selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Kisah Singkat Nabi Adam AS, Manusia Pertama Muka Bumi

JAKARTA, GESAHKITA COM–Semenjak awal kita mengenal alam sekitar tepat nya mungkin di usia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kita diperkenalkan dengan kisah kisah dan termasuk juga kisah kisah nabi. Selain didengarkan dengan kisah seiring dengan waktu juga, kita memiliki kepandaian membaca dan orang tua kita paling demen membelikan kita buku buku bacaan yang mengandung kisah kisah para nabi yang mungkin dengan sesingkat singkat saja sehingga sebanyak 25 nabi dan Rasul tersebut masuk juga ke memori kita.

Dinukil dari beberapa Sumber mungkin Anda sedikit lupa apa apa saja  hikmah yang patut kita petik dari kisah sosok Nabi Adam AS sebagai nabi dan manusia pertama di muka bumi ini, maka dibawah ini secara singkat mungkin sedikit mampu mengobati ingatan Anda.

  1. Nabi Adam khalifah Di Muka Bumi

Terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 30 Allah SWT memberitahukan kepada malaikat bahwa Ia akan menciptakan manusia dari tanah di Bumi yang nantinya akan menjadi khilafat di Bumi.

Kemudian Allah memerintahkan para malaikat untuk mengambil tanah di Bumi. Selanjutnya, Allah menciptakan manusia sebagai makhluk paling sempurna dengan akal, anggota tubuh lengkap, dan jiwa. Allah juga melengkapinya dengan meniupkan ruh Nabi Adam AS.

Bukan hanya itu, Allah juga memberikan ilmu pengetahuan kepada Nabi Adam AS. Para malaikat pun bersujud sebagai penghormatan kepada Adam. Saat semua malaikat bersujud, makhluk serupa iblis dari bangsa jin menolak untuk bersujud. Iblis merasa dirinya lebih baik dari manusia karena diciptakan dari api. Mendengar hal itu, Allah murka dan mengusir pada Iblis dari surga.

  1. Buah Khuldi Dalam kisah Nabi Adam

Nabi Adam AS tinggal di hidup di surga selama beberapa waktu. Hingga suatu ketika Nabi Adam AS merasa kesepian, Allah SWT lantas menciptakan Hawa untuk menemani Adam.

Adam akhirnya menikah dengan Hawa dan tinggal di surga dengan syarat tidak boleh mendekat apalagi memakan buah khuldi. Selama bertahun-tahun tinggal di surga, Adam dan Hawa berhasil mematuhi aturan tersebut hingga akhirnya terbujuk rayuan iblis.

Nabi Adam AS lantas memetik buah tersebut dan memakannya bersama Hawa. Namun, tiba-tiba aurat mereka terbuka dan penyesalan pun dirasakan oleh keduanya.

  1. Nabi Adam Keluar Dari Surga

Karena Adam dan Hawa melanggar perintah Allah, maka keduanya diturunkan ke Bumi di tempat yang berbeda. Selama 40 tahun mereka saling mencari satu sama lain hingga akhirnya bertemu di Padang Arafah atau Jabal Rahman, bukit penuh kasih sayang.

Keduanya lantas meratapi kesalahan dan meminta ampun kepada Allah dengan cara bertobat. Tinggal di Bumi yang jauh berbeda dari surga membuat Adam dan Hawa belajar banyak hal dalam menghadapi tantangan, kesulitan, dan merenungkan kesalahan. Keduanya pun mulai bercocok tanam, beternak, dan belajar melindungi tubuh dari berbagai cuaca.

Adam dan Hawa dikaruniai 40 anak saat tinggal di Bumi. Banyak riwayat menyebut bahwa anak-anak Adam dan Hawa terlahir kembar.

  1. Menjadi Nabi dan Rasul

Sebagai seorang khalifah di Bumi, Adam lantas diangkat sebagai Nabi dan Rasul yang bertugas menyebarkan ajaran Islam dan berdakwah di Bumi. Selain sebagai khalifah, Adam juga harus menghadapi berbagai permasalahan keluarga, salah satunya ketika anaknya bernama Qabil membunuh saudaranya sendiri, Habil.

Allah lantas mengaruniakan anak laki-laki yang tidak memiliki kembaran bernama Syits. Ia seorang anak yang cerdas dan berakhlak mulia. Keturunan Syits inilah yang nantinya melahirkan Idris.

    5. Meninggalnya Dunia Nabi Adam

Nabi Adam AS meninggal dunia di usia 960 tahun dan memberikan wasiat kepada Syits untuk meneruskan berdakwah. Malaikat pun mencabut nyawa Adam, memandikannya, mengafaninya, menyalatkannya, dan menguburkannya.

Demikianlah Kisah Singkat  Nabi Adam mulai dari Allah SWT menciptakan manusia pertama di muka Bumi, diangkat nabi dan rasul hingga Nabi Adam pun kemudian meninggal di usia 960 tahun.(red)

 

 

 

 

Leave a Reply