hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Hari Bumi Internasional Diperingati Oleh LLH Jejak Bumi Indonesia Bersama Dinas Lingkungan Hidup OKU Selatan

Memperingati Hari Bumi Internasional Pemkab Oku Selatan Gelar Seminar

MUARADUUA , GESAHKITA COM—Dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional, Lembaga lingkungan Hidup(LLH) Jejak Bumi Indonesia Kabupaten OKU Selatan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan, kamis pagi (25/04) menyelenggarakan Seminar Lingkungan Hidup.

Seminar yang digelar di Aula Pemkab OKU Selatan ini, dihadiri dan dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hermansyah Said,S.Ip.

Kegiatan yang dilaksanakan kali pertama di OKU Selatan ini digagas dan dilaksanakan oleh anak-anak muda yang tergabung dalam lembaga Jejak Bumi Indonesia Kabupaten OKU Selatan, dan diikuti lebih kurang 100 peserta yang berasal dari Dinas dan Instansi Terkait, Sekolah Adiwiyata yang ada di Kabupaten OKU Selatan, dan Organisasi kepemudaan.

Hardianto,S.Pd. selaku Ketua Umum LLH Jejak Bumi Indonesia OKU Selatan dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap Peringatan Hari Bumi Internasional yang diperingati setiap tanggal 22 April di setiap tahunnya. Hari Bumi sendiri merupakan kampanye guna meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab terhadap bumi, yang mana saat ini bumi sudah banyak terjadi kerusakan hutan dan lingkungan.

Hardianto juga menyampaikan Misi dari LLH JBI yakni pelestarian lingkungan hidup konservasi sumber daya alam hayati, pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan SDA secara berkelanjutan, meningkatkan ekonomi masyarakat dalam pengelolaan SDA yang ramah lingkungan, mendorong terciptanya kebijakan guna pelestarian lingkungan hidup, dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan hidup. Terkait hal ini hardianto berharap agar ada dukungan dan bantuan dari seluruh stakeholder terkait guna mewujudkan Visi dan Misi LLH JBI di Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan Umar Safari dalam sambutannya mengatakan, dengan fokusnya lembaga ini pada kepedulian terhadap lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan merasa sangat terbantu dalam mengedukasi Masyarakat dalam pemahaman fungsi lingkungan bagi manusia dan mahluk hidup lainnya.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang dibacakan oleh Asisten II disampaikan, bahwa dengan keberadaan Lembaga Lingkungan Hidup Jejak Bumi Indonesia di Kabupaten OKU Selatan diharapkan dapat menjadi salah satu motor penggerak di daerah, dengan fungsinya mampu mendorong pelestarian lingkungan hidup sesuai visi dan misi LLH JBI serta dapat membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup.

Seminar yang mengusung tema “Lingkungan Lestari Masyarakat Sejahtera” disampaikan langsung oleh Narasumber Dr. Syaiful Yunardi,S.Hut.,M.E. yang merupakan Ketua Umum Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Sumatera Selatan. Dan dilanjutkan dengan materi Natural Adventure For Conservation Of Indonesia yang disampaikan oleh Hendra Setyawan selaku pendiri LLH jejak Bumi Indonesia. Usai Seminar Lingkungan Hidup ini digelar, para peserta seminar mendapatkan sertifikat dari Lembaga Lingkungan Hidup Jejak Bumi Indonesia Kabupaten OKU Selatan.(Henafri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *