hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Tradisi Bulan Ramadhan ‘Ibu Jalanan’ Baca Yasin, Kali Ini Mendoakan Munarman, Habieb Rizieq Syihab, dan Aktivis KAMI

IBU JALANAN KOTA PALEMBANG BACA SURAH YASIN KIRIM DOA KEPADA MUNARMAN, HABIB RIZIEQ SYIHAB, DAN AKTIVIS KAMI YANG MASIH DI PENJARA

 

PALEMBANG, GESAHKITA COM—Tradisi Pengajian Ibu Jalanan Kota Palembang sudah berlangsung semenjak 1996 yang kali ini digelar terkhusus untuk untuk memberikan doa dan membaca surah Yasin untuk Munarman, yang dituduh teroris dan ditangkap Densus 88, Habib Rizieq Syihab dan Aktivis KAMI yang masih di penjara, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Rina Bakrie, Direktur Eksekutif Yayasan PUSPA Indonesia, yang telah puluhan tahun mendampingi Ibu Jalanan Kota Palembang dalam mengajarkan baca Al-Qur’an dan bacaan sholat Kepada ibu Jalanan kota Palembang.

Kegiatan berdoa dan membaca surah Yasin ini dimaksudkan sebagai ungkapan keprihatinan sesama aktivis yang tertimpa musibah.

“Karena itu, doa dan pembacaan surah Yasin ini ditujukan kepada Munarman, Habieb Rizieq Syihab, dan aktivis KAMI seperti  Syahganda Nainggolan, Anton Permana dan Jumhur Hidayat,” ujar Rina Bakrie yang juga terlibat dalam mendeklarasikan KAMI Sumatra Selatan.

Rina Bakrie mengatakan, Pengajian Ibu Jalanan Kota Palembang yang digagasnya dan menjadi dampingan Yayasan PUSPA Indonesia ini telah berlangsung puluhan tahun sejak masa Orde Baru pada tahun 1996.

“Sudah menjadi tradisi setiap tahun, di bulan Ramadhan, Pengajian Ibu Jalanan Kota Palembang ini menggelar Doa dan membaca Surah Yasin untuk orangtua, keluarga, dan sahabat seperti Munarman, Habib Rizieq Syihab, aktivis KAMI yang masih berada dalam tahanan,” kata Rina Bakrie.

Alumni IAIN Raden Fatah ini kemudian mengungkapkan, bahwa selain pengajian Ibu Jalanan kota Palembang menggelar Doa dan Baca Surah Yasin yang ditujukan kepada kepada Munarman, Habib Rizieq Syihab, dan Aktivis KAMI yang masih berada dalam tahanan, juga berdoa dan membaca surah Yasin untuk almarhum Ibu Rita Rosmida Binti Bajumi Wahab.

Doa dan baca surah Yasin yang ditujukan kepada Rita Bajumi Wahab yang dikenal sebagai Ketua Yayasan IBA lebih tampak sedih dan terkesan emosional. Hal ini mungkin disebabkan hubungan Rina Bakrie dan Rita Bajumi yang terjalin selama ini.

Suasana tradisi Bulan Ramadhan Ibu Jalanan Rutin Baca Surah Yasin
Suasana tradisi Bulan Ramadhan Ibu Jalanan Rutin Baca Surah Yasin

“Kepergian Rita Bajumi yang begitu cepat, dan kebaikan-kebaikannya selama ini sangat berkesan. Sehingga dalam doa dan baca Yasin ini diliputi rasa sedih yang sarat emosi,” ujar Rina Bakrie, istri dari  Dr. Tarech Rasyid, Rektor Universitas IBA.

Menurut Direktur Eksekutif Yayasan PUSPA Indonesia, pengajian Ibu Jalanan Kota Palembang ini sangat kami batasi karena Pandemi Covid19 masih berlangsung. Terlebih lagi kota Palembang berada dalam Zona Merah.

“Jadi, kami hanya memanggil simpul-simpulnya. Terkumpul hanya puluhan orang dalam kegiatan Berdoa dan Baca Surah Yasin yang rutin dilaksanakan setiap bulan ramadhan. Dalam kegiatan Doa dan Baca Surah Yasin ini tetap mengacu dan menerapkan protokol kesehatan. Kalau tidak dibatasi, bisa membludak, dan menciptakan kerumunan,” ungkap Rina Bakrie.

Alumni IAIN Raden Fatah itu menambahkan,  bahwa kondisi ekonomi keluarga Ibu Jalanan Kota Palembang semakin parah di masa pandemi Covid19 ini, karena itu bila tak dibatasi mereka akan berbondong-bondong ke sekretariat PUSPA Indonesia. Sebab, biasanya lembaga pemberdayaan Perempuan dan Anak itu menyalurkan zakat atau sedekah dari pengurus atau bantuan dari orang-orang yang ingin berderma.(goik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *