selamat idul fitri selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

17 Desa Di Kecamatan Pulau Rimau Ikuti Bintek Penyusunan APBDes Tahun 2022.

BANYUASIN, GESAHKITA.COM — Sebanyak 17 Desa dalam wilayah Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin melaksanakan Bimbingan Teknis (Bintek) Penyusunan APBdes Tahun Anggaran 2022. Bertempat di Jl. Urip Sumoharjo, Pangkalan Balai, Banyuasin III, Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan Mes Pemkab Banyuasin. Kamis, (17/02/2022).

Kegiatan tersebut selama 2 hari diikuti oleh 51 peserta dari 17 Desa kecamatan Pulau Rimau, 4 Pendamping Kabupaten Banyuasin, dan 4 pendamping Kecamatan Pulau Rimau serta narasumber dari Dinas PMD Kabupaten Banyuasin. Kabid keuangan, aset dan perkembangan Desa. M. Depri Shah Adi Saputra, S. STP,. M.Si.

Camat Pulau Rimau, Drs. Suratman,.M.Si., dalam kegiatan acara tersebut memberikan sambutan sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis Penyusunan APBdes Tahun Anggaran 2022. Dalam sambutannya dirinya menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis ini menentukan masa depan desa di tahun 2022 ini.

“Rancangan APBdes akan dipaparkan oleh peserta bintek dan dikoreksi oleh narasumber sesuai ketentuan yang berlaku” tutur dia.

Selanjutnya, Kabid Keuangan, aset dan Perkembangan Desa dari dinas pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banyuasin, M. Depri Shah Adi Saputra menjelaskan terkait tentang UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Permendes No 7 Tahun 2021, serta Perpres No 104 Tahun 2021.

Pose Foto bersama peserta Camat Pulau Rimau, Kasi PPD dan Kabid Keuangan DPMD Banyuasin.

Seperti kita ketahui terkait pembahasan dalam penggunaan Dana Desa tahun 2022 ini. Jelas kata Depri, untuk disesuaikan dangan peraturan Presiden (Perpres) No 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022.

“Penggunaannya ditentukan untuk Program perlindungan sosial Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) paling sedikit 40%, program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%, dukungan pendanaan penanganan Covid-19 paling sedikit 8%, dan program sektor prioritas lainnya.”jelas Depri.

Sementara, Kasi PPD Kecamatan Pulau Rimau. Martadinata,. SKM,. Saat dikonfirmasi menyampaikan bahwasanya pihaknya melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis dalam penyusunan tahun anggaran APBDes tahun 2022. Dimana kegiatan ini awal dari mulanya kita melaksanakan kegiatan apa saja yang ada di dalam APBDes dalam kegiatan di desa masing-masing.

“Dalam hal pemembahas kegiatan APBDes tahun 2022, yang dimaksud dengan arahan dan Perpres 104 tahun 2001, terkait masalah anggaran dana desa dimana dalam rangka pelaksanaan tersebut kita susun sesuai dengan aturan atau regulasi yang belaku. pastinya sinergis dengan 7 Program Banyuasin Bangkit dan 12 Gerakan Bersama Masyarakat.”pungkasnya (ind)

Leave a Reply