Qurniawansyah Dengan Konsistensi dan Existensi ‘Global English Language Center’ Di Sumatera Selatan

  • Bagikan
GELC Building
GELC Building

PALEMBANG, GESAHKITA COM—Bahasa Inggris sebenarnya sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari hari dan itu sudah berlangsung semenjak lama, maka nya jika ditanya yang melatari berdiri nya lembaga ini (Global English Language Center) adalah  merespon kebutuhan perkembangan Sumber Daya Manusia Sumatera Selatan yang siap dengan segala perubahan dan perkembangan Zaman.

Hal tersebut disampaikan Qurniawansyah SS MM yang merupakan pengelolah Lembaga Kursus Bahasa Inggris, Global English Language Center (GELC) saat dihubungi via whatsapp, Kamis, (28/07/2021).

Iwan sapaan akrab nya ini menuturkan kunci keberhasilanya dalam membangun lembaga pendidikan Bahasa Inggris (GELC) ini hingga saat ini tetap exist, tak terlepas dari konsistensi semenjak masih sebagai mahasiswa beberapa tahun silam.

Berbekal dari pengalaman itu, kata Iwan, maka tumbuh keyakinan bahwa dunia pendidikan itu sebenarnya sangat ‘asik’ dan menyenangkan dan itu jika dilihat dari ‘passion’ (kesenangan).

class activities at GELC
class activities at GELC

Iwan menyebutkan sesuatu yang dikerjakan dengan ‘bahagia’ tanpa menghiraukan hitung hitungan nominal, dapat dipastikan menghasilkan sesuatu yang tanpa diduga duga.

“Ya begitu awal nya saya berpikir ‘happy’ saja dahulu, dengan niat menyampaikan sama masyarakat bahwa begini loh zaman nya nanti ketika perubahan akan seperti apa maka mau tak mau kita harus berhadapan dengan era globalisasi“ungkap Iwan seraya menyebutkan, Malahan lebih dahsyat lagi yakni ada nya ‘Era Digitalisasi.

Dan begitu juga dari nama Global English Language Center (GELC) itu terlahir dari existensi arus global sudah terasa, tepat di awal tahun 90 an.

Baca Juga :  Ini Cara Dongeng in Conversation Class
Qurniawansyah Pengelola GELC Palembang Saat Bersama Teman Teman
Qurniawansyah Pengelola GELC Palembang Saat Bersama Teman Teman

Pria yang menyukai olah raga Gowes ini juga menuturkan, tepatnya tahun 2000 Global English Language Center secara terang terangan bergerak dengan tempat lebih dikenal publik Sumsel.

Namun jauh sebelum itu, pada tahun 1995 “Sir Iwan” sendiri sudah menjadi pengajar (Tutor Privat) ke rumah rumah, kantor dan dinas di Kota Palembang dan sekitarnya.

Sebab itu la, tak bisa dibantahkan bukti piawainya dia menyajikan teknis teknis pengajaran yang  sangat mempuni, dan bahkan GELC membuat peraturan, “3 bulan Tidak bisa Bahasa Inggris Uang Kembali”.

Saat ditanya kunci pembelajaran bahasa Inggris itu sendiri sederhana nya seperti apa? Sebab sebagai kenyataan nya, secara parallel dari Sekolah Dasar (SD) bahkan ke Perguruan Tinggi (PT) pun masyarakat sudah menerima pelajaran bahasa Inggris tapi secara data yang ada,  tidak sedikit juga  presentase nya masih kurang mampu berbahasa Inggris dan bahkan kebanyakan Sarjana kita tidak bisa berbahasa Inggris, Salah nya dimana?

Baca Juga :  Polres Banyuasin, 'Patuh Musi 2019' Mulai 23 Oktober

Menurut Iwan, Bahasa itu (bahasa Inggris) merupakan bagian dari skill yang terbentuk melibatkan psikomotorik yang tak terlepas dari gerak gerik syarap dalam diri seseorang yang belajar bahasa.

“Artinya sama dengan hal practical lain, entah itu Komputer, bersepeda, mengedarai kedaraan dan masih banyak lagi,” jelas Iwan yang mengaku selesaikan Sastra Inggris nya dari STBA  Methodist Palembang tahun 2002 lalu itu.

Suasana Kelas Karyawan GELC
Suasana Kelas Karyawan GELC

Penyandang Majister Managemen jebolan Universitas Tridinanti Palembang ini juga menambahkan terkait, metode belajar bahasa Inggris di lembaga GELC ini, bahwa pihaknya mampu menyajikan apa yang dibutuhkan masyarakat itu kegunaan bahasa Inggris itu untuk apa.

“Kan mereka butuhnya Conversation (percakapan), nah teknik yang kita miliki ini sangat pas, Alhamdullillah tidak mengecewakan semenjak mereka remaja menjadi siswa kita, puluhan tahun mereka bekerja dan kemana mana, yang mengaget kan mereka mengirim anak nya belajar disini, “ungkap Pria yang  saat ini kurang beberapa tahun lagi akan berusia setengah abad itu, menyampaikan bagaimana siswa yang pernah belajar di GELC merasa puas dengan metode dan program belajar disitu.

Baca Juga :  Cek Jaringan Listrik,  Lapas Kelas II Baturaja Sambut Kunjungan Satintelkam Polres OKU

“Maka dengan teknik dan metode yang kita terapkan disini, kita  mampu mendobrak paradigma yang melekat pada diri siswa yaitu teori baru paraktik, maka kita putar balik kita berani melakukan praktik dahulu baru teori, beber Iwan.

Iwan pun menjelaskan bagaimana Literature tentang ‘Language Acquisition’ itu sendiri dalam Teori ‘Sociolinguistic’ mesti bisa diterapkan dalam proses pembelajaran yang dari awal GELC ini berdiri.

Namun begitu dengan adanya pandemic Covid 19 ini, Sir Iwan mengaku tidak bisa berbuat lebih banyak untuk berbuat jauh didunia pendidikan non formal di wilayah ini, sementara waktu ini.

Global English Language Center Look
Global English Language Center Look

Sebab jika hanya mengandalkan kelas Online yang juga diterapkan di GELC ini,  pastinya sedikit banyak juga akan mengganggu perkembangan siswanya.

Sebab itu ia berharap agar semua bisa tetap bersabar sembari berdoa agar Pandemi cepat berlalu.(*)

Editor : Arjeli Sy Jr

 Informasi  Global English Language Center beralamat jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Timur I  Palembang, Sumsel Telepon 0711-355-999 mobile phone 0821-8284-4848

 

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan