Disebut Gubernur Sumsel Peran Penting Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Pembangunan Daerah

  • Bagikan
Pose Bersama Gubernur Sumsel, H Herman Deru Bersama Pengurus MUI
Pose Bersama Gubernur Sumsel, H Herman Deru Bersama Pengurus MUI

PALEMBANG, GESAHKITA COM—Gubernur Sumsel H Herman Deru mengakui pemikiran dari ulama sangat dibutuhkan bagi penyelenggara pemerintahan untuk membangun daerah, selaras dengan itu juga para tokoh agama di daerah  ini dinilai Gubernur Sumsel  memiliki peran penting  dalam mewujudkan kemajuan bagi daerah.

“Sebab sebagai penyelenggara negara, pemerintah butuh masukan agar kebijakan yang nantinya betul-betul berpihak pada masyarakat, “kata Herman Deru, saat menyampaikan sambutanya pada acara ta’aruf atau pengukuhan pengurus dewan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel, di Griya Agung Palembang, Rabu (20/10/2021).

Bagi Gubernur Sumsel, MUI memiliki tiga misi pokok tersendiri yang berkaitan dengan kemajuan bangsa seperti memperkuat agama dengan cara yang tertuang dalam Pancasila, partisipasi  ulama dalam pembangunan nasional, dan mempertahankan keharmonisan antar umat beragama.

“Misi dari MUI ini intelektual dan membangun karakter masyarakat. Masukan dari MUI sangat berguna meskipun fatwanya nanti ada di pusat, karena pemerintah ini butuh corong dalam menentukan langkah kebijakan agar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Gubernur.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Sampaikan Materi Kuliah Umum PPKMB Kepada 1.200 Maba Bina Darma

Diakui nya juga, MUI di Sumsel sendiri memiliki peran cukup penting. Salah satunya yakni berkontribusi dalam mempertahankan label zero konflik di Sumsel.

Gubernur menyadari, sebagian tugas yang harus dilakukan MUI bersama FKUB adalah menjaga kerukunan antar umat beragama karena Sumsel ini melekat dengan label zero konflik.

“Sebab, konflik ini biasanya diawali karena perbedaan paham baik bidang kegamanaan maupun aliran tertentu,” paparnya.

Gubernur juga menyebutkan,  MUI juga harus berperan membantu pemerintah dalam mengubah pola hidup masyarakat yang kerap dikaitkan dengan materi.

Saat ini MUI Sumsel masa khidmad 2021-2026 masih diketuai oleh Prof KH Aflatun Muchtar.

Turut hadir juga dalam pengukuhan tersebut, Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Sumsel H.M Giri Ramanda Kiemas, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, H RM Zaini, Kabintaldam II/Sriwijaya Kolonel Inf Julkifli, Kasubbid Babinkamtibmas Polda Sumsel AKBP Munaspin, Bupati OKU Timur H Lanosin Hamzah.(**)

Baca Juga :  Oku Selatan Kucurkan RP 18, 8 M lebih Tangani Covid 19

Sumber : Humas Pemprov Sumsel

banner ranau gran fondo

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan