hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Doa Nisfu Syahban dan Ajakan Yasinan Di Mushola Baitul Makmur

PALEMBANG, GESAHKITA COM—Diyakini Umat Islam Malam  Nisfu Syahban merupakan  malam mulia sesudah Lailatul Qadar dan terjadi pada 15 Syaban.Menjadi Keutamaan Nisfu Syaban, pertama, pada malam itu merupakan malam pengampunan.

Allah SWT dengan Sifat kasih sayang nya kepada Umat Manusia, pada malam Nisfu Syaban menurunkan pengampunan. Selain itu, yang menjadi keutamaan lainnya yakni Allah juga mengabulkan permohonan kepada hamba Nya yang soleh pada malam Nisfu Syaban seperti hadits riwayat Imam Ibnu Majah.

Dikatakan juga pada Nisfu Syaban ini dua malaikat pencatat amal sehari-hari manusia yakni Raqib dan Atid, menyerahkan catatan amal manusia kepada Allah SWT. Buku catatan amal diganti baru tiap tahunnya.

Malam Nisfu Syaban 2021 yakni terjadi pada tanggal 15 Syaban atau Minggu 28 Maret 2021. Dalam buku bertajuk Kalender Harian Ibadah Sunnah oleh Mujahidin Nur, salah satu doa yang baik dibaca pada malam Nishfu Syaban adalah doa yang disunnahkan dibaca pada malam Lailatul Qadar.

Allaahumma innaka ‘afuwwung- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia serta akhirat.”

Tak hanya itu, pada malam Nisfu Syaban kita juga dianjurkan untuk melakukan amalan. Amalan itu sesuai HR Imam Ibnu Majah.

“Nabi SAW bersabda, ‘Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman,

‘Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rizki, maka akan kuberikan rizki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, hingga terbit fajar.” (HR Imam Ibn Majah).

Sementara itu Ustad Aimi, pengurus TPA Baitul Makmur menyebutkan pada malam Nisfu Syaban dianjurkan untuk membaca surat Yasin 3 kali setelah Maghrib.

  1. Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat panjang umur
  2.  Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat menolak bala
  3.  Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat hanya berharap pada Allah.

Kata Ustad Aimi  kita langsung berdoa. Doanya yakni:

“Audzu billaahi minasyaithoonirrojiim. Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin. Wassolaatu wassalam alaa Asrofil ambiya war mursaliim. Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad wa alaa aalii sayyidina Muhammad. (Kemudian) Mintalah kepada Allah,” kata nya.

Selain itu dari pantaun media ini Musholah Baitul Makmur, Perum Griya Cipta Sejahtera usai Magrib ini bakal menggelar acara membaca Surat Yasin Bersama sama.

Untuk itu, kaum Mulimin dan Muslimat yang ada di sekitar diundang untuk bersama sama menyambut Nisfu Syahban bersama sama, dengan Memanjatkan Doa, memohom pengampunan, meminta Panjang Umur, Meminta Jauhkan dari segala Bala dan berharap segala nya hanya kepada Allah, Sabtu, (27/03/2021)

“Demikialah Undangan dari Kami, Ucap Ustad Aimi, melalui Loud Speaker Mushola, Semogah Kita Semua Selalu diberikan Kebaikan dari Allah Swt. Wasalam Mualikum Warah matulahi Wa Barakatu,” Tutupnya.(mister)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *