Makna ‘Separuh Nafas’ Lirik dan Chord – ‘Bintang Lima’ Dewa 19

  • Whatsapp
PAsukan Dewa 19 (credited Sumber IG Ari Lasso)

JAKARTA, GESAHKITA COM— Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani pada album bintang  lima memberi judul ke salah satu lagu yang nge hit juga pada pertengahan tahun 2000 itu, yaitu : “Separuh Nafas”. 

Bagi para expat (sebutan Expatriat) yang sedang belajar bahasa Indonesia pastinya bertanya Tanya ada kaitan makna apa dengan kata “Sejoli” persis sama dengan lagu Dewa 19, di Album ini yang diberi judul “Dua Sejoli” seperti dibahas sebelumnya imbuhan “Se-“ bermakna “Satu”.

Bacaan Lainnya

Bagaimana dengan Selembar berarti “Satu Lembar”. JIka  “Seribu” bermakna “Satu Ribu” gak salah jugakan. Lalu “Separuh” apakah harus  = “Satu Paruh” ?

KBBI menulis  Persamaan kata Separuh adalah Setengah dan Seperdua

Menurut kbbi online juga, terdapat 2 arti kata ‘separuh’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata separuh adalah setengah. Arti lainnya dari separuh adalah seperdua.

Separuh berasal dari kata dasar paruh. Separuh memiliki arti dalam kelas numeralia atau kata bilangan sehingga separuh menyatakan jumlah benda atau urutannya dalam suatu deretan.

KBBI member contoh:

paruh/pa·ruh/ perdua;

Penggunaannya:

Dengan kata waktu menjadi : waktu seperdua waktu; sebagian waktu: misal dalam kalimat –“Untuk membiayai kuliah, aku bekerja paruh waktu di perusahaan garmen;

Selain itu kata terkait dengan “Paruh” ini yakni:

1. memaruh/me·ma·ruh/ v membagi dua;

2. paruhan/pa·ruh·an/ n belahan; setengah bagian;

3. pemaruh/pe·ma·ruh/ n 1 yang membagi dua; 2 orang yang mengusahakan tanah orang lain dengan perjanjian mendapat setengah hasil;

4. separuh/se·pa·ruh/ num setengah; seperdua

Menjawab Pertanyaan diatas diluar penjelasan KKBI online, Apakah separuh sama dengan “Satu Paruh”?

Jawaban Iya, sebab Paruh bermakna “Setengah” yang berarti setengah bagian dalam hitungan  jumlah, ribet kan?

Baik, kita lanjut ya, sebelum nya kita ngebahas “Dua Sejoli” makna Dibalik nya versi gesahkita.com, bagaimana dengan “Separuh Nafas ” masih Album Bintang Lima nya Dewa 19 ini.

Arti  ‘Separuh Nafas’

Bisa kebayang gimana nafas setengah itu? Pernah ngalami nggak? Apakah sama dengan sesak Nafas? Gak bisa Bernafas? Atau melihat sendiri ketika seseorang gak ada nafas nya lagi?

Baik meski ini hanya lagu yang konotasi hanya limited pada lagu ini saja, sebenarnya “Separuh Nafas” adalah bentuk generalisasi bahwa semua orang hidup pasti mengalami ‘Separuh Nafas”.

Okelah secara kesehatan jika seseorang kerap ngalami ‘Separuh Nafas’ Phyically, ia sedang Gangguan pernafasan dan Asma.

Bagaimana dengan  Psikologi? Yang jelas seseorang tersebut dalam posisi tidak tenang, misal terganggu jabatannya atu terkoreksi prestasi nya. Bentuk lain bisa juga ke reputasi bisnis kah, profesionalitas dia, merasa tersaingi, maka ekspresi nya juga akan mengalami ‘Separuh Nafas”.

Mungkin juga dalam hal yang tidak begitu berat misalnya dalam menunggu hasil, entah itu proposal pengajuan bakal diaprov apa tidak? Melamar Pekerjaaan, Ikut Tes Kuliah Negeri, kuliah Favorit dan sedang nembak calon kekasih dan macam macam lagi.

Makna “ Separuh Nafas”Pengakuan Ahmad Dhani

Seperti dinukil dari grid id ternyata lagu tersebut bukan lagu cinta yang ada asmara nya. Soal cinta juga sih tapi cinta nya Penggemar dengan Pemusiknya dan sebaliknya.

Ahmad Dhani ditulis grid id mengaku bahwa ada ketakutan luar biasa ketika album tersebut dirilis.

Pasalnya, lagu-lagu pada album tersebut tak lagi dinyanyikan oleh vokalis andalannya, Ari Lasso, yang saat itu akhirnya memilih untuk bersolo karier.

Bahkan kekhawatiran Ahmad Dhani akan nasib Dewa 19 saat itu sampai-sampai terbawa mimpi.

“Saya bener-bener mimpi, abis Slank manggung, Dewa manggung, yang nyanyi Once, orang pada pulang semua, itu mimpi beneran. Ternyata mimpi ya 180 derajat dengan kenyataan,” ungkap Ahmad Dhani.

Keresahan Ahmad Dhani tersebut juga dituangkan dalam salah satu mahakarya untuk para fans di album Bintang Lima, yaitu lagu Separuh Nafas.

“Seperti Separuh Nafas itu bukan lagu cinta, itu lagu untuk Baladewa (sebutan fans Dewa). Aku ini bukan Dewa yang kayak dulu, album ini dibuat ketakutan luar biasa,”kata Dhani.

Di mana pada lirik lagu tersebut terdapat kalimat yang bermakna bahwa Dewa 19 di album Bintang Lima akan berbeda dari sebelumnya tanpa Ari Lasso dan ketakutan ditinggal para fans, yaitu pada kalimat ‘salahkah aku bila aku bukanlah seperti aku yang dahulu,’ ‘kau hancurkan diriku bila kau tinggalkan aku.’

Lirik dan Chord ‘Separuh Nafas’ Dewa 19 Album Bintang Lima

Versi 1

[Intro]

Dm Bb F G

Dm Bb F

[Verse]

Dm           F

Separuh nafasku

   C                  Dm

Terbang bersama dirimu

     Bb             F

Saat kau tinggalkan ku

  C

Salahkan ku

     Dm   Bb

Salahkah aku

  F        C

Bila aku bukanlah

     Dm              F

Seperti aku yang dahulu

G

Ada makna tergali

Bb

Dari sini

G  Bb   C

Dari pertikaian yang  terjadi

[Chorus]

F         C

Kau hancurkan diriku

Dm       Bb            F

Bila kau tinggalkan aku

    A   Dm   Bb

Kau dewiku

F      C

Kembalilah padaku

Dm     Bb         F

Bawa separuh nafasku

    A   Dm  F  G

   Kau dewiku

 

Pos terkait

pempek palembang, jual pempek palembang