catatan upaya dan progress dalam mewujudkan program Sungsang Bersih yang dirinya bersama dengan para kades, Danramil, Kapolsek serta  semua stakeholder yang telah gagas beberapa waktu lalu.

Upaya-upaya tersebut antara lain:

Pertama, Pembuatan Peraturan Desa tentang pengelolaan Sampah Desa Marga Sungsang bersama BPD sudah di sahkan proses konsultasi ke Bagian hukum Setda Banyuasin, Desa Sungsang I, II, III dan IV masih dalam proses pembahasan dengan BPD masing-masing.

Kedua, Tempat Pengelolaan Sampah 3R (TPS3R) Desa Sungsang III dan kelengkapan peralatannya telah selesai 100%.

Salinan juga menjelaskan, “Gedung ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat tahun 2020,” ucapnya.

Dia menambahkan, “Ini adalah merupakan hasil upaya Bupati Banyuasin dan Bapak Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Banyuasin  serta usaha dari  H. Amiruddin selaku Kepala Desa Sungsang III sehingga mendapatkan bantuan gedung ini, semoga dengan beroperasinya TPS3R ini nanti dapat membantu mengatasi permasalahan sampah di Sungsang, khususnya di Desa Sungsang III,” beber Camat Banyuasin II itu.

Pada bagian ketiga,  Pengadaan Tong tempat sampah dilakukan oleh Pemerintah Desa Sungsang I menurut H. Fahrul kades Sungsang I bahwa pengadaan tempat sampah sebayak 60 Unit dan  Sungsang III juga menurut H. Amiruddin melakukan pengadaan tong sampah pada tahun 2020.

Selanjutnya, keempat, Pembersihan sepanjang Jalan merdeka dengan di sapuh dan mengumpulkan sampah setiap hari oleh petugas, sementara ini akan dilakukan di dua Desa yaitu di Desa Marga Sungsang dan Sungsang I.

Serta kelima, Membentuk bank Sampah walaupun sekarang nasabah belum rutin menabung sampah,  dari pak Bupati H. Askolani menyiapkan  sepeda motor untuk diundi di akhir tahun 2020  namun karena nasabahnya belum rutin menabung sampah jadi untuk sementara ditunda dulu pengundiannya.

Bagian terakhir, keenam, masih terus dilakukan yakni; Menghimbau kepada masyarakat untuk bijak mengelola sampah memasukan sampah di tong sampah yang nanti disiapkan dan  tidak membuang sampah di sembarang tempat  serta memisahkan sampah organik dan sampah plastik.(*)

Penulis : Arjeli Sy Jr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *